Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar?

Enda · 25 Mar, 2021 17:00

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 01

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R

Indonesia menjadi salah satu negara yang berkesempatan mendapatkan 126 unit Toyota GR Yaris dari 25.000 unit yang disediakan secara global. Sebagai hot-hatch yang diproduksi secara terbatas oleh divisi performa Toyota Gazoo Racing (GR), GR Yaris bisa dipastikan segera tiba di Tanah Air dalam jangka waktu yang tidak lama.

“Perkiraan harga untuk Toyota GR Yaris berkisar Rp750 juta hingga Rp850 juta. Range ini memang hampir seratus jutaan karena menyesuaikan currency rate. Semoga saja tidak banyak perubahan sehingga kami dapat memberikan harga yang lebih kompetitif untuk Indonesia.” Ujar Anton Jimny Suwandi sebagai Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Dibanderol dengan harga Rp750 juta hingga Rp850 juta, PT TAM selaku agen pemegang merek mobil Toyota telah membuka keran pemesanan mobil ini mulai Kamis, (25/3). Ditawarkan dengan harga yang terbilang cukup fantastis, tetap tidak menyurutkan animo masyarakat untuk dapat meminang mobil berpenampilan bengis ini. Pasalnya, sebelum dibukanya keran pemesanan, diketahui antrian konsumen terhadap mobil ini telah melebih kuota yang disediakan.

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 02

Toyota GR Yaris

Ditawarkan dengan harga di bawah Rp1 miliar, menjadikan Toyota GR Yaris terihat lebih murah dibandingkan Honda Civic Type R. Bagaimana tidak, mobil sport garapan pabrikan berlogo “H” tegak ini menurut situs resminya dipatok Rp1.067.600.000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Penasaran ingin tahu lebih dekat dengan keduanya? Berikut ulasan mengenai perbandingan antara Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R.

Baca juga: Toyota GR Yaris Bukan Lawan Suzuki Swift

Toyota GR Yaris Membawa DNA Rally Dunia untuk Berkendara Sehari-hari

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 01

Toyota GR Yaris mendapatkan warisan DNA rally dunia pada ajang balap World Rally Campionship (WRC)

Sebagai hot-hatch, Toyota GR Yaris ini membawa DNA Rally dunia dengan disematkannya beragam teknologi dari ajang balap World Rally Campionship (WRC). Ini membuat GR Yaris sebagai mobil 'balap' yang dilegalkan untuk dikendarai di jalan raya.

Maka tak heran jika Toyota GR Yaris ini menggunakan sistem penggerak 4WD dengan daya yang disalurkan terhadap keempat rodanya, dilakukan melalui kopling jenis multi plat yang dikontrol secara eletronik. Teknologi balap yang ada pada Toyota GR Yaris ini menggunakan limited-slip differential jenis Torsen untuk roda depan dan belakang. Torsen limited-slip differentials pada bagian depan dan belakang ini bertugas membantu mendistribusi torsi.

Dalam mode berkendara, Toyota GR Yaris ini dihadirkan dalam tiga pilihan, normal, sport dan track. Untuk mode normalnya sendiri memiliki distribusi tenaga 60:40, mode sport 30:70 dan mode track 50:50.

Berbeda dengan GR Yaris yang membawa aura balap rally dunia untuk mobil sehari-hari, Honda Civic Type R justru mengantarkan road car ke dalam jiwa sportscar.

Pada dasarnya, Civic Type R ini dibangun dari sebuah Honda Civic Hatchback yang mendapatkan update dari segi tampilan, performa serta fitur pendukung demi menyesuaikan kategori sportscar yang diinginkan Honda. Masuk dalam golongan sport car, Honda Civic Type R hanya menggunakan satu sistem penggerak saja, yakni Front-Wheel Drive (FWD).

Performa Honda Civic Type R Lebih Unggul Dari Toyota GR Yaris?

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 02

Mesin Toyota GR Yaris

Memiliki tampilan sportscar, Honda Civic Type R diketahui mendapatkan mesin 2.0L dengan dorongan turbocharged. Membawa aura balap untuk mobil sehari-hari, Toyota GR Yaris dibenamkan mesin dengan kapasitas lebih kecil, yaitu 1.6L dengan turbocharged. Melihat spesifikasi mesin keduanya, Civic Type R jauh lebih unggul dibandingkan GR Yaris.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R
Keterengan Toyota GR Yaris Honda Civic Type R
Kode mesin G16E-GTS K20C1
Jenis 3-silinder segaris 1.6L DOHC Turbocharged 4 silinder segaris 2.0L DOHC 16 katup VTEC Turbo + DBW Earth Dream Technologi
Tenaga 261 PS @6.500 Rpm 310 PS @6.500
Torsi 360 Nm @3.000-4.600 Rpm 400 Nm @2.500-4.500 Rpm
Transmisi manual 6-percepatan (IMT) (Intelegent Manual Transmission) manual 6-percepatan
Penggerak 4WD Front-Wheel Drive (FWD)

Perbandingan Kaki-kaki Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 03

Toyota GR Yaris dilengkapi sistem pengereman bermodelkan 2-piece Ventilated & Slotted Disc with 4-piston Monoblock Calipers di kedua roda depan, dan Ventilated & Slotted Disc with 2-piston Monoblock Calipers di kedua roda belakangnya untuk memberikan daya cengkram yang baik ketika sedang melakukan pengereman.

Bicara kestabilan dan performa handling, Toyota GR Yaris didukung suspensi bermodelkan MacPherson Strur with Stabiliser (Performance Tuned) di depan, dan Double Wishbone with Stabliser (Performance Tuned) dibelakangnya. Mobil ini juga menawarkan kepada pelanggannya dengan opsi Circuit Pack. Kinerja fitur ini biasa digunakan untuk lintasan balap.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 04

Brembo Ventilated Disc pada rem depan Honda Civic Type R

Melihat Honda Civic Type R, mobil ini memiliki handling yang bisa dikatakan cukup baik. Bicara sistem pengeremannya, Honda membenamkan kaliper jenis Brembo Ventilated Disc pada roda depannya, dan Solid Disc di belakang.

Suspensi yang digunakan sport car ini, yaitu MacPherson Strut di roda depan dan Mutli-Link di roda belakangnya. Untuk meredam guncangan dan memberikan kestabilan ketika melakukan handling, kaki-kaki mobil ini berhasil disematkan Adaptive Damper System.

Fitur Toyota GR Yaris Tak Kalah Mengagumkan Dari Honda Civic Type R

Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar? 05

Interior Toyota GR Yaris

Melansir beberapa sumber, Toyota GR Yaris dilengkapi dengan lampu depan LED otomatis, jok sport Ultrasuede, sistem infotainment delapan inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, AC zona ganda, sistem audio JBL premium, navigasi satelit, dan wiper kaca depan otomatis. Pencahayaan ambient, dan head-up display juga disematkan pada mobil ini guna memberikan gaya berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Selain itu, Toyota Yaris GR juga dibekali fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dimana TSS ini mencakup Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Depature Allert (LDA) dengan Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Automatic High Beam (AHB) yang secara otomatis dapat mengatur cahaya lampu.

Bicara fitur ungulan pada Honda Civic Type R, sport car Honda di Indonesia ini memiliki tingkat keselamatan yang cukup baik. Mobil yang berhasil menyabet lima bintang pada uji tabrak NCAP ini tengah dilengkapi 6 Airbags (Front, Side & Side Curtains), Cruise Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Brake Override System, ABS + EBD + BA dan Immobilizer.

Selain itu New Honda Civic Type R juga sudah menggunakan Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, dan Road Departure Warning.

Baca juga: Review Honda Civic Type R

Kesimpulan

Melihat perbandingan antara keduanya, Toyota GR Yaris dianggap lebih spesial dibandingkan dengan Honda Civic Type R. Mengapa demikian? Mobil balap rally dunia yang dilegalkan untuk melintas di jalan raya ini hanya diproduksi secara terbatas. Tidak cuma itu saja, bicara mengenai harganya, GR Yaris dibandrol lebih murah dibandingkan dengan Civic Type R yang ditawarkan di atas Rp1 miliar. 

Kalian yang tertarik dengan mobil ini bisa melakukan pemesanan dengan mengajukan form booking di dealer Toyota terdekat. Untuk biaya Booking Fee Toyota GR Yaris mencapai Rp100 juta. Sebagai informasi, Toyota GR Yaris yang akan datang ke Indonesia hanya dihadirkan dua pilihan warna, Emotional Red dan Platinum White.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru