window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax

Yongki Sanjaya · 26 Sep, 2022 11:00

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 01

Dalam beberapa waktu terakhir, kabar perihal dampak kenaikan BBM masih menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Salah satu isu yang kemudian muncul ialah bensin Pertalite yang kini terasa lebih boros setelah harganya naik.

Tak cuma kabar perihal dampak kenaikan BBM, netizen kini mulai menyoroti soal kehadiran sosok pick up Tata Intra. Sebab, mobil besutan brand India ini dibekali mesin diesel yang bisa lebih ekonomis dalam hal biaya operasional. Lebih lengkapnya, berikut ini top 5 Autofun Indonesia pekan ini.

1. Viral Pakai Pertalite Kendaraan Jadi Makin Boros, Pertamina Malah Sarankan Hal Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 01

Selepas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina jenis Pertalite pada 3 September 2022 lalu, banyak pengguna bensin bersubsidi tersebut yang mengeluh. Bukan hanya pengeluaran BBM yang lebih besar, tapi banyak yang mengeluhkan soal makin borosnya konsumsi kendaraan bermotor mereka.

Banyak yang meragukan kualitas bensin Pertalite yang tak lagi sama seperti sebelumnya. Ini membuat pakai Pertalite makin boros ketimbang sebelum harganya naik. Selain itu takaran volumenya dari SPBU juga dicurigai dikurangi.

2. Muncul Tanda Ini Maka Wajib Segera Ganti Oli Mobil, Jangan Tunggu Jadwal Servis Berkala!

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 02

Periode ganti oli mobil khususnya oli mesin kerap jadi perdebatan di kalangan pemilik kendaraan. Ada yang berpendapat, oli mesin diganti cukup tiap 10.000 kilometer (km) sekali. Ada juga yang beranggapan, dipakai atau tidak, setiap 6 bulan sekali mobil wajib ganti oli.

Sebenarnya dua skema waktu peggantian pelumas pada mesin mobil itu tidak ada yang salah. Mengingat hal itu pula yang direkomendasikan para pabrikan mobil atau produsen oli. Tapi sebenarnya akan lebih baik meskipun jarak tempuh mobil belum mencapai 10.000 km atau kurun waktu 6 bulan, tetap dilakukan penggantian oli mesin.

3. Tata Intra Meluncur di Indonesia, Lawan Baru Suzuki Carry dengan Mesin Diesel

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 03

Segmen kendaraan niaga terus menggeliat pasca pandemi Covid-19 dengan hadirnya beragam model baru. Tata Motors Distribusi Indonesia sebagai agen pemegang merek, pada hari ini resmi merilis Tata Intra. Kendaraan ini mengisi segmen pick-up ringan yang sekelas dengan Suzuki Carry.

Sebagai pendatang baru, Tata Intra membawa beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor asal Jepang. Salah satu keunggulan tersebut ialah mesin diesel commonrail dengan turbochager dan intercooler. Dengan begini, biaya operasional jadi lebih efisien dengan menggunakan solar bersubsidi.

4. Dipakai City Tour Keliling Jakarta Sejauh 66,7 Km, Wuling Air ev Long Range Habiskan Daya Listrik 36%

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 04

Autofun Indonesia berkesempatan mengikuti media drive Wuling Air ev Green Mobility Experience dengan bertemakan Urban Wellness Journey, Selasa (20/9). Bukan cuma kami, acara city tour menggunakan Air ev varian Long Range tersebut juga dihadiri beberapa rekan media lainnya dengan membawa 7 mobil listriknya.

Dengan gaya berkendara perkotaan memakai tiga mode secara bergantian, serangkaian acara city tour menggunakan Wuling Air ev kali ini jarak tempuh yang berhasil dicatatkan mobil test drive kami mencapai 66,7 km. Untuk penggunaan daya listriknya, sendiri menghabiskan 36% dengan menyisakan baterai 64%.

5. Perbandingan Daihatsu GranMax 1.3 vs Tata Intra, Mobil India Apakah Lebih Perkasa?

Top 5 Autofun: Bensin Pertalite Terasa Boros Hingga Perbandingan Tata Intra Lawan Daihatsu GranMax 05

Tata Motors pekan lalu resmi memperkenalkan pick up Tata Intra secara terbatas di kalangan konsumennya. Dengan ceremonial sederhana, Tata Intra hadir membawa spesifikasi yang tak biasa. Pick up asal India ini hadir dengan mesin diesel turbo 1.4 liter, dimana pesaing terdekatnya yaitu Daihatsu GranMax hadir dalam opsi mesin 1.3 dan 1.5 liter non turbo.

Tentu kehadiran Tata Intra ini cukup menarik, karena mesin diesel dengan turbo memiliki keuntungan dari sisi tenaga yang cukup besar namun biaya operasional yang efisien. Sebagaimana pick up lainnya, Tata Intra juga hadir dalam varian AC dan mobil box. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Gran Max PU 1.3 STD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil