window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Innova Zenix Akan Punya Kembaran dari Suzuki, Bisa Lebih Murah?

Prasetyo · 2 Jun, 2023 16:00

Toyota Innova Zenix Akan Punya Kembaran dari Suzuki, Bisa Lebih Murah? 01

Toyota Innova Zenix kabarnya akan dicomot oleh Suzuki untuk menjadi satu lini produk baru mereka.

Bakal ada tiruan Innova Zenix yang dibuat Suzuki? Bukan! Tapi lebih ke rebadge dari Toyota menjadi Suzuki.

Ya, Suzuki memang melakukan beberapa rebadge untuk sejumlah model Toyota, begitu pun sebaliknya, dan ini terjadi di India yang dilakukan oleh Maruti.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Gak Perlu Inden Lama-Lama, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Dibeli di Sini!

Toyota Glanza

Glanza, kembaran Suzuki Baleno dari Toyota

Sejauh ini ada Suzuki Baleno yang berganti logo jadi Toyota Glanza, kemudian Suzuki Ertiga di India juga sempat dikabarkan bakal disematkan logo Toyota.

Dan kabar terbaru, giliran Toyota Innova Zenix yang dirumorkan bakal ganti nama jadi Suzuki Engage.

Dikutip dari unggahan akun YouTube Bagrawala Design, mobil ini akan dijual oleh Maruti melalui jaringan dealer Nexa yang juga menjual Baleno, XL6, Jimny, dan Grand Vitara.

Baca juga : Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid vs Toyota Kijang Innova Venturer Diesel, Pilih Yang Mana?

Sudah Ada Paten Desainnya

Toyota Innova Zenix Suzuki

Rekaan tampang depannya (foto: Instagram @indra_fathan)

Kabar akan hadirnya Innova Zenix versi Suzuki ini dipicu dari munculnya paten desain dari sejumlah komponen yang diajukan Maruti.

Paten desain itu untuk sejumlah komponen mobil baru, antara lain di bagian gril depan, bemper depan, lampu depan, dan lampu belakang.

Sementara itu pihak Bagrawala Design memberikan render digital kira-kira seperi apa Innova Zenix ala Suzuki tersebut.

Lihat saja bagaimana gril depannya pakai model yang mirip dengan Suzuki Grand Vitara, serta ditambah aksen chrome yang tebal.

Toyota Innova Zenix

Dari belakang mirip Grand Vitara

Kemudian hal berbeda juga bisa dilihat dari desian lampu utama yang dibuat lebih slim, yang bahkan malah mirip kepunyaan Fortuner.

Lantas bemper depan juga tampak ada beberapa lekukan yang sedikit berbeda dibanding Innova Zenix.

Bagian lainnya yang terlihat beda juga desain velg yang diperkirakan bakal mirip dengan kepunyaan Grand Vitara.

Termasuk aksen chrome garnish diantara lampu belakang, juga sepertinya terinspirasi dengan Grand Vitara.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Murah Dibawah Rp100 Juta, Ada Suzuki Grand Vitara dan Honda CR-V

Masih Pakai Mesin Toyota Innova Zenix

Suzuki Engage

Komponen yang dipatenkan Suzuki

Selain rekaan gambar fisiknya yang masih identik, Suzuki Engage a.k.a Innova Zenix dari Suzuki ini juga diprediksi masih sama dengan kepunyaan Toyota.

Suzuki disinyalir bakal menyediakan dua opsi mesin sama seperti Zenix, yaitu meisn 2.0-liter bensin dan 2.0-liter hybrid.

Untuk mesin pertama berkode M20A-FKS 1.987 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 174 PS di 6.600 rpm dnegan torsi 205 Nm di 4.500-4.900 rpm.

Toyota Innova Zenix hybrid

Innova Zenix hybrid

Sementara mesin hybridnya berkode M20A-FXS 4 silinder berkubikasi 1.987 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang dlengkapi baterai serta motor electric.

Mesin bensinnya sendiri menghasilkan tenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm, sedangkan motor lsitriknay berdaya 113 PS dengan torsi 206 Nm.

Apakah Innova Zeni versi Suzuki ini harganya bisa lebih murah dan malah lebih laris dari Toyota? Kita tunggu saja!

@autofun.indonesia Kijang Innova Zenix, Ada Varian Apa Aja? #toyotakijang #kijang #innova #zenix #innovabaru #innovahybrid #innovareborn ♬ Facts of Love - Jeff Lorber

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil