Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya

Anissa · 30 Jan, 2021 16:30

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 01

Kabar kedatangan Toyota Avanza generasi terbaru di tahun 2021 semakin santer terdengar. Setelah cukup lama tidak mendapatkan ubahan yang berarti, kedatangan Toyota Avanza 2021 ini pastinya ditunggu-tunggu oleh para pecinta otomotif di Indonesia.

Toyota sendiri kabarnya akan lebih fokus pada ubahan tampilan untuk All New Toyota Avanza 2021 ini. Karena Toyota Avanza bersama dengan Daihatsu Xenia merupakan produk hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu, basisnya sendiri akan menggunakan basis dari Daihatsu DN Multisix yang sudah pernah dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia Unternational Auto Show (GIIAS) yang digelar tahun 2017 lalu.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Platform All New Toyota Avanza 2021 ini kabarnya akan menggunakan platform baru dari Daihatsu yang disebut Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Tampilan luar mobil ini memang menjadi salah satu bagian yang akan mendapatkan ubahan, tetapi bagaimana dengan fiturnya? Simak Informasi berikut ini.

Sejarah Singkat Toyota Avanza di Indonesia

Toyota Avanza merupakan salah satu model mobil MPV yang sudah berkiprah cukup lama di Indonesia. Sebelum kita bicara soal fitur apa saja yang akan hadir pada All New Toyota Avanza 2021, mari kita bahas sedikit soal sejarah Toyota Avanza.

1. Toyota Avanza 2003 – 2011

Toyota Avanza generasi pertama hadir di Indonesia pada tahun 2003 sampai 2011. Jangka waktu produksi mobil yang satu ini memang cukup lama. Ketika itu, Toyota Avanza hadir dalam 2 varian, yakni Toyota Avanza 1.3 E dan 1.3 G dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Kendati fitur yang dimilikinya ketika itu masih sangat minim, tetapi desain Toyota Avanza berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif di Indonesia. Selain itu, fungsinya sebagai mobil MPV 7 penumpang juga menjadi salah satu kelebihan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 01

Ketika itu, interior mobil ini didominasi dengan warna hitam dan abu-abu. Sistem hiburannya juga masih mengandalkan head unit single DIN yang hanya memutar CD. Tetapi untuk pengaturan kaca jendelanya sudah menggunakan teknologi power window.

Kedua varian dari Toyota Avanza ketika itu menggunakan mesin yang sama, yakni mesin dengan kode K3DE, berkapasitas 1.300 cc, yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 87 HP dengan torsi 116 Nm. Setahun kemudian, Toyota menghadirkan Toyota Avanza tipe 1.3 S yang dilengkapi sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Mesinnya pun sudah menggunakan mesin dengan kode K3-VE dan  teknologi VVT-I, serta keluaran tenaga sebesar 89 HP.

Kemudian pada tahun 2006, barulah diluncurkan Toyota Avanza dengan varian 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T. Kedua varian ini menggunakan mesin dengan kode 3SZ-FE, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 109 HP dan torsi 141 Nm. Mobil ini juga memiliki bumper yang lebih tebal dan foglamp dengan bentuk yang berbeda.

Toyota Avanza kemudian sempat mendapatkan beberapa kali facelift pada tahun 2008 dan 2009. Bagian atap dari mobil ini dibuat berundak agar tidak berisik ketika dihantam hujan. Desain bumpernya juga menjadi lebih dinamis, sementara grille-nya diubah menjadi model grille 3 garis yang lebih modern.

Karena ada banyak permintaan dari konsumen untuk menghadirkan pilihan transmisi otomatis pada Toyota Avanza tipe 1.3 G dan 1.3 E, akhirnya pihak Toyota pun merilis kembali dua tipe tersebut pada tahun 2010 dengan menghadirkan pilihan transmisi otomatis.

2. Toyota Avanza 2011 – 2014

Pada tahun 2011, generasi kedua Toyota Avanza akhirnya hadir. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang IIMS 2010. Toyota Avanza yang baru ini mendapatkan cukup banyak perubahan, dan karenanya generasi barunya ini disebut dengan nama Toyota All New Avanza.

Desain yang dimiliki oleh Toyota All New Avanza sebagai generasi kedua dari Toyota Avanza ini memang lebih dinamis dibanding generasi sebelumnya. Headlamp-nya berbentuk segitiga, bumpernya didesain ulang dengan desain yang lebih modern dan lekukan yang lebih tajam, grille-nya menyatukan lampu kanan dan kiri. Tidak hanya itu, stop lamp-nya pun berubah menjadi lebih lancip.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 02

Toyota All New Avanza ini dipasarkan dengan tiga tipe, yakni Toyota All New Avanza tipe 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 Veloz. Mobil tipe E dan G menggunakan mesin dengan kode mesin 1NR-FE, yang diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 95 HP pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 125 Nm di 4.000 rpm.

Sementara itu, Toyota All New Avanza varian Veloz menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE yang diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm. Toyota All New Avanza Veloz ini menawarkan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Toyota All New Avanza Veloz 1.5 memiliki ubahan pada penggunaan lampu multi reflector dan juga desain bumpernya yang lebih besar pada bagian air dam. Pada bagian interiornya, Toyota All New Avanza memiliki kabin yang didominasi warna hitam, serta dilengkapi dengan kontrol audio pada bagian setir.

Setelah itu, Toyota All New Avanza ini menghadirkan varian Luxury untuk tipe G dan Veloz. Tipe yang satu ini memiliki tambahan body kit baru untuk bagian bumper depan, bumper belakang, serta side skirt. Selain itu, pada bagian interiornya juga sudah menggunakan aksen kayu yang memberikan kesan mewah.

3. Toyota Avanza 2015 – 2019

Facelift terakhir dilakukan pada tahun 2015, diluncurkan dengan nama Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz. Facelift pada generasi kali ini memiliki cukup banyak ubahan. Mobil ini menggunakan lampu multi-reflektor baru, grille berdesain lebih tebal, serta bumper yang berbeda-beda untuk varian Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Sementara untuk bagian mesinnya sendiri tidak ubahan untuk Toyota Grand New Avanza.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 03

Tidak seperti Toyota Grand New Avanza, Toyota Grand New Veloz bukan hanya mempertahankan varian mesin 1.5 M/T atau A/T, tetapi juga memiliki varian mesin baru, yakni 1.3 M/T dan A/T. Model ini juga memiliki fitur yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan Toyota Grand New Avanza.

Fitur All New Toyota Avanza 2021

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 04

Bicara soal fiturnya, pihak Toyota memang belum memberikan keterangan resmi apapun terkait fitur yang akan dimiliki oleh All New Toyota Avanza 2021. Kabarnya, Toyota Avanza 2021 ini akan mengadopsi beberapa fitur baru yang dimiliki oleh Daihatsu DN Multisix dan mempertahankan beberapa fitur yang memang sudah ada pada Toyota Avanza generasi sebelumnya. Untuk mendapatkan gambaran tentang fitur apa saja yang kira-kira akan dimiliki oleh All New Toyota Avanza 2021, mari kita lihat fitur-fitur yang dimiliki oleh pendahulunya berikut ini.

Fitur Kenyamanan dan Kepraktisan Toyota Avanza

Untuk fitur infotainment, Toyota Avanza memang memiliki fitur yang dikatakan standar. Mobil ini mengandalkan sistem audio 2 DIN yang bisa digunakan untuk memutar CD, AM/FM Radio, serta dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti USB Port dan Bluetooth.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 05

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lainnya untuk menambah kenyamanan penumpang. Pengaturan AC-nya sudah digital, dan power outlet pun sudah tersedia. Setirnya pun sudah dilengkapi pengaturan posisi Tilt dan juga dilengkapi fitur power steering.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Toyota Avanza

Sekarang mari kita bicara soal fitur keselamatannya. Toyota Avanza ini dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif dan pasif yang cukup baik. Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dibekali dengan sistem pengereman Anti lock Braking System. Dan untuk mempermudah proses parkir, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir. Sayangnya, Toyota Avanza belum dilengkapi dengan rearview camera.

Toyota Avanza 2021 Segera Hadir, Sebelumnya, Simak Fitur-Fitur Yang Dimiliki Pendahulunya 06

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk semua penumpang, dan Dual SRS Airbags. Selain itu, generasi terbaru dari Toyota Avanza juga sudah dibekali dengan pengaturan kursi ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak. Sedangkan untuk fitur keamanannya sendiri, mobil ini hanya dilengkapi dengan sistem alarm standar.  

Meskipun belum ada keterangan resmi tentang spesifikasi lengkap maupun fitur apa saja yang akan dimiliki oleh Toyota Avanza 2021, tetapi banyak pecinta otomotif Tanah Air yang sudah tidak sabar menantikan kehadirannya. Mengingat mobil ini merupakan generasi terbaru, Toyota Avanza 2021 ini diharapkan untuk memiliki banyak fitur baru yang lebih canggih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru