Toyota Alphard 2022 Pakai Gril dan Logo Baru, Lebih Keren atau Jadi Aneh?

Evan · 25 Agu, 2021 16:05

Toyota Alphard 2022

Toyota Alphard 2022 memang sudah santer digosipkan bakal segera melantai. Sebagai MPV Premium paling laris di Indonesia, tentunya kita menantikan pula seperti apa wujud Alphard generasi terbaru ini. Sebab mobil yang identik dengan simbol kesuksesan tersebut telah menjadi kendaraan favorit orang kaya Indonesia sejak awal kemunculannya.

Saat ini Toyota Alphard masuk sebagai generasi ketiga. Tapi bagi sebagian orang, profil desainnya mulai terlihat kuno. Berbeda dari awal diluncurkan oleh Toyota enam tahun lalu. Alphard generasi saat ini banyak diberi julukan Alphard Transfomers. Karena desain gril besar yang menutup tiga perempat fascia depan. Tapi tentunya itu tak membendung kesuksesannya sebegai MPV paling sukses di negara ini.

Toyota Alphard 2022 -1

Alphard generasi ketiga

Toyota sepertinya paham kalau Alphard sudah waktunya ganti baju. Tak heran hembusan informasi dari internal pabrikan Jepang ini pun menyebut jika perusahaan sedang mengerjakan generasi terbaru Alphard yang rencananya akan dijual tahun depan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Melalui bocoran di beberapa media Jepang, MPV mewah berdimensi besar terbaru tersebut kemungkinan besar akan memiliki desain benar-benar baru, bahkan meninggalkan logo yang telah malang melintang sejak awal peluncurannya di tahun 2002.

Render dari Bestcarweb menunjukkan adanya perubahan desain total. Tidak ada sisa-sisa desain yang dibawa dari Alphard generasi ketiga. 

Baca Juga:Ubah Fortuner TRD Sportivo jadi Toyota Fortuner GR Sport, Modalnya Gak Sampai Sejuta

Bagian Eksterior Didesain Ulang

Dari gambar reka digital media lokal tersebut bisa dilihat jika fascia depan Alphard tetap dipenuhi dengan gril besar, namun tidak over seperti model sebelumnya. Desain gril ini mengingatkan pada Toyota Highlander, yang kemungkinan besar desain ini akan ikut digunakan pada produk Toyota lain.

Toyota Alphard 2022 -3

Ciri khas pintu samping juga dihilangkan

Penggunaan lampu menyipit menimbulkan kesan mewah, ditambah dengan posisi foglamp dibuat tidak lagi sembunyi, membuat bagian depan secara keseluruhan terlihat lebih proporsional. Tentu akan ada pro dan kontra mengenai penggunaan lambang Toyota pada bagian depan Alphard terbaru ini, apalagi pemilik mobil ini rata-rata berduit yang punya selera tinggi.

Di bagian samping Toyota juga menghilangkan ciri khas Alphard sebelumnya, yaitu tarikan garis membentuk huruf L pada lis kaca penumpang yang sudah ada sejak generasi pertama. Diganti dengan full kaca yang memanjang dari depan hingga bagian belakang.

Baca Juga:Bukan Cuma Aksesoris Seperti di Indonesia, Toyota Vios GR Sport di Malaysia Dapat 'Upgrade' Performa

Mesin Baru, Lebih Irit

Toyota Alphard 2022 Pakai Gril dan Logo Baru, Lebih Keren atau Jadi Aneh? 02

Mesin V6 dan 2.5 liter, boros

Mesinnya kemungkinan besar tidak lagi menggunakan V6 dan 2500 cc. Tapi diganti dengan mesin berkapasitas 2.400 cc Turbo 4 silinder bertenaga 279 PS dan torsi 430 Nm guna mengurangi emisi.

Mesin baru ini merupakan pengembangan dari mesin 2.0-liter turbo yang ada pada Lexus NX dan Toyota Harrier terbaru. Diharapkan dengan mesin ini Toyota Alphard tidak lagi boros bahan bakar seperti generasi ketiga.

Vellfire Dilebur jadi Satu Model Dengan Alphard

Melalui bocoran dari Jepang juga, Saudara kandung Alphard yaitu Velllfire sendiri kemungkinan besar akan disuntik mati karena penjualannya di beberapa negara jauh lebih sedikit karena kalah pamor nama. Berbeda dengan nama Alphard, yang sudah tertanam di benak khalayak ramai sebagai mobil konglomerat dan eksekutif muda.

Toyota Alphard 2022 Pakai Gril dan Logo Baru, Lebih Keren atau Jadi Aneh? 03

Discontinue karena penjualan kurang

Bagaimana Penjualan Alphard di Indonesia?

Menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), per Juli 2021, Alphard terbilang cukup sukses dengan penjualan 164 unit. Sementara penjualan terbanyak terjadi di bulan sebelumnya dengan lebih dari 400 unit.

Berbeda dengan saudaranya, penjualan Vellfire cukup menyedihkan. Dalam periode Januari-Juli tahun ini hanya terjual 90 unit. Maka wajar jika Toyota berencana menghentikan penjualan generasi keempat dari Vellfire.

Baca Juga:Toyota Veloz GR Limited Cuma Tersedia 3.700 Unit, Apa Saja Kelebihannya?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru