Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap

Prasetyo · 14 Jan, 2022 14:09

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 01

  • Toyota GRMN Yaris 2022 mengambil basis dari GR Yaris
  • Ada dua varian, Circuit Package dan Rally Package
  • Harganya di Jepang Rp1 miliar

Hari ini, Jumat (14/01/2022), Tokyo Auto Salon 2022 resmi dibuka. Dan bersamaan dengan itu, Toyota GRMN Yaris juga resmi diperkenalkan. Ini adalah versi yang lebih hardcore dari Toyota GR Yaris, serta penjualannya akan dibatasi cuma 500 unit saja.

Menggunakan basis model dari GR Yaris RZ High Performance, Toyota GRMN Yaris tetap menjadi produk racikan tim Toyota Gazoo Racing (TGR). Tentunya ada sederet penambahan komponen berperforma tinggi di model baru ini.

Bahkan kalau dilihat secara penampilan luar saja, sudah tampak bedanya GRMN Yaris dengan GR Yaris. Penasaran apa saja yang keistimewaan Toyota GRMN Yaris 2022? Mari kita ulas.

Baca juga : Toyota Kenalkan GR Yaris Peminum Hidrogen, Cocok Buat Petrolhead di Era Ramah Lingkungan

Bodi Toyota GRMN Yaris Pakai Serat Karbon

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 01

Toyota GRMN Yaris Circuit Package

Secara garis besar, lekuk bodi GRMN Yaris masih serupa dengan GR Yaris. Hanya saja beberapa part diganti dengan material serat karbon. Antara lain dibagian kap mesin dan atap. Sementara velgnya pakai BBS GRMN ukuran 18 inci.

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 02

Dibelakang ada tambahan spoiler besar

Kemudian di bemper depan juga ditambah lip spoiler, lalu di samping ada side skirt, dan di belakang ada tambahan spoiler atap. Semua komponen ini juga menggunakan bahan serat karbon. Akibat pemakaian komponen-komponen ringan ini, bobot mobil pun terpangkas hingga 20 kg lebih ringan dari GR Yaris.

Interior GRMN Yaris Cuma Ada 2 Jok

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 03

Jok full bucket Recaro

Perbedaan selanjutnya dari Toyota GRMN Yaris dengan GR Yaris adalah dari sisi interior. Mobil ini sudah menggunakan full bucket seat dari Recaro yang dibubuhi logo GR pada sandaran punggung serta menggunakan jahitan merah.

Baca juga : Sediakan Uang Segini Biar Bisa Langsung Bawa Pulang Toyota GR Yaris 2021

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 04

Di belakang terpasang roll bar

Tapi beda dengan GR Yaris yang masih menyediakan jok penumpang belakang, maka di GRM Yaris Toyota hanya memasang dua jok, untuk pengemudi, dan satu penumpang depan. Sementara di belakang terpasang roll bar yang terhubung dengan sasis.

Mesin Tetap Serupa GR Yaris

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 05

Suspensi ganti pakai produk Bilstein

Seperti yang pernah kami jelaskan sebelumnya, jika GRMN Yaris tetap pakai mesin 1.6L Turbo intercooler 3 silinder seperti GR Yaris. Namun pada model ini ditambahkan LSD mekanikal dan gearbox close ratio pada transmisi 6 percepatan manualnya.

Sehingga keluaran tenaga tercatat 200 PS pada 6.500 rpm dengan torsi 390 Nm di 3.200-4.000 rpm. Model baru ini juga tetap menggunakan sistem penggerak empat roda GR Four. Dan untuk kaki-kakinya sudah pakai sistem suspensi set dari Bilstein.

Varian dan Toyota GRMN Yaris 2022

Toyota GRMN Yaris 2022 Sudah Bisa Dipesan, Pakai Komponen Siap Balap 06

Toyota GRMN Yaris Rally Package

Toyota menyediakan dua varian GRMN Yaris, yakni Circuit Package dan Rally Package. Masing-masing harganya 8.467.000 yen dan 8.378.764 yen atau kira-kira setara Rp1,06 miliar dan Rp1,05 miliar. Sebenarnya ada juga varian basic yang dijual 7.317.000 yen atau setara Rp920 jutaan, tapi itu belum termasuk paket body karbon, velg, 18 inci, dan roll bar.

Gimana tertarik? Kalau pengen jadi 1 dari 500 orang yang memiliki Toyota GRMN Yaris, maka harus segera pesan secara online di website Toyota Jepang. Karena diyakini model ini bakal ludes dalam waktu cepat.

Baca juga : Toyota GR Yaris Vs Honda Civic Type R, DNA Rally Dunia Bisa Mematikan Aura Sportscar?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota GR Yaris 1.6 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru