Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat

Prasetyo · 15 Jun, 2022 08:08

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 01

  • Seperti inilah cikal bakal Toyota FJ Cruiser versi listrik.
  • Basisnya dari Compact Cruiser EV yang sudah dipamerkan Desember 2021.
  • Dimensinya lebih kecil dari Toyota FJ Cruiser saat ini, dan siap lawan Suzuki Jimny.

SUV Toyota FJ Cruiser sepertinya akan segera muncul dalam wujud kendaraan listrik (EV). Ini tentu kelanjutan dari rencana Toyota untuk mengeluarkan setidaknya 15 mobil listrik yang telah diumumkan pada Desember 2021.

Saat itu satu diantara mobil listrik Toyota yang datang dalam wujud konsep adalah Compact Cruiser EV. Meskipun penamaannya berbeda, namun garis-garis desain mobil konsep tersebut mengingatkan pada sosok Toyota FJ Cruiser.

Jadi apakah ini calon Toyota FJ Cruiser versi listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga : 5 Mobil Listrik yang Siap Masuk Indonesia Tahun Depan, Pilih yang Mana?

Compact Cruiser EV Sabet Predikat Desain Mobil Konsep Terbaik 2022

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 01

Gambar resminya baru dirilis Toyota

Gambar resmi dari Compact Cruiser EV baru saja dirilis Toyota. Dan dilansir dari Creative Trend, Rabu (15/06/2022), Toyota juga telah memenangkan Concept Vehicle Car Design Award 2022 untuk Compact Cruiser EV. 

Desain tersebut dianggap unik dan menarik serta punya karakter menyenangkan. Dari luar terlihat seperti mobil listrik pada umumnya, namun punya kemampuan off-road. Sehingga ini jadi daya tarik tersendiri bagi juri menilai Compact Cruiser EV.

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 02

SUV listrik berdesain unik

Selain Toyota, ada beberappa mobil lain yang juga memenangkan penghargana yang serupa. Antara lain DS E-Tense Perfomance, Polestar 02, Porsche Mission R, Volvo Concept Recharge, dan Lexus Electrified Sport.

Wariskan Karakter Toyota FJ Cruiser

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 03

Dimensinya lebih kecil dari FJ Cruiser

Compact Cruiser EV merupakan hasil desain tim Toyota European Design Development Center di Nice, Perancis. Pada dasarnya foto resmi yang baru dimunculkan ini sama dengan gambar yang pernah diumumkan pabrikan akhir tahun lalu.

Tim desainer pun mengaku kalau saat membuat desain mobil konsep tersebut terinspirasi dari Land Cruiser klasik. Sehingga ada karakter mobil off-road yang tangguh, berotot, dipadukan dengan desain futuristik. Alhasil wujudnya menjadi FJ Cruiser yang retro namun futuristik.

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 04

Bakal jadi SUV off-road tanpa bensin

Baca juga : Raih 5 Bintang di ANCAP, Toyota Land Cruiser 2022 Dinobatkan Sebagai Mobil Pertama Teraman di Indonesia Tahun Ini

Bahkan para desainer ini menegaskan kalau Compact Cruiser akan diadopsi sebagai Toyota FJ Cruiser versi listrik untuk model produksi massal. Bentuknya berubah jadi kompak? Tidak masalah!

Ditujukan Buat Anak Muda yang Gemar Berpetualang

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 05

Siap mengakomodir para penyuka petualang

Rincian mengenai spesifikasi teknisnya belum diungkap. Termasuk apakah akan menggunakan platform E-TNGA atau platform yang sama sekali baru. Satu hal yang pasti dilakukan Toyota adalah EV ini akan memiliki kemampuat off-road yang cukup mumpuni sebagaimana sang legenda Toyota Land Cruiser.

Untuk interiornya juag belum diungkap. Tapi dari cuplikan video yang dipamerkan Toyota, terlihat jika Compact Cruiser EV akan dilengkapi layar besar. Monitor ini terbagi dua untuk panel instrumen di sisi pengemudi, dan sistem infotainment.

Toyota FJ Cruiser Versi Listrik Segera Jadi Kenyataan, Suzuki Jimny Dapat Lawan Berat 06

Interior Toyota Compact Cruiser EV

Selain itu Toyota juga fokus pada anak muda yang ingin menikmati petualangan di alam namun menginginkan kendaraan listrik. "Setelah kesan pertama dengan mobil listrik sudah lewat, maka saatnya orang akan menginginkan mobil listrik yang bisa mengekspresikan gaya hidup mereka. Dan Compact Cruiser Ev adalah contoh sempurna untuk tren tersebut," kata Simon Humphreys, Senior General Manager Toyota Design.

Jika benar mobil ini cikal bakal Toyota FJ Cruiser EV, maka Suzuki Jimny akan punya saingan berat.

Baca juga : Perbandingan Toyota Land Cruiser 200 vs Land Cruiser 300, Versi Lama Jadi Andalan Jokowi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru