window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado

Evan · 27 Sep, 2021 20:16

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 01

Belum genap satu bulan setelah peluncuran Toyota Corolla Cross untuk pasar Jepang, sekarang telah muncul tiga foto teaser di beberapa media sosial yang menyiratkan bahwa mobil ini akan datang ke negeri Tirai Bambu pada bulan November tahun ini.

Corolla Cross yang dijual di Cina nantinya akan dibuat oleh GAC Toyota. Sebuah perusahaan joint venture antara Guangzhou Automobile Group Co. Ltd dengan Toyota. Beberapa model yang ada di pasar luar sudah dimasukkan oleh GAC Toyota, mulai dari Rav4, Highlander, hingga CH-R.

Bedanya di pasar Cina, Toyota melakukan perubahan eksterior dan interior untuk menyesuaikan selera konsumen disana, termasuk penggantian nama. Salah satu contoh mobil yang terkena rebadge adalah Toyota Rav4. Rav4 berubah nama jadi Wildlander dengan ubahan besar di sisi eksterior dan bagian interiornya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas bagaimana dengan Toyota Corolla Cross, akankah saam dengan yang baru saja dipasarkan di Jepang atau malah lebih mirip produk global termasuk yang di Indonesia? Mari kita bahas teasernya satu-persatu.

Baca juga : Ada Varian GR Sport, Toyota Foruner Kembali Asapi Pajero Sport

Tidak Pakai Nama Corolla Cross, Ada Warna Baru

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 01

Siluet sama seperti Corolla Cross namun dengan warna baru

Teaser pertama datang dari sisi bagian kanan samping eksterior mobil yang setengahnya tertutup pasir. Terlihat desainnya masih mengikuti Corolla Cross, tetapi dengan sedikit perbedaan pada tulisan Corolla di pilar C yang dihilangkan. 

Memang sengaja dihilangkan karena di mobil ini GAC Toyota mengganti nama dari Corolla Cross menjadi "Feng Landa", yang artinya adalah penggerak depan (Front Lander).  Hal ini menyiratkan bahwa mobil ini telah disesuaikan untuk konsumen Cina.

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 02

Bagian samping masih identik Corolla Cross

Selain nama yang terlihat pada teaser, warna juga menjadi salah satu pembeda dengan pasar jepang dan global. Warna keemasan seperti ini tidak dijual pada Toyota Corolla Cross versi Jepang maupun globalnya. Warna ini agaknya mirip dengan kepunyaan model Yaris Cross dan New Aqua terbaru, yaitu Brass Gold Metallic.

Lampu Depan ikut Versi Jepang

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 03

Lampu depan full LED dengan DRL

Jika di teaser pertama hanya menampilkan siluet mobil, di teaser kedua ini sudah mulai terlihat bagian fascia depan. 

Bagian lampu depan terlihat sama persis dengan model yang dijual di Jepang,  dengan empat lens LED Signature Lamp yang berfungsi sebagai Seamless Running Light, DRL yang membagi kedua housing atas dan bawah, serta penggunaan monocular Bi-beam LED.

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 04

Headlamp Corolla Cross versi Jepang

Belum lagi jika dilihat lebih teliti, bagian gril depan terkesan mengecil ditambah lekukan di dekat bemper berbentuk trapesium yang sangat mirip dengan Corolla Cross spesifikasi Jepang. Garis-Garis tegas pada kap mesin juga tetap ada di versi Cina ini.

Baca juga: Canggih Mana? Honda Sensing di Honda BR-V 2022 vs TSS milik Toyota Raize GR Sport

Pakai Emblem Toyota, Ada Fitur Kamera 360

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 05

Ada kamera 360 yang justru hilang di versi global

Teaser ketiga masih soal tampilan depan, tetapi lebih mengarah ke bagian tengah dan khususnya menyorot pada bagian emblem. Nantinya model ini akan menggunakan emblem triple elips normal, tidak seperti Corolla Cross di Jepang yang memakai huruf C sebagai identitas keluarga Corolla.

Warna emblem juga hitam, yang menunjukkan GAC Toyota akan menghadirkan pilihan mesin bensin sebagai standar.

Toyota Corolla Cross Sebentar Lagi Meluncur di Cina, Berubah Nama Speknya Gado-gado 06

Versi Jepang, pakai emblem Corolla C

Hingga kini belum pasti apakah mesin Hybrid 2ZR-FBE berkapasitas 1.800cc dengan bantuan motor listrik akan ikut dijual, mengingat salah satu kesamaan versi Jepang dan global adalah soal dapurpacunya.

Salah satu fitur baru tampaknya akan hadir dalam bentuk kamera 360 derajat. Bisa dilihat dari teaser ketiga ada sebuah kamera kecil yang tersembunyi pada motif gril bawah dan menghadap kedepan untuk memantau area sekitar ketika sedang parkir.

Dari ketiga foto teaser diatas, besar kemungkinan GAC Toyota akan menggunakan basis milik Corolla Cross versi Jepang, dengan sedikit perubahan di beberapa bagian, termasuk juga namanya.

Baca juga: Hyundai Stargazer 2022 Sudah Mendarat di Bandung, Ada Indikasi Pakai Fitur Setara Staria Buat Lawan Avanza Baru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil