window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa

Prasetyo · 3 Mei, 2022 14:09

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa 01

  • Toyota GR Supra manual menggunakan gearbox 6 percepatan.
  • Teknologi transmisinya disebut iMT.
  • Toyota GR Supra 2023 ini lebih ringan bobot keseluruhannya.

Setelah digosipkan bakal hadir, Toyota akhirnya secara resmi telah meluncurkan GR Supra bertransmisi manual. Ya, selama ini GR Supra hanya ada dalam pilihan transmisi otomatis. Namun rupanya akibat desakan para petrolhead, Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota mempertimbangkan opsi gearbox manual di GR Supra.

Tentunya ini menjadi mimpi indah para car enthusiast terutama penyuka tiga pedal. Lantaran selain GR Supra, Toyota GR Yaris juga hadir dengan transmisi manual.

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa 02

Pasar AS yang pertama menikmati Toyota GR Supra 2023

Menurut sebagian orang, transmisi manual akan memberikan sensasi berkendara lebih agresif, dan karakter ini cocok dikombinasikan mesin buas racikan Toyota Gazoo Racing.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia?

Spesifikasi Toyota GR Supra Manual

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa 01

Buat penyuka tiga pedal

Sejak 2021, Toyota GR Supra sudah menggunakan mesin bensin 3.0-liter straight-six yang didukung sistem turbocharged. Mesin ini lantas dikombinasikan transmisi otomatis 8 percepatan.

Namun mulai sekarang, GR Supra menggunakan gearbox manual terbaru dengan teknologi intelligent Manual Transmission (iMT). 

Pakai Teknologi Gearbox Canggih

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa 02

Dibeklai transmisi pintar

Teknologi iMT pada Toyota Supra manual ini menurut Toyota sudah merekayasa parameter untuk perpindahan gigi ke atas demi mengoptimalkan torsi mesin pada saat pedal kopling dilepas.

Sementara pada saat downshifting, torsi juga dijaga agar tidak terlalu berlebihan namun pergeseran gigi dibuat mulus serta sesingkat mungkin. Uniknya fitur iMT ini bisa dinonaktifkan manakala pengemudi mau melakukan kendali lebih agresif secara personal.

Kemudian rasio final gear pada GR Supra manual juga lebih pendek dibanding yang diterapkan pada gearbox otomatis. Racikan ini disebut-sebut bisa menghasilkan respon lebih cepat saat berakselerasi.

Baca juga : Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia

Pakai Velg Lebih Ringan

Toyota GR Supra 2023 Akhirnya Punya Pilihan Transmisi Manual, Teknologinya Gak Biasa 03

Velg 19 inci berspek forged

Dari sisi kosmetik, Toyota GR Supra 2023 yang transmisi manual ternyata juga memiliki perbedaan dari versi transmisi otomatisnya. Yaitu disematkan velg 19 inci berspesifikasi forged.

Selain desainnya yang berbeda, velg ini juga 1,2 kg lebih ringan dari yang tipe transmisi otomatis. Alhasil secara bobot keseluruhan, Toyota GR Supra manual juga lebih ringan dari yang matik.

Baca juga : Replika Toyota GR Supra Lego Ini Mirip Banget Aslinya, Bisa Dibawa Ngebut Juga!

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Supra ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Supra 3.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil