window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Avanza 1.3 E MT Jadi Tipe Terbawah, Layakkah untuk Dipinang Sebagai Mobil Harian?

Enda · 3 Okt, 2022 11:00

Toyota Avanza 1.3 E MT

Generasi ketiga Toyota Avanza dirilis pada November tahun lalu tepatnya lewat ajang GIIAS 2021. PT Toyota Astra Motor (TAM) hadirkan Avanza terbaru bukan cuma merubah tampilan fasad. Ubahan lainnya juga terjadi pada sisi interior, penambahan fitur unggulan dan keselamatan, serta platform baru yang kini membuatnya menggunakan penggerak roda depan.

Untuk modelnya, mobil ini ditawarkan dalam lima tipe, yakni; E MT, E CVT, G MT, 1.5 G CVT, dan terakhir  CVT TSS. Sebagai varian paling bawah, per Oktober 2022 Toyota Avanza 1.3 E MT dibandrol Rp233,1 juta.

Punya tampilan dinamis sekaligus lebih ergonomis, apabila kalian ingin membeli varian terbawah Toyota Avanza, sebaiknya simak dulu ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya

Toyota Avanza 1.3 E MT Gunakan Lampu LED dan Velg Alloy 15 Inci

Toyota Avanza 1.3 E MT

Toyota Avanza E MT belum mendapatkan foglamp, fitur ini hanya tambahan

Sebagai MPV keluarga, Avanza 1.3 E MT memiliki paras visual yang kuat. Pada fascianya varian terendah Avanza telah tersematkan lampu utama LED dengan bentuk pipih dan tajam. Untuk bumpernya sendiri terlihat agresif sekaligus sporty dengan tampilan bold. Berbeda dengan tipe G, varian E belum dilengkapi foglamp serta aksen krom pada bagian depannya tersebut.

Toyota Avanza 1.3 E MT

Toyota Avanza 1.3 E MT gunakan velg alloy 15 inci

Melihat sisi samping, tipe E menggunakan velg alloy berukuran 15 inci berwarna silver. Untuk spionnya sendiri sudah menggunakan pengaturan eletrik yang bisa diatur dari dalam, namun belum dilengkapi dengan retractable dan lampu sein.

Bergeser ke bagian belakang, untuk buritannya varian terbawah Avanza menggunakan stoplamp LED yang tampil dengan backdoor lamp dan antenna pole.

Interior Terlihat Polos, Toyota Avanza 1.3 E MT Punya Fitur Modern

Toyota Avanza 1.3 E MT

Interior Toyota Avanza 1.3 E 

Merangsek ke sisi dalam, Avanza 1.3 E MT didominasi dengan warna hitam tanpa adanya kombinasi warna silver seperti tipe diatasnya. Selan itu, material plastik keras yang digunakan juga tidak dipadukan dengan bahan soft touch.

Untuk menyalakan atau mematikan mesin, tipe terbawah Avanza masih mengandalkan anak kunci yang dilengkapi remote dan alarm dengan pengoperasian model putar.

Sebagai pusat informasi berkendara, Toyota Avanza 1.3 E MT gunakan tampilan analog pada odometer dan tachometernya dengan layar MID 4 inci di sebelah kanan. Untuk desain meter cluster nya, varian E memiliki bentuk yang berbeda dengan tipe G. Dimana Avanza G terlihat lebih mewah dengan peletakan layar MID di sisi tengah ditambah adanya ring krom pada odometer dan tachometer.  

Bicara sistem hiburannya, Avanza 1.3 E MT menggunakan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan bluetooth. Untuk pengaturan sistem hiburannya sendiri belum bisa dikendalikan melalui setir. Meski begitu, setirnya sudah dilengkapi fitur tilt steering yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi.

Baca juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

Toyota Avanza 1.3 E MT

Cup holder Avanza 1.3 E MT di bagian dashboard penumpang depan

Terasa ergonomis sekaligus juga modern, untuk pengaturan AC nya tipe termurah Avanza sudah menggunakan tampilan digital dengan kotak laci penyimpanan dibawahnya. Guna memudahkan penggunanya, pabrikan telah membekalinya dengan cup holder di bagian sisi kanan dan kiri dashboard selain ada juga di setiap pintu. Bukan cuma itu saja, Avanza E turut dilengkapi arm rest, dan lighter 12 volt di samping tuas hand brake yang bisa dimanfaatkan untuk mengecas handphone.

Guna memberikan kenyamanan selama perjalanan, tipe terbawah Avanza turut dilengkali dengan AC double blower dengan tampilan minimalis serta jok yang bisa direbahkan secara maksimal.

Fitur Keselamatan Toyota Avanza 1.3 E MT Cukup Lengkap

Toyota Avanza 1.3 E MT

Toyota Avanza 1.3 E MT dilengkapi rear parking sensor

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Avanza 1.3 E MT berhasil diaplikasikan dual airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Untuk memberikan tingkat perlindungan lebih baik terhadap penggunananya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan seatbelt warning, rear parking sensor, ISOFIX dan juga APAR.

Andalkan Mesin 1.3L Dual VVT-i

Toyota Avanza 1.3 E MT

Mesin 1NR-VE di Toyota Avanza

Berbeda dengan tipe diatasnya yang sudah menggunakan mesin 1.5L, untuk varian E masih mengandalkan mesin 1.3L. Melihat spesifikasinya, jantung pacu 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc yang digunakan menganut teknologi DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i yang mampu memeras tenaga sebesar 98 PS @6.000 rpm dan torsi 121 Nm @4.200 rpm. Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, selanjutnya putaran mesin yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan.

Baca juga: Selisih Rp22,3 Juta, Ini Bedanya Toyota Avanza 2022 G dan E

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Avanza ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.  

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil