Toyota Avanza 1.5 Menghilang Dari Pricelist, Pertanda Generasi Ketiga Akan Muncul di 2021?

Yongki Sanjaya · 12 Jan 2021 15:00

Toyota Astra Motor baru saja menghilangkan pilihan Toyota Avanza 1.5 dari pricelist mereka. Kini, Toyota Avanza 2021 yang tercantum di website hanya tersisa Avanza dengan mesin 1.3 liter dan opsi 1.5 liter hanya ada Veloz. Hilangnya Toyota Avanza 1.5 dari list ini pertanda akan muncul model baru?

Sebelumnya pada 2020 nama Toyota Avanza 1.5 G masih tercantum dalam daftar harga. Untuk Avanza G ini hadir hanya dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.

Mundur ke belakang saat peluncuran facelift-nya pada 2019 lalu, Toyota Avanza 1.5 hadir dalam tipe S dan tipe G. Namun tipe G akhirnya lenyap dari daftar harga menyusul tipe S. 

Dalam list tersebut, kini hanya tersisa Toyota Avanza bermesin 1.300 cc. Avanza ditawarkan dalam enam pilihan tipe antara lain:

  • Avanza 1.3 E STD M/T,
  • Avanza 1.3 E STD A/T, 
  • Avanza 1.3 E M/T, 
  • Avanza 1.3 E A/T,
  • Avanza 1.3 G M/T 
  • Avanza 1.3 G A/T.

Banyak pihak yang memprediksi hilangnya Toyota Avanza dengan mesin 1.500 cc dari daftar harga menjadi pertanda generasi ke-2 Avanza ini telah memasuki masa senjakala. Apakah Toyota Avanza generasi ketiga akan muncul tahun ini?

Toyota Avanza Generasi Ketiga Diprediksi Akan Meluncur Tahun Ini

Hilangnya Toyota Avanza 1.5 dari daftar harga Toyota di situs resminya tentu menjadi sebuah tanda tanya besar. Bisa saja Toyota memang sengaja menghilangkan varian Toyota Avanza 1.5 supaya mengarahkan calon pembelinya membeli Toyota Veloz. 

Jadi, Bila mencari Avanza maka hanya ada pilihan mesin 1.3 liter saja. Rumor yang beredar, Toyota kini posisinya sedang dalam tahap menghabiskan stok yang ada. 

Dari sini juga bisa kita lihat arah Toyota kalau Avanza ini hanya untuk segmen low to middle dengan mesin 1.3 liter. Apabila mencari mesin 1.5 liter maka bisa memilih Veloz. 

Peluncuran Toyota Avanza 2021 Semakin Dekat? 

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber kami di Toyota, kabarnya generasi terbaru Toyota Avanza akan meluncur pada semester kedua tahun 2021 ini.

Jadi dengan tidak adanya varian Avanza 1.5 ini maka pihak Toyota Indonesia dapat fokus untuk menghabisakan sisa stok Toyota Avanza 1.3 sekaligus Toyota Veloz 1.5 agar bisa memberikan ruang bagi kehadiran Toyota Avanza baru.

Kehadiran Avanza generasi ketiga ini memang sangat ditunggu, sebab Avanza adalah penguasa pasar. Pasalnya, usia Avanza generasi kedua ini sudah hampir 10 tahun. 

Generasi keduanya diluncurkan pada 2011 silam. Facelift terakhir di 2019 lalu sifatnya hanya minor change di bagian desain dan update fitur. Tidak ada ubahan signifikan di platform maupun mesin, sehingga membuatnya tampak usang. 

Bahkan beberapa tahun terakhir ini, Avanza harus menghadapi gempuran dari Mitsubishi Xpander. Kehadiran Low MPV jagoan Mitsubishi ini tak bisa dianggap remeh. Penjualan bulanannya kadang mampu menyalip Avanza.

Apakah Avanza masih bisa bertahan sebagai mobil sejuta umat di tahun 2021 ini? Kita tunggu saja bersama bagaimana strategi yang diambil Toyota Astra Motor terkait Toyota Avanza.  

Komentar

Mobil Terbaru