Toyota Corolla Cross GR Sport Dirilis, Ini Daftar Komponen Barunya

Prasetyo · 14 Sep, 2021 10:04

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021

Toyota Corolla Cross GR Sport menjadi lini produk terbaru Toyota Gazoo Racing. Namun menariknya, Corolla Cross dengan imbuhan GR Sport ini bukan muncul di Jepang, Thailand, Malaysia, atau Indonesia. Tapi Taiwan yang dipilih sebagai pasar perdana.

Mungkin karena alasan populasi Toyota Corolla Cross di Cina yang cukup tinggi atau demi membetot perhatian konsumen di negara tersebut dari gempuran brand-brand lokal. Tetapi yang jelas sosok Corolla Cross GR Sport ini cukup menarik. Sebab ada banyak hal baru yang ditambahkan bukan hanya diberi tambahan emblem GR Sport.

Jadi Produk GR Sport Kedua di Taiwan

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -1

Tampilan mukanya lebih banyak ornamen hitam

Dipasarkan secara resmi oleh Hotai Motor, Toyota Corolla Cross GR Sport ternyata bukan varian GR Sport pertama di Taiwan. Sebelumnya juga sudah ada Toyota Corolla Altis GR sport yang dirilis tahun lalu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ada pun Toyota Taiwan menyediakan dua varian Corolla Cross GR Sport. Pertama yang menggunakan mesin bensin 1.8L, dan varian kedua berbasis Corolla Cross Hybrid.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -2

Harganya lebih murah dari Corolla Cross standar di Indonesia

Untuk harganya, Corolla Cross GR Sport dipasarkan mulai dari 875.000 NTW (New Taiwan Dollar) atau kira-kira setara Rp451 jutaan untuk varian terendah. Dan 945.000 NTW untuk yang varian hybrid yaitu setara kira-kira Rp487 jutaan.

Harga Toyota Corolla Cross di Indonesia
Tipe Harga
1.8 A/T Rp463.510.000
1.8 Hybrid A/T Rp521.480.000

Baca juga : Rating: Toyota Corolla Cross – Percaya Diri Dengan Andalkan Teknologi Hybrid

Fokus Pada Peningkatan Pengendalian

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -3

Per dan shock diganti

Berbeda dengan sederet model Toyota GR Sport di Indonesia yang lebih mementingkan visual, maka Toyota Taiwan lebih menekankan pada unsur peningkatan performa pengendalian. Itu pula yang terjadi di Altis GR Sport dan kini kembali diterapkan untuk Corolla Cross GR Sport.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -4

Sasisnya ditambahkan bracket

SUV comapct ini mendapatkan sejumlah perbaikan dalam hal suspensi. Misalnya per dan shock dipilih yang lebih rigid 30 persen dibanding varian standar. Kemudian rack steering juga di setting ulang. Serta pada sasis ditambah braket yang tujuannya juga biar lebih rigid.

Parasnya Banyak Berubah

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -5

Gril baru dengan nuansa hitam

Selain dari segi teknik, tampilan Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 juga mengalami cukup banyak ubahan. Paling kentara ada di bagian depan ketika Toyota mengganti bemper dari model ini.

Kemudian bentuk grilnya juga berubah yang sedikti mirip dengan Land Cruiser 200. Kemudian gril itu juga di beri warna hitam. Lantas sejumlah ornamen silver dan chrome juga diganti black gloss. Hanya menyisakan underguard di bemper depan, side skirt, dan bemper belakang yang berkelir silver.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -6

Cover spion juga hitam

Oh ya, bagian lampu belakang juga kini pakai mika bening. Serta untuk varian hybrid sudah pakai velg diameter 18 inci yang desainnya juga baru.

Baca juga : Hasil Uji Akselerasi 0-100 Km/jam Toyota Raize Lebih Cepat dari Toyota Corolla Cross Hybrid, Nggak Percaya?

Interior Serba Hitam

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -7

Headunit ada logo GR Sport

Jika melihat foto-foto bagian kabin Toyota Corolla Cross GR Sport, maka niansanya sama dengan model GR Sport lain yang sudah dipasarkan di sejumlah negara. Tema hitam masih mendominasi dan dibubuhkan sejumlah logo GR Sport.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -8

Banyak nuansa GR Sport di kabin

Misalnya tombol Start/Stop Engine yang sudah pakai logo GR Sport. Kemudian ketika pertama kali headunit diaktifkan juga muncul logo ini. Lantas embos GR Sport pun dipakai pada bagian headrest jok depan.

Mesinnya Tak Berubah

Toyota Corolla Cross GR Sport 2021 -9

Semoga juga masuk Indonesia

Karena ini adalah varian GR Sport bukan produk GR yang diracik khusus oleh Toyota, maka sektor mesin tak tersentuh ubahan. Corolla Cross GR Sport 2021 masih menggunakan mesin bensin 1.8L berdaya 140 PS dengan torsi 172 Nm. Sementara pada varian lain juga tetap memakai mesin 1.8L hybrid system.

Apakah model ini akan masuk ke Indonesia? Sangat mungkin mengingat poulasi Corolla Cross di dalam negeri juga cukup tinggi.

Bagaimana PT Toyota Astra Motor?

Baca juga : Toyota Corolla Cross 2022 di Jepang Sudah Pakai Atap Panoramic, Indonesia Juga Bakal Sama?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Cross Gasoline

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru