window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul?

Dito · 10 Feb, 2023 10:00

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 01

Pertengahan Februari ini Toyota Agya dan Daihatsu Ayla generasi terbaru dikabarkan meluncur di Indonesia. Lantas apakah Honda Brio 2023 facelift juga menyusul untuk menjaga eksistensi serta angka penjualannya?

Melihat jejak rekam Honda Brio di Indonesia, rasanya belum saatnya mobil terlaris tahun 2022 ini melakukan penyegaran. Terlebih pada tahun lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan Honda Brio Urbanite.

Honda Brio Pertama Kali Meluncur di Indonesia

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meskipun saat ini Honda Brio sudah dirakit lokal secara penuh, tetapi saat pertama kali meluncur pada tahun 2012 justru berstatus Completely Built Up (CBU) dari Thailand. Baru setahun kemudian HPM memutuskan untuk melakukan Completely Knock Down (CKD) alias rakitan lokal.

Nama Brio sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya ceria atau bersemangat. Secara tampilan, Honda Brio generasi awal ini punya desain yang menarik. Seperti bumper yang mempunyai ukuran besar untuk mengurangi aliran udara di bawah mobil.

Untuk menampilkan karakter Honda saat itu, grill berlapis krom dengan bentuk heksagonal turut disematkan guna menyuguhkan tampilan yang atraktif sekaligus dinamis. Bagian kaca depannya sendiri dibuat lebar sehingga pandangan pengemudi menjadi lebih leluasa.

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 01

Tidak seperti beberapa pesaing terdekatnya, Honda Brio diaplikasikan velg berukuran 14 inci berbahan dasar alloy dan steel (Brio A 2013). Agar dapat menampilkan karakter jiwa anak muda, di bagian sampingnya terdapat beberapa garis tegas serta lekukan yang atraktif.

Di bagian buritan, Honda Brio memperoleh inovasi desain stylish baru, dengan memadukan kaca belakang lebar seperti kepunyaan Honda Civic SB-3 serta bumper membulat dipadukan stop lamp yang dinamis.

Baca juga : Punya Varian Two Tone, Ada PIlihan Apa Saja Warna Honda Brio 2023?

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 02

Fitur keamanannya cukup lengkap dikelasnya, mulai dari 2 SRS Airbag, seatbelt 3 titik untuk penumpang depan dan 2 penumpang belakang, serta sudah ABS dan EBD. Honda Brio gen 1 ini saat awal peluncurannya dibanderol mulai dari Rp 149 jutaan hingga Rp 170 jutaan. 

Pada awal kehadirannya, ada dua mesin yang ditawarkan yakni L12B berkapasitas 1.200 cc dan L13A untuk varian 1.300 cc. Terdapat 2 pilihan transmisi yakni manual dan otomatis masing-masing 5 percepatan dengan penggerak roda depan.

Honda Brio Facelift Pertama

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 03

Setelah 4 tahun berjalan, Honda Brio akhirnya melakukan penyegaran. Sejumlah ubahan pada tampilan eksterior dan interior membuat tampilannya lebih agresif. Grill berukuran besar berkelir hitam membuatnya juta terlihat lebih sporty.

Selain itu Honda juga mengganti  varian Brio Sport dengan tipe RS bermesin L12B. Ada dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan dan otomatis yang sudah berteknologi CVT. Ini membuat akselerasi lebih halus dan nyaman.

Baca juga : Segini Cicilan Honda Brio 2023, Ada yang Rp2 Jutaan Per Bulan!

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 04

Ubahan eksterior pada Honda Brio RS yang terlihat ialah penggunaan LED projector dan DRL yang sama dengan Mobilio RS. Velg yang digunakan juga berukuran lebih besar yakni 15 inci dengan desain dual tone. 

Ubahan paling terlihat pada Honda Brio facelift adalah bagian interiornya. Cukup banyak ubahan di bagian kabin. Namun secara keseluruhan khususnya dasbor memakai model yang sama dengan Honda Mobilio. Perbedaannya ada pada sisi warna saja. 

Tahun 2018 Honda Brio Generasi 2 Diluncurkan

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 05

Tidak terlalu lama setelah kehadiran versi facelift, pada tahun 2018 Honda Brio generasi terbaru meluncur di Indonesia. Tampilannya jauh berubah dari generasi awal khususnya bagian belakang. Tidak ada lagi pintu bagasi full kaca diganti dengan model norman yakni pintu plat bodi.

Khusus tipe RS, Honda memberi tambahan diffuser pada bumper belakang yang membuatnya terlihat lebih sporty. Sementara bagian depan, lampu utama, gril serta kap mesin mengambil dari desain Honda Mobilio. 

Baca juga : Masih Menjadi City Car Paling Laris, Segini Harga Honda Brio 2023

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 06

Honda Brio Gen 2 masih mendapatkan tampilan kabin yang hampir sama dengan Brio pasca tahun 2016. Material kabin sebagian besar didominasi oleh plastik keras, tentu saja ini untuk menekan harga yang ditawarkan.

Tapi hal tersebut tak mengurangi desainnya yang menawan. Dashboard hadir dengan tema single tone berkelir hitam dihiasi aksen garis berwarna silver melintang. Namun khusus Brio Satya tipe E aksen silver tersebut dihilangkan.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ada ruang yang bisa Anda dapatkan untuk menyimpan barang-barang di bagasi belakang dengan tambahan panjang 60 mm. Cukup untuk membawa tas maupun sepatu.

Varian Baru Honda Brio Urbanite Punya Tampilan lebih Sporty

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 07

Setelah 4 tahun berselang sejak kemunculan generasi keduanya, Honda Brio belum meluncurkan facelift. Namun HPM justru menambah varian dari city car andalannya ini yakni Honda Brio RS Urbanite Edition. Tampilan yang lebih sporty dengan penambahan body kit membuatnya tampil bak mobil balap.

Pada Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi wing spoiler baru di pintu bagasinya. Penambahan part ini membuat harganya naik. Khusus tipe manual dari awalnya Rp 216 juta menjadi Rp 225,9 juta (naik Rp 9,9 juta). Adapun tipe matic CVT dari Rp 233,1 menjadi Rp 235,9 juta (naik Rp 2,8 juta). 

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 08

Selain dalam negeri, model ini juga dipasarkan di Filipina dan Vietnam berstatus impor CBU dari Indonesia. Selain penyematan wing spoiler, model pembaruan ini juga telah dilengkapi beberapa kosmetika lain seperti pelek yang sudah dilebur warna matte, biar karakter sporty mobil lebih terpancar.

Perbedaan lainnya dengan Honda Brio RS standar ialah penyematan emblem Urbanite, Cover Spion dengan LED, Gagang Pintu Hitam, Underlips Depan, serta Bumper Belakang dengan Diffuser. Ada ragam warna yang bisa dipilih konsumen kombinasi cerah dengan hitam pada bagian atap dan body kit-nya. Pilihannya meliputi: oranye-hitam, kuning-hitam, putih-hitam, dan hitam seluruhnya.

Baca juga : Sudah Digunakan Selama 10 Tahun, Perlukah Mesin Honda Brio 2023 Mendapat Perubahan?

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 09

Mengambil basis dari tipe RS yang masuk segmen city car, maka interiornya tak ada ubahan. Persis varian RS reguler yang serba hitam semuanya baik dari dashboard, door trim, jok, pilar, hingga plafonnya juga warna gelap. 

Akankah Honda Brio 2023 Facelift Meluncur?

Pesaing terdekat Honda Brio yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla generasi terbaru akan meluncur tahun ini. Generasi kedua ini akhirnya muncul setelah hampir 10 tahun sejak peluncurannya pada September 2013 lalu.

Toyota Agya 2023 Terbaru Segera Meluncur, Akankah Honda Brio Facelift Ikut Menyusul? 10

Lantas apakah Honda Brio 2023 facelift akan dirilis? Bila melihat sejarah perjalanannya, justru seharusnya tahun 2022 lalu Honda Brio facelift diperkenalkan. Tetapi HPM hanya memberi penawaran varian baru dengan penambahan aksesoris.

Melihat data penjualan GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sepanjang tahun 2022, Honda Brio menjadi mobil paling laris. Sehingga ada kemungkinan tahun ini Honda tidak banyak berbenah untuk mobil andalannya tersebut. Mungkin tahun depan mobil perkotaan dengan arti nama ceria ini akan melakukan penyegaran.

Baca juga : Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil