Toyota Agya 2020: Review, Spesifikasi dan Harga

Naomi · 5 Mei 2020 11:00

Versi penyegaran kedua Toyota Agya yang meluncur di tengah kondisi darurat wabah Covid-19. Mobil Toyota Agya versi 2020 dirilis secara Live Streaming di situs Youtube Toyota Indonesia Maret 2020 dan dijual mulai harga Rp 143.800.000 sampai Rp 169.290.000.

Sekilas Info, Toyota Agya memiliki kembaran dengan nama Daihatsu Ayla yang berasal dari pabrikan Daihatsu. Mobil Ayla sering disamakan dengan Toyota Agya, sehingga terkadang dia disebut sebagai Toyota Ayla. Padahal hal tersebut salah karena mobil Ayla merupakan keluaran pabrikan Daihatsu. Selain itu, mobil Daihatsu Ayla baru memiliki 7 pilihan warna, salah satunya warna Dark Grey Metallic yang menjadi favorit.

Tipe mobil Daihatsu Ayla tersedia dalam 12 tipe. Harga mobil Daihatsu Ayla berkisar dari Rp 102 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga mobil Daihatsu Ayla terbaru tahun 2020.

Tujuh tahun sudah Toyota Agya mengaspal di Indonesia. Mengemban predikat sebagai entry-level Toyota di Indonesia, ketika itu mobil Agya tawarkan solusi kepemilikan kendaraan baru yang menjangkau kalangan dengan tingkat ekonomi yang belum pernah disentuh Toyota sebelumnya.

Masuk sebagai Low Cost Green Car (LCGC), mobil termurah Toyota ini dibuat dengan rancangan sederhana, memenuhi kebutuhan dasar transportasi tanpa imbuhan fitur istimewa. Tapi perjalanan waktu dan persaingan ketat memaksa mobil Toyota Agya alami dua evolusi. Terbaru, versi penyegaran (facelift) kedua ini.

Meski harus menghadapi tantangan yang berat melawan pandemi Covid-19, ekspektasi Toyota terhadap produk ini cukup optimis. New Agya diharapkan mampu terjual 2.200 unit perbulan.

Bukan tanpa alasan, lantaran New Agya kini menjelma sebagai city car ekonomis yang diimbuhi beragam fitur terkini. Beberapa bahkan merupakan terobosan dan menjadi yang terbaik di kelasnya. Tak hanya fitur yang bertambah, mobil Toyota Agya juga punya paras yang lebih segar dan lebih menarik dibanding sebelumnya.

Eksterior

Ubahan desain memang minim, namanya juga facelift. Orang tak sampai pangling dan gagal mengenali dirinya sebagai Agya. Tapi sentuhan kosmetik di bagian wajah sukses membuat tampilannya terlihat lebih segar.

Grille tipis khas Toyota New Agya berwarna hitam. Lubang udara yang besar pindah ke bagian bumper dengan rancangan baru yang menjadikan New Agya kini terlihat lebih sporty dan agresif dibanding pendekatan keen look pada dua versi sebelumnya. Nuansa sporty ditonjolkan lampu proyektor dengan aksen berkelir hitam yang bergaya smoked headlamp.

Dari samping tak banyak yang berubah. Siluet pinggul dan atap masih sama. Tapi desain velg mobil Agya baru menjadi berganti dan disepuh kelir dual tone serta rumah kaca spion direvisi jadi lebih tajam dan sudah retractable.

Bagian belakang mobil Toyota Agya tak berbeda. Lagi, hanya rumah lampunya yang kini menjadi smoked rear lamp. Versi termahalnya, TRD Sportivo tentu tampil lebih ganteng dengan ornamen body kit di sekeliling body. Selebihnya tak ada beda di bagian eksterior Toyota Agya 2020. Hanya sekarang tersedia satu pilihan warna tambahan, Orange metalik persis Honda Brio RS baru.

Interior dan Fitur

Kabin Toyota Agya pun berubah. Ya, desain dashboard dan tema warna interior tak berubah. Tapi coba tengok bagian tengah dashboard. Sekarang terdapat panel hitam yang menjadi rumah bagi head unit audio 2DIN dan panel AC digital. Panel AC digital menjadikan mobil Toyota Agya kini layak bersanding dengan mobil Honda Brio dan Suzuki Ignis baru yang sudah duluan pakai teknologi ini.

Varian tertingginya, TRD Sportivo, lebih mewah lagi. Karena terpasang sistem multimedia layar sentuh berukuran 7-inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Sudah tersedia audio steering switch lagi. Bahkan Agya TRD Sportivo menjadi mobil pertama di kelasnya yang dibekali tombol start-stop. Nah, fitur ini pun tak disediakan pada saudaranya, Daihatsu Ayla.

Untuk faktor keselamatan, dual SRS airbag terpasang hingga tipe terendahnya sekalipun. Mengakomodasi anak kecil dengan lebih selamat, kursi sudah ISOFIX memudahkan mengait kursi anak. Tak kalah penting, fitur keselamatan rem ABS (Anti-lock Braking System) plus EBD (Electronic Brake Force Distribution) tersemat khusus model termahal, TRD Sportivo.

Performa

Sebagai mobil ekonomis yang praktis, mobil Toyota Agya wajib memiliki mesin yang hemat bahan bakar. Makanya dua pilihan mesin 1,0 liter dan 1,2 liter tak tawarkan performa istimewa. Output yang ditawarkan pun sewajarnya. Pilihan bermesin 1KR-FE 3-silinder VVT-I menghasilkan daya 67 PS pada 6.000 rpm. Sedang torsinya cukup 89,2 Nm pada 4.400 rpm.

Sementara mesin 1,2 liter 3NR-FE dual VVT-I berkonfigurasi 4-silinder yang menghasilkan tenaga 88 PS dengan torsi maksimal 107 Nm pada 4.200 rpm. Keduanya tersedia dalam dua opsi transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Paket performa ditawarkan memang bukan yang terbaik di kelasnya. Honda Brio baru misalnya, yang menghasilkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Namun, bekal dapur pacu New Agya cukup dapat diandalkan walau harus bertemu tanjakan sekalipun.

Varian dan Harga

Toyota menawarkan New Agya dalam 3 varian, 1,0L G, 1,2L G dan 1,2L TRD. Masing-masing tersedia dalam pilihan transmisi manual maupun otomatis. Seluruhnya pun punya perbedaan baik di bagian eksterior maupun interior.

Dijual dengan harga Rp 143.800.000 untuk yang bertransmisi manual dan Rp 156.810.000 untuk versi otomatis. Seperti biasa, sejumlah fitur absen pada varian termurah. New Agya 1,0L G menjadi pilihan paling bijak bagi konsumen yang hendak memiliki mobil pertama.

Versi TRD Sportivo hadir dengan fitur terlengkap, tombol start-stop, sistem multimedia layar sentuh berukuran 7-inci dengan konektivitas smartphone hingga electric retractable door side mirror. Versi TRD juga mendapat tambahan body kit sporty dan velg berdesain istimewa. Makanya banderolnya pun yang tertinggi, yakni Rp 153.445.000 (MT) dan Rp 169.290.000 (AT).

Mobil Toyota Agya 1,2L G trim menengah. Varian ini bakal jadi pilihan paling populer walau pemiliknya harus merelakan tombol start-stop dan sejumlah fitur tambahan lainnya. Tapi harganya yang Rp 148.100.000 untuk tipe manual dan Rp 161.640.000 untuk tipe otomatis jelas lebih murah ketimbang versi TRD.

Tapi secara umum, harga seluruh varian mobil Toyota Agya yang mulai Rp 143 jutaan sampai Rp 169 jutaan masih jauh lebih murah dari Honda Brio baru yang varian termahalnya sentuh harga Rp 199,6 juta. Padahal Brio tak dilengkapi tombol Start-Stop. Bahkan Suzuki Ignis terbaru lebih mahal lagi, yakni mulai Rp 171 juta sampai Rp 200 juta. Berikut adalah daftar harga mobil Toyota Agya 2020.

Daftar harga Toyota Agya 2020
1.0 G M/T Rp. 143.800.000
1.2 G M/T Rp. 148.100.000
1.2 G M/T TRD Rp. 153.445.000
1.0 G A/T Rp. 156.810.000
1.2 G A/T  Rp. 161.640.000
1.2 G A/T TRD Rp. 169.290.000

Komentar

Mobil Terbaru