Toyota GR Yaris di Indonesia Disebut Sudah Ludes Terjual Sebelum Peluncuran, Apa Sih Istimewanya?

Enda · 17 Feb 2021 17:30

Masuk dalam anggota keluarga Gazoo Racing (GR), sebagai hot-hatch Toyota GR Yaris dikabarkan akan datang dengan jumlah unit yang terbatas. Toyota GR Yaris ini terlahir dari dari liarnya balapan rally dan kerasnya lintasan off road World Champion Rally (WRC).

Dengan ketangguhan serta keganasan yang dimilikinya, Toyota global berencana hanya mempersembahkan hot-hatch ini sebanyak 25.000 unit di seluruh dunia. Diproduksi secara terbatas, Indonesia disebut-sebut mendapat jatah sebanyak 125 unit Toyota GR Yaris, meskipun hal ini masih belum dikonfirmasi kepada PT Toyota Astra Motor selaku APM Toyota di Indonesia. Namun, hatchback berbasis mobil rally ini dipastikan akan mengaspal di Indonesia pada tahun 2021 ini.

Menurut informasi yang didapat, Toyota GR Yaris ini akan dibanderol dengan harga yang cukup mencengangkan. Harga yang ditawarkan pun tembus di atas setengah miliar rupiah!

“Iya bener, Toyota GR Yaris ini dijual Rp800 juta sampai Rp850 juta. Cukup ngasih tanda jadi Rp5 juta - Rp10 juta bisa pesan mobil ini,” ujar salah satu pramuniaga dealer Auto2000 di bilangan Jakarta.

Dibanderol dengan harga yang terbilang cukup fantastis, tidak menyurutkan animo masyarakat di Tanah Air untuk tetap memiliki hot-hatch Toyota ini. Benar saja, meski kondisi pandemi, Toyota GR Yaris disebut-sebut bahkan sudah habis terjual.

“Sangat di luar prediksi, bro. 125 unit yang disediakan sekarang ludes di pesan konsumen. Yang order hampir dua kali lipat dari rencana unit yang datang,” tambahnya yakin.

Indonesia Akan Kedatangan Tambahan Toyota GR Yaris?

Toyota GR Yaris mendapatkan warisan DNA rally Toyota

Melihat respon positif masyarakat Indonesia dengan kehadiran Toyota GR Yaris, disebutkan membuat prinsipalnya berpikir untuk kembali mendatangkan hot-hatch yang viral ini.

“Ini sih kabarnya udah pesen lagi ke Jepang, soalnya melihat yang pesen hampir dua kali lipatnya tapi belum tahu jumlahnya berapa,” imbuh Sang Wiraniaga.

Mengenai kapan Toyota GR Yaris diperkenalkan di Tanah Air, rencananya akan dilakukan pada bulan depan. Pengiriman ke konsumen pun akan terjadi menjelang akhir tahun.

“Saat ini sih mobilnya memang belum ada di dealer. Tapi peluncurannya diperkirakan Maret besok. Untuk pengiriman ke konsumen perkiraanya November 2021,” ungkapnya.

Toyota GR Yaris Turunan Legenda Celica GT Four?

Digimood Toyota GR Yaris ala WRC

Hot-hatch Toyota dengan dua pintu ini menggunakan teknologi World Rally Campionship (WRC) yang dilegalkan untuk dikendarai di jalan.

Meski menggunakan jantung pacu berjumlah 3-silinder, tenaga yang dihasilkan mesin berkodekan G16E-GTS untuk Toyota GR Yaris ini terbilang besar. Secara data di atas kertas, kapasitas yang dimilikinya sebesar 1.6L DOHC Turbocharged yang dapat melecutkan tenaga hingga 261 PS @6.500 Rpm dengan angka torsi maksimal mencapai 360 Nm @3.000-4.600 Rpm.

Toyota GR Yaris yang bakal meramaikan kancah otomotif Tanah Air ini hanya tersedia transmisi manual 6-percepatan dengan IMT (Intelegent Manual Transmission). Putaran mesin yang disalurkan melalui transmisi manualnya tersebut diarahkan melalui keempat rodanya.

Menggunakan sistem penggerak 4WD dengan daya yang disalurkan terhadap keempat rodanya, dilakukan melalui kopling jenis multi plat yang dikontrol secara eletronik. Teknologi balap yang ada pada Toyota GR Yaris ini menggunakan limited-slip differential jenis Torsen untuk roda depan dan belakang. Torsen limited-slip differentials pada bagian depan dan belakang ini bertugas membantu mendistribusi torsi.

Dalam mode berkendara, Toyota GR Yaris ini dihadirkan dalam tiga pilihan, normal, sport dan track. Untuk mode normalnya sendiri memiliki distribusi tenaga 60:40, mode sport 30:70 dan mode track 50:50.

Untuk memberikan daya cengkram yang baik ketika ingin melakukan deselerasi, Toyota GR Yaris berhasil dilengkapi sistem pengereman bermodelkan 2-piece Ventilated & Slotted Disc with 4-piston Monoblock Calipers di kedua roda depan, dan Ventilated & Slotted Disc with 2-piston Monoblock Calipers di kedua roda belakangnya.

Bicara kestabilan dan performa handling, Toyota GR Yaris berhasil disematkan suspensi bermodelkan MacPherson Strur with Stabiliser (Performance Tuned) di depan, dan Double Wishbone with Stabliser (Performance Tuned) dibelakangnya.

Toyota Celica GT Four WRC

Dengan segala spesifikasi yang dimilikinya seperti suspensi tuned, dan bentuk badan yang melebar, Toyota GR Yaris dapat dikatakan turunan dari mobil legendaris balap rally, yakni Toyota Celica GT Four.

Oh iya, sebagain informasi tambahan, Toyota GR Yaris yang bakal mengaspal di Indonesia ini hanya dihadirkan dua pilihan warna, Emotional Red dan Platinum White.

Selain itu, hot-hatch ini juga telah dibekali fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dimana TSS ini mencakup Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Depature Allert (LDA) dengan Lane Tracing Assist (LTA) dan Automatic High Beam (AHB) yang secara otomatis dapat mengatur cahaya lampu.

Komentar

Mobil Terbaru