Toyota GR 86 2021 Resmi Meluncur, Mesin Lebih Ringan dan Beringas!

Dhoni · 5 Apr, 2021 18:00

Toyota GR 86 secara resmi telah mengawali debut perdananya yang digelar secara online oleh Toyota Gazoo Racing bersama Subaru Corporation pada hari ini (05/04). Kehadiran Toyota GR 86 melengkapi line up mobil sport dari Toyota Gazoo Racing yang sebelumnya terdapat Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris.

Toyota GR 86 Awali Debut Awal untuk pasar Global

Toyota GR 86 hadir mengunakan velg 18 inci dan rencananya baru akan diluncurkan untuk pasar Jepang pada pertengahan tahun 2021.

Toyota GR 86

Kehadiran Toyota GR 86 merupakan hasil pengembangan para insinyur Toyota yang bertujuan mewujudkan impian dan kesenangan dalam berkendara. Sejak lama, keluarga 86 ini yang telah dikenal menjadi mobil sport bagi pelanggannya. Dengan sistem penggerak roda belakang, Toyota 86 dapat memberikan sensasi bagi penggunanya.

Toyota 86 telah diluncurkan sejak tahun 2012 dan telah digunakan pada berbagai ajang motorsport seperti reli, one-make race, gymkhana. Hingga saat ini, Toyota 86 telah terjual sebanyak 200.000 unit mobil di seluruh dunia.

Antara Toyota GR 86 dan Subaru BRZ ialah merupakan hasil kolaborasi Toyota Gazoo Racing (TGR) dan juga Subaru. Walau mengunakan dasar yang sama, tetapi dapat dipastikan kedua perusahaan membekali setiap mobilnya dengan ciri khas yang berbeda. Keduanya seperti bersaing dalam memberikan kemampuan yang diunggulkan bagi pelanggannya.

Toyota GR 86 dan Subaru BRZ

Dengan kenyataan tersebut, Toyota GR 86 diklaim memberikan sensasi berkendara yang unik. Toyota GR 86 dirancang khusus untuk memenuhi unsur motorsport sehingga memiliki performa berkendara yang tinggi dan tentunya dapat memuaskan pelanggannya.

Tampilan belakang Toyota GR 86

Kerjasama Toyota dan Subaru dalam bisinis terbaru dan sebagai aliansi telah dimulai pada September 2019. Keduanya memiliki komitmen bersama dalam menghadirkan mobil yang lebih baik.

Toyota GR 86 maupun Subaru BRZ bukan sekedar contoh dari aliansi ini. Mobil ini baru menjadi langkah awal untuk pengembangan kendaraan performa tinggi. Kedua perusahaan ini dipastikan akan mengembangkan dan menghadirkan mobil dengan performa lebih baik lagi.

Pesona Toyota GR 86 2021, Sang Mobil Sport Daily Use 

Toyota GR 86

Kehadiran Toyota GR 86 2021 merupakan perpaduan dari desain eksterior dan interior yang memberikan performa tinggi dengan keindahan berfungsional.

Eksterior Toyota GR 86

Tampilan aerodinamis dari Toyota GR 86 tidak sekedar memberikan kesan mobil sport bermesin depan dengan sistem gerak roda belakang. Gril dengan GR-specific Functional MATRIX meningkatkan tampilan racy dan tentu saja memiliki fungsional yang baik dari sisi aerodinamika maupun pendinginan mesin.

Model gril Toyota GR 86

Bagian bawah Toyota GR 86 yang mendatar dan mengecil di bagian kabin belakang dapat meningkatkan titik gravitasi lebih rendah dan melebar di seluruh bodi mobil.

Interior Toyota GR 86

Interior Toyota GR 86

Ruang yang cukup lega dapat dirasakan oleh pengemudi berkat penempatan beragam panel instrument pada dashboard Toyota GR 86 yang ergonomis . Posisi tersebut dapat membuat pengemudi tetap berkonsentrasi dalam merasakan sensasi performa mobil.

Toyota GR 86 mengunakan layar TFT 7 inci dengan animasi awal sebuah gambar pergerakan piston dari mesin GR 86 yang dapat memberikan kesenangan, padahal mobil belum mulai berjalan.

Performa Toyota GR 86

Toyota GR 86 2021 mengandalkan mesin 4 silinder terbaru 2,4 L Direct fuel injection dan port injection system TOYOTA D-4S. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 235 PS pada putaran 7.000 rpm dengan torsi sebesar 250 Nm di putaran 3.700 rpm. Rpm maksimal pada Toyota GR 86 sebesar 7.400 rpm.

Mesin Toyota GR 86

Mesin yang digunakan pada Toyota GR 86 diklaim memiliki bobot yang lebih ringan, walau secara kapasitas mesin lebih meningkat. Untuk akselerasi, Toyota GR 86 2021 dapat menyentuh 6,3 detik dari titik 0 ke 100 km/jam.

Dimensi Toyota GR 86

Secara dimensi, Toyota GR 2021 tidak terlalu berbeda dibanding versi sebelumnya. Namun untuk ketinggian dan titik tumpu telah mengalami penurunan untuk menurunkan pusat gravitasi. Tentu saja kemampuan cornering Toyota GR 86 menjadi lebih baik sehingga kelincahan tetap dapat diperoleh.

Dimensi Toyota GR 86 2021
Panjang 4.265 mm
Lebar 1.775 mm
Tinggi 1.310 mm
Wheelbase 2.575 mm
Front Track 1.520 mm
Rer Track 1.550 mm
Ground Clearance 130 mm
Berat 1,270 kg

Titik gravitasi dari Toyota GR 86 yang semakin rendah juga diperoleh dari penggunaan bahan alumunium pada bagian atap mobil. Selain itu, dalam pengurangan bobot untuk meningkatkan gravitasi, beberapa bagian seperti spakbor alumunium, jok depan hingga muffler telah mendapatkan ubahan.

Kekakuan body pada Toyota GR 86 juga telah melangalami peningkatan sebesar 50% dibanding versi sebelumnya. Tentunya mobil lebih stabil sehingga dapat meningkatkan performa mobil dalam kondisi apapun, termasuk saat digunakan didalam kota.

Aerodinamis Toyota GR 86 Terinspirasi Dari Motor Balap 

Unsur Aerodinamis Toyota GR 86

Dalam model terbaru Toyota GR 86, unsur aerodinamis cukup tinggi seperti pada saluran keluar udara, spoiler samping hingga bagian lainnya yang meningkatkan respon hingga stabilitas kemudi.

Toyota GR 86 Sangat Aman dan Nyaman 

Dapat dikatakan Toyota GR 86 merupakan mobil sport yang aman dan nyaman. Hal ini dapat dilihat pada Toyota GR 86 AT yang telah menggunakan Driver Assist Technology - Subaru's EyeSight. Sistem teknologi keselamatan komprehensif ini memberikan dukungan keselamatan selama berkendara. Kemampuan teknologi pre-collision safety dapat menghindari maupun mengurangi dampak tabrakan. Dan juga memberikan bantuan dalam keadaan darurat mapun menghindari tabrakan kelanjutan dalam sebuah kecelakaan.

Toyota GR 86 2021

Harga Toyota 86 di Indonesia

Untuk harga Toyota 86 di Indonesia dimulai dari banderol Rp783 juta hingga Rp850 juta, tersedia dalam varian Toyota new 86 M/T, Toyota new 86 A/T dan Toyota new 86 A/T TRD. Dengan harga tersebut, Toyota 86 termasuk sebagai salah satu satu mobil sport premium. Dan cukup menarik perhatian dengan kemampuannya hasil perpaduan dari Toyota Gazoo Racing dan Subaru BRZ.

Kira-kira Toyota GR 86 2021, kapan akan hadir di Indonesia ya?

 

 

Komentar