Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April?

Dhoni · 21 Apr, 2021 14:15

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menjadi mobil yang paling dinantikan kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Informasi terbaru dari Toyota dan Daihatsu menyebutkan bahwa mereka akan berkolaborasi pada 28 April 2021 mendatang sesuai dengan undangan yang diterima tim redaksi Autofun Indonesia. Apakah ini berarti juga akan ada peluncuran Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April? 01

Peluncuran Toyota Raize & Daihatsu Rocky diperkirakan pada 28 April, Bisa Mulai dipesan di IIMS 2021 (image)

Dalam undangan tersebut, Daihatsu dan Toyota akan mengadakan acara bersama secara virtual dengan tajuk ‘Toyota & Daihatsu Collaboration – Sinergi Untuk Negeri’ pada hari Rabu, 28 April 2021. Meski belum mengungkapkan rencana peluncuran produk, namun bisa saja acara ini merupakan acara memperkenalkan kolaborasi  terbaru mereka dalam menghadirkan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sebagaimana mereka kerap lakukan jika memperkenalkan produk kembarnya.

Seperti kita ketahui, sebelumnya, Toyota dan Daihatsu selalu memperkenalkan produk-produk hasil kolaborasinya pada hari yang sama, mulai dari Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, Daihatsu Terios dan Toyota Rush, hingga kedua pasangan LCGC-nya. Yang menarik, kedua model tersebut telah dapat dipesan saat pelaksanaa Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, baik di booth Toyota maupun Daihatsu.

Baca juga: Siap Hadir di Indonesia, Ini Cikal Bakal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April? 02

Daihatsu Rocky Resmi meluncur April 2021

Toyota Raize & Daihatsu Rocky Hadir di Indonesia

Sementara informasi lain yang kami peroleh, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diperkirakan akan mulai dipasarkan di Indonesia pada 30 April 2021. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang tenaga penjual Daihatsu kepada kami, "(Daihatsu) Rocky akan meluncur pada akhir April ini, dan sekarang juga sudah bisa dipesan," ujarnya di sela-sela penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021.

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah seorang tenaga penjual Toyota, bahkan sebelum IIMS Hybrid 2021 berlangsung. "Toyota Raize sudah siap dijual, perkiraannya pada akhir April ini atau awal Mei. Dan sudah pasti dapat diskon PPnBM," ujarnya di Bandung. 

Untuk harga Daihatsu Rocky diperkirakan akan dimulai dari Rp181 juta hingga Rp234 juta, sementara Toyota Raize dibanderol Rp194 juta – Rp264 juta. Banderol angka tersebut belum termasuk diskon PPnBM ya.

Baca juga: Punya Uang Rp250 Juta, Mending Beli Toyota Raize 2021 Atau Toyota Avanza 2021?

Rocky & Raize Andalkan mesin 1.0 L Turbo lebih Efisien

Sesuai dengan data yang tercantum dalam NJKB & Dasar pengenaan pajak oleh Kemendagri, maka Daihatsu Rocky akan hadir dalam pilihan mesin 1.0 L dan 1.2 L, begitu pula dengan Toyota Raize. Untuk mesin dengan kode 1.0 L menjadi varian tertinggi dari setiap line up Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize.

Mesin 1.0 L merupakan mesin dengan kapasitas 1.000 cc yang dijejali Turbo sehingga tenaga yang dihasilkan dapat mengalahkan mesin 1.2L. Bahkan secara tenaga, mesin 1.0 L turbo dapat mengungguli kemampuan dari mesin 1.5 L seperti milik Toyota Avanza.

Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April? 03

Toyota Raize resmi diluncurkan April 2021

Secara tenaga yang dihasilkan dari mesin 1.0 L Turbo dapat mencapai 98 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm diputaran 2.400 hingga 4.000 rpm. Dengan kemampuan tersebut, membuat harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang menggunakan mesin 1.0L lebih tinggi.

Baca juga: Jelang Peluncuran Resmi, Daihatsu Rocky Kepergok Tes Jalan di Bandung

Fitur keselamatan pada Daihatsu Rocky & Toyota Raize

Sedangkan untuk fitur yang sangat dinantikan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah sistem keselamatan aktif. Untuk Toyota tentu mengandalkan Toyota Safety Sense (TSS), sementara Daihatsu hadir dengan Smart Drive Assist.

Fitur keselamatan tersebut meliputi: Blind Spot Monitoring. Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Erroneous Start Prevention Function dengan Braking Control, Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Parking Sensor, Smart Panorama Parking Assist, Dynamic Torque Control 4WD, ABS + EBD dan Airbags.

Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April? 04

Daihatsu Rocky dipastikan hadir pada akhir April 2021

Tentu dengan berbagai fitur keselamatan yang telah tersemat pada Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize dapat menjadi pertimbangan untuk meminang SUV compact pada IIMS Hybrid 2021. Paling tidak, selama ajang tersebut akan tersedia banyak diskon dan program promo lainnya.

Jadi, jika Anda tertarik membeli Toyota Raize atau Daihatsu Rocky, jangan sampai ketinggalan!

Baca juga: Adu Teknologi Keselamatan Aktif Daihatsu Rocky vs Toyota Raize 2021, Walau Kembar Tapi Beda Canggih

Komentar