Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia

Evan · 23 Sep, 2021 12:00

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 01

Ternyata demam mobil Wagon alias Estate tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara lain semisal Jepang. Mengingat Toyota Corolla Touring saat ini menyumbang lebih dari 40 persen bagi total penjualan keluarga Corolla di negara tersebut.

Penjualan model Toruing bahkan mengalahkan tipe sedan dan hatchback yang masing-masing menyumbang 18 dan 15 persen. Toyota Corolla Touring juga mencatatkan penjualan rata-rata sekitar 3.700 unit per bulan dari Januari hingga Agustus 2021, menggeser Subaru Levorg dari tahta mobil wagon terlaris Jepang.

Dengan kesuksesan ini rasanya sangat pantas jika Corolla Touring juga dijual di Indonesia.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Penjualan Toyota Veloz GR Limited Terseok, Avanza 2022 Lebih Ditunggu

Bodi Kompak dan Banyak Pilihan Mesin

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 01

Corolla Touring punya bodi cukup kompak

Corolla Touring merupakan wagon kompak yang ukurannya tidak telalu besar. Dengan panjang dibawah 4.500 mm dan lebar hanya 1.747 mm tentunya sangat membantu ketika bermanuver di kota-kota besar.

Tingginya total juga kurang dari 1.550 mm, meningkatkan stabilitas berkendara di kecepatan tinggi layaknya sebuah sedan. Belum lagi radius putarnya yang tergolong kecil hanya 5,3 meter, membuat parkir maupun pada saat putar balik menjadi lebih mudah.

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 02

Ada pilihan mesin 1.8 Hybrid yang irit namun bertenaga

Toyota memberikan tiga jenis pilihan mesin pada Corolla Touring. Mulai dari 1.2-liter turbo bertenaga 118 PS dan torsi maksimum 185 Nm. Lalu ada 1.8-liter N/A yang menghasilkan 124 PS dan torsi 142 Nm. Serta mesin 1.8L Hybrid dengan output gabungan 195 PS dan torsi mesin 305 Nm.

Tenaga kemudian diteruskan ke dua pilihan transmisi, manual 6 percepatan atau otomatis CVT. Semua Corolla Touring hadir dengan penggerak roda depan, kecuali pada versi hybrid.

Baca juga : Sebentar Lagi Dirilis, Segini Perkiraan Harga All New Toyota Avanza - Daihatsu Xenia 2022

Harga Murah dan Kabin Lapang, Pas Bagi Keluarga Muda

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 03

Tipe S merupakan varian termurah

Corolla Touring S dengan mesin 1.8 N/A hadir sebagai varian terrendah. Tipe ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Collision Damage Mitigation Brakes, Adaptive Cruise Control, Side and Curtain Airbag, Display Audio, dan pelek aluminium berukuran 16 inci dibanderol sebesar 2.216.500 Yen atau sekitar Rp287 jutaan.

Termasuk sangat murah apalagi jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya seperti Subaru Impreza Sport 2WD 2.0il EyeSight dengan banderol 2.244.000 yen atau sekitar Rp291 jutaan.

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 04

Punya bagasi super lapang

Belum lagi ketika berbicara soal kabin Corolla Touring yang termasuk lapang di kelasnya guna menampung lima penumpang dengan nyaman sambil membawa banyak barang. Kompartemen bagasi yang besar tentu menjadi kelebihan utama sebuah wagon.

Bisa Jadi Incaran Kolektor

Toyota Corolla Touring Jadi Mobil Wagon Paling Laris di Jepang, Cocok Dibawa ke Indonesia 05

Sebuah Toyota yang sporty

Toyota identik dengan kendaraan yang membosankan dan pengendaraan kurang sporty. Tetapi lewat Corolla Touring, pabrikan asal Jepang ini justru membuktikan bahwa brand mereka mampu untuk menjual kendaraan yang tidak hanya memiliki pengendalian sporty, tetapi juga dalam bentuk Wagon keren.

Memang mobil ini bukan untuk semua orang, tetapi khusus car enthusiast yang mendahulukan sisi fungsionalitas dengan tidak menghilangkan kesenangan berkendara khas sedan dalam bentuk sebuah wagon. 

Soal laku atau tidak, jawaban ini baru bisa terjawab apabila mobil sudah mulai dijual di Tanah Air. Namun kalau berkaca dari BMW 320i M Sport Touring yang laku keras, seharusnya ada celah pasar untuk jenis wagon dan sekarang justru semakin bertumbuh.

Baca juga : Review Toyota Rush TRD Sportivo: Paling Laris Tak Berarti Paling Sempurna

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Altis G AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru