Toyota Indonesia Bakal Undi Siapa yang Beruntung Dapat GR Yaris 2021

Prasetyo · 19 Agu, 2021 15:10

Toyota GR Yaris Indonesia

Toyota GR Yaris memang sudah dilaporkan bakal masuk juga ke Indonesia. Mobil ini disediakan dalam jumlah yang sangat terbatas. Karenanya memang produksi global dari Toyota juga tidaklah terlalu banyak.

Mengingat besarnya animo terhadap GR Yaris di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku menerima hingga enam kali lebih banyak dari jumlah ketersediaan unit untuk konsumen dalam negeri.

Toyota GR Yaris Indonesia -1

Indonesia cuma kebagian 126 unit

Untuk GR Yaris di Indonesia mendapat kuota dari Jepang sebanyak 126 unit dari total 25.000 unit produksi global. "Tapi animonya sampai 600-an," ucap Anton Jimny Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui video conference, Kamis (19/08/2021).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dealer Toyota Pusing Kebanyakan Pesanan GR Yaris

Lebih lanjut Anton juga menjelaskan kalau laporan dari berbagai dealer Toyota di Indonesia, jumlah pesanan untuk GR Yaris dari konsumen diluar jumlah ketersediaan unitnya. "Jadi besok kita ada pengundian siapa saja yang berhak mendapatkan unit ini. Karena dealer kesulitan pilih konsumen mana yang berhak menerima," ucap Anton.

Toyota GR Yaris Indonesia -2

Interior GR Yaris

Ia pun menuturkan, setelah dilakukan pengundian untuk mencari calon pemiliknya, hothatch Jepang ini baru bisa mulai dikirim pada November 2021. Sebab saat ini TAM masih dalam proses izin impor, uji tipe, serta penentuan besar pajaknya.

Bagaimana Kalau Ada yang Jual Toyota GR Yaris Lebih Mahal?

Mengingat jadi barang langka tapi peminat cukup tinggi, Anton juga tak menampik jika mungkin saja di masa mendatang ada oknum spekulan yang membeli mobil ini dari pihak TAM tapi menjualnya kembali.

Toyota GR Yaris Indonesia -4

Mesin Toyota GR Yaris

Sebab TAM menawarkan harga Toyota GR Yaris 2021 dengan banderol Rp850 juta. Harga ini bahkan lebih murah dari GR Yaris di Thailand yang sentuh Rp1,2 milliar dan di Malaysia dengan harga sekitar Rp1,02 milliar.

"Susah juga kalau ternyata dikemudian ada spekulan yang jual lagi mobilnya. Tapi kita sudah informasikan kepada dealer jika konsumen yang akan mendapatkan unit ini adalah konsumen pengguna yang benar-benar menikmati mobilnya," sebut Anton.

Toyota GR Yaris Indonesia -4

Yaris bermesin turbo dan berpenggerak 4WD

Spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 di Indonesia

Selanjutnya Anton juga menjelaskan jika tidak ada perbedaan spesifikasi antara GR Yaris yang akan datang ke Indonesia dengan yang dijual di Jepang.

Mobil ini tetap menggunakan mesin berkode G16E-GTS berkapasitas 1.6-liter 3 silinder dengan teknologi DOHC dan Turbocharger. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 261 PS ada 6.500 rpm dengan torsi 360 Nm di 3.000 - 4.600 rpm.

Hanya ada satu varian Toyota GR Yaris di Indonesia yakni 1.6 MT yang artinya bertransmisi manual 6 percepatan dengan sistem penggerak roda 4WD GR-Four. Sedangkan pilihan warnanya ada Platinum White Pearl dan Emotional Red.

Baca juga : Harga Toyota GR Yaris 2021 di Indonesia Paling Murah Se-ASEAN

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Yaris G Grade M/T 3AB

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru