window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa

Prasetyo · 20 Mei, 2022 10:01

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa 01

  • Toyota bZ4X sudah dipasarkan di Jepang.
  • Tetapi mobil listrik ini tidak bisa dibeli oleh konsumen individu.
  • Toyota bZ4X hanya bisa dinikmati lewat program Kinto.

Toyota bZ4X sudah rilis di Jepang 12 Mei 2022 lalu. Tetapi konsumen di Negeri Sakura itu siap-siap kecewa. Sebab ternyata Toyota tidak akan menjual bZ4X untuk pembeli individu.

Sebagai gantinya bZ4X bisa dinikmati melalui fasilitas Kinto. Ini adalah layanan berlangganan mobil-mobil Toyota dengan sistem kontrak sewa. Namun biaya yang dibebankan kepada penyewa sudah termasuk pajak, asuransi, dan biaya perawatan.

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa 02

bZ$X merupakan SUV crossover listrik pertama Toyota

Sehingga dengan kata lain, penyewa hanya tinggal menggunakannya dan isi bensin selama masa pakai kendaraan tersebut yang tercantum dalam perjanjian waktu sewa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dikutip dari Bestcarweb, Jumat (20/05/2022), Toyota memang sengaja melakukan ini. Karena pabrikan ingin mengumpulkan seluruh kendaraan khusus jenis BEV (Baterry Electric Vehicle) di tahun pertma peredarannya dengan sistem kontrak sewa. Ini guna memeriksa dan mengevaluasi kembali sistem BEV di kendaraan tersebut selama jangka waktu tertentu.

Baca juga : Toyota bZ4X 2023, SUV Compact yang Lebih Tangguh dari Hyundai Kona Electric

Memudahkan Konsumen Merepotkan Dealer

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa 01

Penyewa hanya tinggal isi baterai tanpa perlu memikirkan biaya perawatan

Selama ini setiap dealer membeli kendaran dari pabrikan untuk kemudian menjualnya kepada pembeli individu. Tentunya dengan mekanisme tersebut, dealer mendapatkan marjin keuntungan antara 10-20 persen yang dibebankan kepada harga jual kendaraan tadi ke konsumen.

Tapi dengan adanya sistem sewa ini diyakini akan membuat dealer kehilangan provit tersebut. Memang benar harga kendaraan yang disewa bisa sama dengan harga jual versi dealer. Namun dealer harus menanggung beban biaya perawatan berkala dan pajak kepada pihak KINTO. Kalau di total, biaya-biaya ini setara besarnya marjin dealer, sehingga keuntungan dealer hampir 0 persen.

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa 02

Interior Toyota bZ4X

Disisi lain, bagi konsumen sistem sewa dari Kinto cukup menguntungkan. Karena dengan harga sewa yang ditetapkan, mereka tidak perlu memikirkan lagi biaya perawatan bulanan. Bahkan ketika terjadi masalah dengan kendaraan, pihak Kinto akan memanggung biaya perbaikan dan mengganti unit lain jika masih dalam masa kontrak sewa. 

Baca juga : Toyota bZ4X Muncul di Bangkok International Motor Show 2022, Berikutnya ke Indonesia

KINTO Juga Ada di Indonesia

Toyota bZ4X Ternyata Tidak Dijual Umum, Cuma Boleh Disewa 03

Kinto jadi layanan yang disediakan TAM

Sistem Kinto bukan cuma ada di Toyota Jepang. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga memiliki program sewa seperti ini. Program KINTO sudah diluncurkan di Indonesia sejak 2019 lalu.

Hampir semua tipe mobil Toyota bsia disewa dengan program ini. Mulai dari Toyota Calya, Toyota Avanza, sampai Toyota Kijang Innova. Bahkan bukan cuma mobil baru, ada juga layanan Kinto One Ekonomis yang menawarkan unit bekas, tentu harga sewanya juga lebih murah.

Sistem langganan KINTO ini harus memilih paket jarak tempuh mobil dalam satuan puluhan ribu kilometer per tahun. Jadi bisa disesuaikan kebutuhan dan kebiasaan berpergian.

Baca juga : Toyota bZ4X Sudah Mendarat di Indonesia!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia