Toyota Corolla Hatchback Didaftarkan di Vietnam, Apakah Akan Memulai Debut di ASEAN?

Dhoni · 21 Jan 2021 08:00

Tahun 2020 lalu, bersamaan dengan model-model yang memang di jual di Vietnam, Toyota juga meregistrasi beberapa model Toyota lainnya yang berbeda. Laporan yang dikutip oleh autopro.com.vn, beberapa model baru yang didaftarkan termasuk Toyota Yaris (model AS), Toyota Corolla Altis, Toyota Yaris Cross, Toyota RAV4 dan Toyota Corolla Hatchback.

Toyota Corolla Hatchback telah didaftarkan di Vietnam

Memang belum ada kepastian dari pihak Toyota di Vietnam apakah model-model tersebut akan dijual atau tidak, namun Toyota hanya memastikan bahwa model-model tersebut sudah terdaftar di Vietnam. Menjadi menarik karena beberapa model memang sudah dipasarkan di beberapa negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia, Indonesia dan Thailand, namun ada juga model yang akan menjadi hal baru di wilayah ASEAN.

Debut Toyota Corolla Hatchback di ASEAN

Model paling menarik tak dapat dipungkiri adalah kehadiran Toyota Corolla Hatchback. Pasalnya sosok Toyota Corolla Hatchback yang didaftarkan merupakan versi sama seperti yang dipasarkan di benua Eropa, Jepang, Australia dan Amerika Serikat. Jika memang kemudian dipasarkan di Vietnam, maka ini akan menjadi debut Corolla Hatchback di ASEAN dan pasti akan dinantikan di negara-negara tetangganya, termasuk Indonesia.

Toyota Corolla Hatchback menjadi salah satu model Corolla unggulan di Eropa dan Amerika Serikat. Generasi ke-12 Corolla ini telah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) dengan berbagai peningkatan teknis di balik badannya. Untuk jantung pacu, di Eropa mobil ini mendapatkan mesin bensin 1,2 liter dengan turbocharger serta mesin 1,8 liter bensin-hybrid layaknya milik Toyota Prius.

Toyota Corolla Hatchback versi limited Edition

Sementara di AS, Toyota Corolla Hatchback tersedia dengan mesin 2.0L 4-silinder dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis CVT. Kehadiran Corolla Hatchback akan menjadi menarik, mengingat di pasar Asia Tenggara juga telah hadir rivalnya yaitu Mazda3 dengan varian yang sama, sedan dan juga hatchback.

Toyota Yaris dan Yaris Cross

Toyota Yaris Cross versi Hybrid

Selain Toyota Corolla Hatchback, pihak Toyota juga telah mendaftarkan tipe Toyota Yaris serta Toyota Yaris Cross di negara tersebut. Untuk Toyota Yaris Cross merupakan model teranyar dari Toyota dan baru hadir di Jepang, dan di wilayah ASEAN, Toyota Yaris telah dijual di Singapura. Di negara pulau ini, Yaris Cross ditawarkan dengan jantung pacu hybrid.

Yang unik, model Toyota Yaris yang ditawarkan adalah model Yaris yang dijual di AS. Memang sebelumnya, Toyota Yaris yang diimpor dari AS ini juga sempat masuk ke pasar Vietnam melalui para importir umum. Generasi Yaris terbaru ini di telah menggunakan platform TNGA-B dengan berbagai fitur terbaru termasuk Toyota Safety Sense.

Toyota Corolla Altis dan Toyota RAV4 

Toyota RAV4 yang akan segera hadir di Vietnam

Model lainnya yang juga akan hadir di Vietnam adalah Toyota Corolla Altis 2021 dan Toyota RAV4 2021. Sebenarnya Toyota Corolla Altis dikabarkan akan masuk pada 2020, namun hingga saat ini belum terlihat di Vietnam. Sedangkan Toyota RAV4 versi terbaru telah hadir di Vietnam. Namun seperti halnya Toyota Yaris, kehadiran Toyota RAV4 terbaru di Vietnam berkat importir pribadi sehingga jumlahnya masih sangat sedikit. Untuk harga yang ditawarkan importir, Toyota RAV4 dibanderol sekitar Rp150 juta.

Lalu, model apakah yang paling memungkinkan hadir di Indonesia? Seperti halnya negara di ASEAN lainnya, rasanya konsumen otomotif di Tanah Air pun akan menyambut antusias kehadiran Corolla Hatchback di sini. Seperti kita ketahui, di pasar Indonesia, pesaing kuat Toyota Corolla, yaitu Honda Civic juga memasarkan dua tipe bodi yaitu Civic sedan dan hatchback. Yang terbaru, Mazda juga turut meramaikan pasar medium sedan ini dengan Mazda3 sedan dan hatchback. Dan bagi Toyota, rasanya segmen ini akan menjadi salah satu segmen yang masih memiliki potensi pasar yang besar dengan bermodalkan citra merek mereka. 

Komentar

Mobil Terbaru