Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition

Joe · 14 Agu, 2020 16:41

 

Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition 01

Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition

Toyota memperkenal varian edisi spesial untuk merayakan ulang tahun yang ke-40 dari sedan mewahnya Toyota Camry di Negeri Sakura, Jepang.

Sedan mewah edisi spesial tersebut diberi nama Toyota Camry Black Edition.

Mobil ini menggunakan basis dari Toyota Camry generasi kedelapan yang diperkenalkan pertama kali secara global pada 2017 lalu.

Sedikit membahas sejarah Toyota Camry, generasi pertama mobil ini meluncur pada tahun 1980 atau tepatnya 40 tahun lalu.

Awalnya sih sedan buatan Toyota ini hadir dengan bentuk bodi mungil dan kompak.

Namun selama berjalannya waktu, ukuran Toyota Camry semakin lama semakin besar.

Tak hanya ukuran, kelasnya pun semakin lama semakin naik hingga saat ini menjadi sedan eksklusif lansiran merek berlogo tiga oval.

Bahkan saat ini, jika dikaitkan dengan keeksklusifannya, Toyota Camry merupakan salah satu model yang cukup memiliki kemiripan cukup banyak dengan mobil lansiran merek high-end Toyota yakni Lexus ES.

Untuk merayakan perjalanan Toyota Camry selama 40 tahun beredar di seluruh dunia, maka dari itu Toyota menghadirkan Toyota Camry edisi spesial dengan nama Black Edition ini.

Mobil sedan edisi spesial ini menggunakan basis dari generasi kedelapan Toyota Camry.

Sedikit informasi, Toyota Camry generasi kedelapan ini juga menjadi mobil pertama Toyota yang didapuk sebagai model pengusung desain sasis baru Toyota yang bernama Toyota New Global Architecture atau TNGA di pasar Indonesia.

Jika membahas edisi spesial, tentu ada beberapa hal yang membedakan Toyota Camry Black Edition dengan model biasa saja.

Dari eksterior, Toyota Camry Black Edition hadir dengan tiga pilihan warna yakni Precious Black Pearl, Platinum White Pearl Mica, dan Emotional Red II.

Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition 01

Untuk warna Precious Black Pearl merupakan warna single tone berkelir hitam metalik, sedangkan Platinum White Pearl Mica dan Emotional Red II menggunakan kelir two tone dengan adap berwarna hitam yang membuat sedan mewah ini terlihat sporty.

Kesan sporty tak hanya hadir dari warna saja, pelek yang digunakan Toyota Camry Black Edition.

Pasalnya Toyota Camry Black Edition menggunakan pelek dengan desain baru berukuran 18 inci dan berwarna hitam glossy yang sukses membuatnya terlihat semakin gahar.

Selain itu lampu depan dan belakang disematkan background black smoke serta grill bawahnya yang memperkuat kesan sportynya.

Ubahan tak hanya ada di bagian luar saja, segi interior pun mendapat sentuhan tersendiri untuk menegaskan bahwa mobil ini merupakan special edition.

Jika memasuki mobil kesan elegan yang biasanya terasa di interior mobil ini sekejap berubah menjadi sporty.

Hal tersebut berkat warna bahan kulit yang digunakan pada interior Toyota Camry Black Edition hadir dengan warna merah menyala sebagai pilihan.

Warna merah tersebut meliputi jok depan belakang dan kanan kiri, arm rest tengah, door trim, sampai beberapa bagian di dashboardnya.

Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition 02

Selain warna interior merah yang ngejreng, ada juga pilihan warna kulit hitam sebagai standar dan terasa lebih kalem.

Tak hanya tampilan, Toyota juga memberi peningkatan pada Toyota Camry Black Edition dengan fitur keselamatan terkini seperti Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Auto Brake, dan juga Parking Support Brake System.

Berbeda dengan eksterior dan interiornya yang mendapatkan sejumlah penyegaran, namun hal tersebut tak berlaku untuk urusan dapur pacu.

Toyota Camry Black Edition masih mengusung mesin hybrid berkode A25A-FXS yang berkubikasi 2.500 cc empat silinder segaris yang dibantu dengan motor listrik tunggal.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 178 PS dengan padanan torsi 221 Nm sama dengan Toyota Camry hybrid yang dijual di Jepang.

Toyota Camry Ulang Tahun ke-40, Tandai dengan Hadirnya Edisi Spesial Black Edition 03

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis delapan percepatan e-CVT ke roda penggeraknya.

Kalau soal roda penggerak ada dua pilihan drive train yang ditawarkan pada model spesial kali ini.

Toyota Camry Black Edition yang menggunakan roda penggerak depan 2 wheel drive atau 2WD dibanderol dengan harga 4.208.000 Yen atau sekitar Rp 584 jutaan. (Kurs 1 Yen=Rp 138,79 per 14 Agustus 2020)

Sedangkan Toyota Camry Black Edition dengan penggerak all wheel drive atau AWD E-Four harganya 4.406.000 Yen atau sekitar Rp 611,5 jutaan.
 

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru