window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard

Yongki Sanjaya · 2 Jan, 2023 09:30

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 01

Memasuki pekan pertama tahun 2023 ini, masyarakat cukup banyak yang penasaran soal alasan bus malam yang tidak matikan mesin. Hal ini jamak ditemui ketika isi solar atau Istirahat di rumah makan.

Tak cuma artikel soal bus malam, netizen pembaca Autofun juga turut menyoroti kesalahan pengemudi ketika menggunakan Hazard. Penggunaan hazard telah ada dalam  Undang-Undang mengenai Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 121 ayat 1.  Seringkali pengemudi menyalakan hazard saat melewati cuaca buruk, padahal itu keliru.

Lebih lanjut, berikut ini 5 artikel terpopuler selama sepekan terakhir yang telah kami rangkum dalam Top 5 Autofun. Check this out.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. 5 Alasan Bus Malam Jarang Mematikan Mesin Saat Isi Solar atau Istirahat di Rumah Makan

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 01

Dengan rute trayek yang menempuh perjalanan jauh, biasanya bus malam AKAP akan berhenti untuk beristirahat di rumah makan atau rest area. Ada satu fenomena unik yang sering dijumpai ketika menaiki kendaraan ini adalah sang sopir jarang mematikan mesin.  

Apakah kamu menyadari jika mesin bus jarang dimatikan saat berhenti? Ternyata ada beberapa alasan mengapa mesin dibiarkan hidup meskipun berhenti hingga mungkin satu jam lamanya.

Kebanyakan pengemudi bus sengaja membiarkan mesinnya terus menyala. Alasan teknis yaitu karena saat ini mesin diesel bus sudah menggunakan turbo. 

2. Viral Pengguna Mitsubishi Pajero Sport Arogan Rusak Mesin EDC di SPBU, Alasannya Bikin Malu!

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 02

Pengguna Mitsubishi Pajero Sport arogan kembali menjadi perbincangan di media sosial. Hal ini karena beredar rekaman video pengrusakan Electronic Data Capture (EDC) milik petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Peristiwa ini viral, setelah pemilik akun Instagram @andreli_48 mengunggah sebuah video singkat. Pada video itu terlihat seorang pengendara Mitsubishi Pajero Sport arogan terekam kamera CCTV sedang melakukan perbincangan dengan seorang petugas SPBU 44.533.03. Lokasinya disinyalir di SPBU Pertamina di Bojong, Purbalingga, Jawa Tengah.

Awalnya terlihat ada perbincangan antara pengguna Pejero Sport itu dengan petugas SPBU. Namun seketika, oknum pengguna mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut memukul EDC yang merupakan mesin untuk pengambilan data dan pembayaran di SPBU hingga hancur berkeping-keping ke aspal.

3. 3 Kebiasaan Berkendara yang Bikin Transmisi Manual di Mobil Tetap Awet

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 03

Mobil dengan transmisi manual masih banyak jadi pilihan masyarakat di Indonesia. Alasannya, perawatan transmisi manual dinilai lebih mudah walau kadang merepotkan dari sisi pemakaian. Untuk itu kalian perlu tahu kebiasaan berkendara yang bikin transmisi manual ini tetap awet. 

Mengendarai mobil manual awalnya memang cukup merepotkan, karena kaki kiri dan kanan harus lincah dan aktif saat mengimbangi gas dan kopling. Jenis transmisi ini membuat insting berkendara akan lebih terasah saat kita mengendarai mobil. Untuk perjalanan jarak jauh yang lalu lintasnya lancar, jenis transmisi manual ini memberikan sensasi berkendara yang lebih responsif dan menyenangkan.

Bagi sebagian orang yang ogah makin repot, kadang mereka memperlakukan transmisi manual asal-asalan. Akibatnya, kampas kopling cepat gosong atau habis serta mungkin saja sinkromesh di tuas transmisi juga ikut bermasalah. Supaya hal tersebut tak terjadi, berikut ini perilaku berkendara yang dapat memperpanjang usia pakai transmisi manual. 

4. Review Pemilik: Datsun GO Panca 2016, Hatchback Rp40 Jutaan yang Responsif dan Irit BBM

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 04

Datsun GO diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014 sebagai murah yang menempati segmen LCGC pesaing dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla kala itu. Pada ulasan review pemilik kali ini, kami ingin membahas Datsun GO Panca 2016 dengan transmisi manual 5-percepatan.

Menurut cerita dari pemilik, ia mendapatkan mobil ini di tahun 2020 dengan harga Rp47 juta dalam kondisi pajak mati 2 tahun. Ketika membelinya, untuk jarah tempuhnya sendiri berada di angka 83.626 km.

Selama pemakaian, menurut cerita dari pemilik ia tidak merasakan adanya kerusakan baik di sektor mesin dan kaki-kaki. Hanya saja beberapa bagian body perlu perbaikan guna membuatnya terlihat lebih rapi. Mobil ini dibelinya untuk kebutuhan transportasi sehari-hari serta berpergian bersama keluarga di akhir pekan.

5. 3 Fungsi Penting Lampu Hazard yang Benar, Bukan Buat Lewati Cuaca Buruk

Top 5 Autofun: Bus Malam Tidak Matikan Mesin Hingga Fungsi Penting Lampu Hazard 05

Fungsi lampu hazard berguna memberikan isyarat tanda bahaya kepada pengguna kendaraan lain yang ada dibelakangnya. Hazard bekerja dengan menyalakan lampu sein kanan dan juga kiri yang berkedip secara bersamaan. Perlu Anda ketahui bahwa dalam penggunaannya memiliki aturannya sendiri dan tidak sekedar lampu peringatan tanda bahaya biasa.

Sejauh ini masih banyak yang salah tafsir dan menggunakan lampu hazard pada kondisi yang tidak sesuai. Untuk itu pahami aturan fungsi lampu hazard yang benar, supaya tidak menjadikan rancu dalam berlalu-lintas.

Penggunaan hazard telah ada dalam  Undang-Undang mengenai Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 121 ayat 1. Dalam aturan itu dijelaskan bahwa setiap pengemudi wajib memasang segitiga pengaman, lampu peringatan bahaya, maupun isyarat lainnya ketika kendaraan harus berhenti dalam keadaan darurat. Dengan alasan darurat, banyak pengendara yang sengaja menyalakan hazard ketika sedang iring-iringan atau saat lewati hujan lebat. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil