window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Avanza 1.3 E MT Vs Daihatsu Xenia 1.3 M MT, Lebih Mahal Rp15,3 Juta Avanza Pelit Fitur?

Enda · 29 Nov, 2021 17:30

All New Avanza vs All New Xenia

Toyota Avanza 1.3 E MT Vs Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Belum lama ini Toyota dan Daihatsu meluncurkan dua produk terbarunya yang merupakan generasi ketiga dari Avanza dan Xenia. Sebagai base model atau varian paling murah, baik Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 M MT kini terlihat lebih menarik dibandingkan model sebelumnya.

Pasalnya, secara tampilan keduanya berubah total dan sama-sama membawa ciri khas pabrikan yang terlihat begitu atraktif sekaligus dinamis. Bicara harga barunya, saat ini tipe terendah Avanza ditawarkan Rp206,2 juta, sedangkan Xenia dibandrol Rp190,9 juta.

Lebih mahal Rp15,3 juta, apakah fitur Avanza E lebih komplit dari Xenia M, atau justru malah sebaliknya? Daripada penasaran simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Xenia 1.3 M MT Masih Mengandalkan Velg Kaleng

All New Avanza vs All New Xenia

Daihatsu Xenia 1.3 M MT masih menggunakan velg kaleng

Pada tampilan luar, keduanya menyuguhkan nuansa canggih dan dinamis berkat disematkannya lampu utama LED dengan bentuk pipih dan tajam yang mendukung fitur follow me home, namun belum dilengkapi foglamp. Untuk bumpernya, Avanza memiliki bentuk lebih besar dengan mengaplikasikan banyak garis horizontal. Berbeda dengan Xenia, pada bagian depannya terkesan lebih kalem dengan mengimplementasikan bentuk menyerupai kisi-kisi.

Melihat bagian samping, keduanya tampil sederhana. Pada spionnya, tipe terendah Avanza maupun Xenia belum mendapat tambahan lampu sein serta side moulding apalagi side skirt seperti tipe diatasnya. Meski begitu, pengaturan tinggi-rendah dan keluar-masuk kacanya sudah bisa diatur secara otomatis dari dalam menggunakan tombol.

Perlu kalian ketahui, untuk lingkar roda Daihatsu Xenia 1.3 M MT masih menggunakan velg kaleng yang ditutupi dop. Berbeda dengan Xenia, Avanza 1.3 E MT memakai velg alloy R15 yang dilabur dengan warna silver. Meski berbeda, keduanya sama-sama diselimuti ban berprofil 185/65 R15.

Menengok bagian buritannya, keduanya terlihat sama. Dimana tipe terendah Avanza dan Xenia memperoleh rear wiper, new fascinating LED rear combination with backdoor lamp, rear spoiler combined back door dan pole antenna.

Fitur Daihatsu Xenia 1.3 M MT Lebih Lengkap?

All New Avanza vs All New Xenia

Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 M MT memperoleh head unit 7 inci

Untuk sistem hiburannya, All New Avanza E disematkan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan Bluetooth dengan model floating. Mengenai fitur keamanan, varian terendah Avanza belum dilengkapi dengan alarm + immobilizer dan rear parking sensor.

Bicara Xenia 1.3 M MT, mobil ini juga mendapatkan head unit layar sentuh 7 inci model floating dengan konektivitas format USB dan Bluetooth. Untuk keamanannya sendiri dilengkapi dengan keyless dan alarm.

Baca juga: Video: Komparasi LMPV Jepang Terbaru, Avanza vs Veloz vs Xenia vs Xpander vs Ertiga. Siapa Paling Lega dan Banyak Fitur?

Sebagai informasi, baik Avanza E 1.3 MT maupun Xenia 1.3 M MT memperoleh sistem pendingin udara (AC) dengan tampilan digital, double blower, EPS, power window, light remind warning, tilt steering, serta ECO indicator.

Sistem Keselamatan Toyota Avanza E 1.3 MT Paling Komplit

Toyota Avanza 1.3 E MT

Fitur keselamatan Toyota Avanza 1.3 E MT lebih komplit

Toyota Avanza E 1.3 MT mempunyai fitur keselamatan lebih komplit ketimbang Xenia 1.3 M MT. Karenanya tipe terendah Avanza ini sudah dilengkapi dengan dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) yang merupakan fitur keselamatan standar baru. Tidak hanya itu, faktor keselamatan lainnya diperkuat dengan adanya emergency stop signal, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Bagaimana dengan Daihatsu Xenia 1.3 M MT? Seperti yang diketahui mobil ini hanya mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dual airbag dan emergency stop signal. Tidak seperti Avanza, tipe terendah Xenia belum dilengkapi Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Brake Assist (BA).

Pilihan Mesin 1.5L dan Transmisi CVT Tak Tersedia di Tipe Terendah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

All New Avanza dan All New Xenia

Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 M MT dibenamkan mesin 1.3L 1NR-VE

Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 M MT dibenamkan mesin 1.3L 1NR-VE 1.329 cc DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i dengan menghasilkan tenaga sebesar 98 PS @6.000 rpm dan torsi 121 Nm @4.200 rpm yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan. Sebagai informasi, jantung pacu yang digunakan sama seperti mesin yang disematkan pada generasi kedua Avanza-Xenia model faceliftnya. Hanya saja strukturalnya dibuat melintang mengingat varian terbarunya mengandalkan penggerak roda depan.

Perlu kalian ketahui, All New Avanza-Xenia dibangun berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Teknologi DNGA ini dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Di lain sisi, teknologi DNGA juga mampu menghasilkan sebuah kendaraan yang nyaman dan aman ketika dikendarai. Menggunakan struktur Front Engine – Front Wheel Drive (FF) dengan New Developed Suspension yang mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang, membuat mobil ini terasa lebih stabil terlebih dimensinya kini lebih lebar dengan jarak sumbu roda yang panjang.

Kesimpulan

Setelah melakukan komparasi antara Toyota Avanza 1.3 E MT dengan Daihatsu Xenia M MT, secara konklusi Avanza lebih komplit karena telah memperoleh Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Brake Assist (BA). Selain itu, lingkar rodanya juga sudah menggunakan velg alloy berwarna silver.

Namun sayang, Avanza belum mendapatkan dengan alarm + immobilzer dan rear parking sebagai fitur keamanannya. Sedangkan varian paling murah Xenia telah dilengkapi keyless dan alarm.

Baca juga: 7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil