Toyota Ingin Jadikan Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Alternatif Selain Elektrifikasi

Dhoni · 4 Mei, 2021 15:00

Toyota Ingin Jadikan Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Alternatif Selain Elektrifikasi 01

Toyota Ingin Hydrogen Menjadi Bahan Bakar Sebagai Alternatif Elektrifikasi

Saat seluruh produsen mobil sedang berusaha membuat kendaraan dengan mengadopsi teknologi elektrifikasi. Namun Toyota justru kembali dengan bahan bakar hidrogen demi mempertahankan sistem kerja mesin konvensional.

Hal ini sesuai dengan pendapat dari Presiden Toyota, Akio Toyoda yang mengatakan bahwa mesin dengan bebas karbon dan mesin konvensional dapat bekerja secara beriringan dalam perkembangan dunia otomotif.

Akio Toyoda memang mengakui era kehadiran kendaraan dengan teknologi elektrifikasi tidak dapat dihindari. Namun, entah bagaimana cara agar dapat mempertahakan mesin konvensional.

Kendaraan Elektrifikasi = Kendaraan Tanpa Karbon

Beberapa produsen mobil seperti mulai melupakan teknologi pada mesin dengan bahan bakar bensin atau diesel sesuai kehadiran era kendaraan elektrifikasi. Namun Toyoda yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Produsen Mobil Jepang (JAMA), dalam jumpa pers JAMA pada 11 Maret, mengatakan bahwa menyelamatkan mesin konvensional dapat dilakukan melalui inovasi.

Toyota Ingin Jadikan Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Alternatif Selain Elektrifikasi 02

Akio Toyoda - Presiden Toyota

Inovasi tersebut menghadirkan bahan bakar yang tidak mengandung karbon dalam proses pembakarannya. Paling tidak, bahan bakar tersebut berupa hidrogen ataupun jenis biofuel lainnya.

Untuk membuktikan kemampuan pengunaan bahan bakar hidrogen, Toyoda juga akan mengikuti kejuaraan balap dari Super Taikyu series dengan kendaraan yang mengkonsumsi bahan bakar jenis gas hidrogen.

Toyoda juga berpendapat bila teknologi dari kendaraan elektrifikasi tidak hanya dapat digunakan pada mobil harian, tetapi juga dapat digunakan pada transportasi lainnya seperti kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang.

Tentu saja, apa yang dikatakan oleh Toyoda sangat masuk akal. Mereka membutuhkan infrastruktur besar untuk menyiapkan peralihan menjadi elektrifikasi. Pabrikan juga dituntut harus dipersiapkan langkah akhir dari mesin konvensional, apakah berkahir hanya di peleburan?

Toyota Ingin Jadikan Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Alternatif Selain Elektrifikasi 03

Toyota Ingin Hydrogen Menjadi Bahan Bakar Sebagai Alternatif Elektrifikasi

Dengan jenis bahan bakar hidrogen untuk mesin hemat bahan bakar dan teknologi elektrifikasi, tentu dapat membuat menurunkan emisi CO2 dengan sangat signifikan.

Rencana Besar Toyota Beralih Dari Bahan Bakar Fosil

Namun tentunya untuk dapat mengalihkan industri otomotif dari bahan bakar fosil membutuhkan langkah yang tepat. Tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat. Terlebih dengan masih banyaknya kendaraan dengan mengkonsumsi bahan bakar fosil.

Melarang penggunaan kendaraan bermesin konvensional bukan suatu langkah mudah. Membutuhkan pendekatan, terlebih bagi mereka yang berada di daerah terpencil. Cukup sulit untuk memastikan pra-sarana untuk kendaraan elektrifikasi telah tersedia. Termasuk di Indonesia maupun Negara lainnya di ASEAN.

Toyota Ingin Jadikan Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Alternatif Selain Elektrifikasi 04

Toyota Ingin Hidrogen Menjadi Bahan Bakar Sebagai Alternatif Elektrifikasi

Dengan mengandalkan bahan bakar hidrogen, mesin mobil hampir tidak menghasilkan emisi dan juga tanpa suara. Namun walau demikian, tenaga yang dihasilkan mesin bertenaga hydrogen juga tidak kalah dibanding mesin bensin. Bahkan pengemudi yang mengunakan, dipastikan tidak dapat mengetahui perbedaan antara mesin bensin maupun hydrogen.

Jadi bagaimana dengan Anda? Lebih mendukung peralihan menjadi era elektrifikasi atau justru memilih menggunakan bahan bakar hidrogen seperti yang dilakukan Toyoda dalam menguji kemampuan mobil balapnya?

Komentar