window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta

Prasetyo · 28 Jun, 2022 08:01

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 01

  • Toyota - Suzuki berbagi platform midsize SUV.
  • Lebih dulu yang akan meluncur Toyota Urban Cruiser Hyryder di 1 Juli 2022.
  • Selanjutnya dari pihak Suzuki.

Toyota Urban Cruiser Hyryder santer terdengar segera melakukan debut. India akan menjadi negara tempat dimana SUV compact Toyota ini lahir. Menariknya, mobil baru itu merupakan kolaborasi Toyota dengan Suzuki.

Jadwal peluncuran Toyota Urban Cruiser Hyryder adalah 1 Juli 2022 namun baru diedarkan ke dealer-dealer resmi sebulan berikutnya. Sementara kembarannya dari Suzuki juga akan diluncurkan tak lama berselang setelahnya.

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 02

Diluncurkan 1 Juli 2022

Mobil baru Toyota dan Suzuki ini masuk dalam segmen midsize SUV yang diisi oleh beberapa rivalnya dari Korea Selatan. Yaitu Hyundai Creta dan Kia Seltos. Serta ada juga pemain Jepang yakni Honda HR-V.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Hyundai Creta N Line Meluncur, Pakai Mesin Turbo Lawan Sepadan Honda HR-V RS

Berbagi Platform dengan Suzuki

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 01

Platform dan mesin dari Suzuki (foto: Autocarindia)

Dikutip dari Autocarindia, Selasa (28/06/2022), Toyota Urban Cruiser Hyryder akan berbagi platform dengan SUV compact Suzuki. Sebagian besar komponennya juga dipasok oleh Suzuki. Serta mobil ini bakal dirakit di pabrik Bidadi di Karnataka, India

Walaupun dirakit dan peluncurannya di India, namun Maruti Suzuki juga berniat melakukan ekspor ke sejumlah negara. Diantaranya Afrika tempat dimana Suzuki juga menjual sejumlah model mereka namun dengan logo Toyota. Yang terbaru yakni Toyota Starlet yang punya nama lain Glanza atau Suzuki baleno di India.

Pakai Mild Hybrid dari Suzuki

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 02

Teaser eksterior Toyota Urban Cruiser Hyryder 2022 (foto: News9)

Karena dipasok oleh Suzuki, maka Toyota Urban Cruiser Hyryder kabarnya akan pakai mesin K15C 1.500 cc. Mesin bensin itu kemudian dikombinasikan sistem mild hybrid Suzuki untuk varian tipe bawah. Serta ada juga yang pure hybrid untuk tipe tertinggi.

Belum ada rincian lebih lanjut mengenai tenaga dan torsi dari kedua SUV tersebut. Namun kalau melihat mesin yang dipakai, sepertinya sistem mekanis dari mobil-mobil ini ada yang bakal serupa dengan Suzuki Ertiga Hybrid yang juga belum lama diluncurkan di Indonesia.

Baca juga : Masih Bingung Sama Teknologi Suzuki Ertiga Hybrid 2022? Simak 3 Jenis Hybrid yang Umum Dipakai Mobil

Interior Mirip Suzuki Baleno 2022

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 03

Teaser interior Toyota Urban Cruiser Hyryder 2022 (foto: Autocarindia)

Baru-baru ini, Toyota membagikan secara resmi sejumlah foto teaser Hyryder. Ada yang menampilkan bagian grill depan, serta beberapa potongan gambar ruang kabinnya.

Untuk bagian luar, terlihat Hyryder menggunakan gril dengan pahatan tajam. Kemudian sedikit diperlihatkan juga bagaimana bentuk lampu utama dan desain velg SUV ini. Termasuk bagian lampu belakang yang sudah menggunakan LED.

Toyota - Suzuki Siapkan SUV Baru Buat Tandingi HR-V dan Creta 04

Interior Suzuki Baleno 2022

Sementara untuk sisi interiornya, Hyryder disebut-sebut mirip kabin Suzuki Baleno 2022. Ini terlihat dari bentuk tombol AC, monitor 9 inci yang ada di tengah dashboard, sampai lekuk kisi-kisi AC. Diprediksi, Hyryder juga akan menggunakan fitur Head Up Display seperti Baleno, serta keberadana Cruise Control hingga sunroof di varian tertinggi.

Baca juga : Toyota Raize Dapat Rival Baru dari Suzuki, Sudah Pakai Sunroof

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil