Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition Punya Aura Balap yang Kental, Bisa Jadi Inspirasi Modif Nih!

Prasetyo · 7 Okt, 2021 08:07

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition secara mengejutkan dirilis di Thailand. Tentu saja ada tambahan sejumlah aksesoris baru pada mobil ini.

Menurut klaim pihak Toyota Motor Thailand Company Limited, Altis Nurburgring Edition merupakan model yang terinspirasi unit mobil balap yang sama dari Toyota Corolla Racing Thailand saat berlaga di Juni 2021. Kala itu tim Toyota berhasil memenangkan lomba ketahanan 24 jam Nurburgring di Jerman untuk dua tahun berturut-turut kategori production car.

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition 2021 -1

Mobil balap Corolla Altis

"Toyota Motor Thailand Co., Ltd. dengan bangga memperkenalkan paket aksesoris Nurburgring yang terinspirasi dari keberhasilan Corolla mengikuti kompetisi balap paling brutal di dunia dan dapat memenangkan kejuaraan 2 tahun berturut-turut," kata Surasak Suthongwan, Executive Vice President Toyota Thailand.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Toyota Allion 2021, Versi Mewah dari Toyota Corolla Altis 2021

Eksteriornya Lebih Agresif

Diberi nama resmi Toyota Corolla Altis Nurburgring Special Edition, sedan sport Toyota ini punya tampilan lebih agresif. Eskteriornya bukan hanya ditambahkan bodykit add-on, tapi keseluruhan bumpernya diganti.

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition 2021 -2

Pakai bodykit berdesain agresif

Lihat saja bagaimana pahatan-pahatan desain di bemper depan dibuat lebih tegas. Kemudian di bagian bawahnya juga ditambah under spoiler dengan warna hitam yang kontras. Lantas bagian gril juga mendapat ubahan yang kini terlihat makin tajam.

Sisi belakang juga tak luput dari perombakan. Lekuk bempernya berubah jadi lebih agresif serta ada tambahan under bumper spoiler dan rear diffuser baru. Tak lupa untuk edisi Nurburging ini, Altis juga mendapat spoiler kecil di atas bagasi.

Pakai Logo Khusus

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition 2021 -3

Logo khusus di atas spatbor depan kiri kanan

Untuk bagian sisinya, Altis edisi khusus ini ditambahkan pula sideskirt. Yang paling istimewa adalah keberadaan emblem "Corolla Altis Nurburgring 24" yang tertempel di dekat spatbor depan.

Emblem berentuk layout Sirkuit Nurburgring ini tentunya menjadi nilai tambah tersendiri mengingat betapa legendarisnya sirkuit balap tersebut.

Baca juga : Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM?

Mesin dan Pengendalian Setara Mobil Balap

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition 2021 -4

Pengendalian dan akselerasi lebih baik

Selain bagian depan dan belakang yang berubah agresif, ternyata Toyota juga melakukan racikan dari sisi teknik. Suspensinya kini sudah dipasang per sport yang membuat ketinggian mobil sedikit lebih rendah. Pada kondisi demikian juga sekaligus membuat pengendalian lebih cekatan dibanding Altis biasa.

Kemudian Toyota juga menambahkan Electronic Throttle Control baru. Alat yang tersambung dengan ruang mesin ini membuat respon throttle juga semakin optimal. Alhasil akselerasi pun semakin responsif.

Ada Dua Varian Mesin

Toyota Corolla Altis Nurburgring Edition 2021 -5

Bisa dipalikasikan ke semua tipe Altis 2021

Toyota Corolla Altis Nurburgring Special Edition hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama yang pakai mesin bensin 2ZR-FBE 1.8L Naturally Aspirated (N/A) berdaya 140 PS dengan torsi 177 Nm. Satu lagi varian yang pakai mesin hybrid 2ZR-FXE dengan tambahan motor listrik yang memiliki tenaga 122 PS dengan torsi 264 Nm.

Namun keduanya cuma datang dengan tipe transmisi CVT, padahal kalau opsinya transmisi manual pasti nuansa sportynya lebih menonjol. Meski begitu, kalau Anda pemilik Toyota Corolla Altis mau pakai bodykit Nurburgring ini, ternyata bisa dibeli terpisah.

Pihak Toyota Thailand menawarkannya dengan harga paket 42.000 Baht atau kira-kira setara Rp17,65 juta. Menariknya, karena ini aksesoris resmi yang dikeluarkan Toyota, maka ada garansi sampai 3 tahun atau 100.000 kilometer.

Wah bisa jadi inspirasi modifikasi Toyota Corolla Altis bergaya sporty nih!

Baca juga : Honda Civic 2022 Vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Unggul dari Segi Spesifikasi?

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Altis G AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru