Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru?

Yongki Sanjaya · 14 Jun, 2022 09:00

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 01

Bicara sebuah mobil keluarga, tentu kita tidak asing lagi dengan sosok Toyota Kijang Innova. Sosoknya begitu melegenda, hingga membuat pihak Toyota menawarkan dalam versi bensin dan diesel. Hanya saja, banyak yang mengeluhkan kalau Toyota Kijang Innova Reborn Bensin ini boros.

Asumsi boros atau irit ini karena Innova bensin 'hanya' dibekali mesin 2.0 liter sehingga tenaganya kurang perkasa bila dibandingkan dengan versi diesel yang telah disokong turbo. Asumsi tadi semakin diperkuat karena harga bensin yang juga lebih mahal dari bahan bakar diesel. 

Bagi kamu yang mencari mobil keluarga yang relatif irit dan ground clearance tinggi dengan harga di bawah Rp300 juta, maka Toyota Rush baru kami rasa lebih proporsional. Namun tentu saja saja ada beberapa hal yang perlu kalian kompromi saat memilih Rush baru ketimbang Kijang Innova Reborn Bensin bekas. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Apa saja poin yang perlu jadi pertimbangan? Berikut ini ulasannya. 

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018, Interior Menang Lega dan Kaya Fitur

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 01

Bila membahas soal mobil keluarga di segmen MPV medium, maka Kijang Innova seperti pemain tunggal di range Rp350-450 jutaan. Merek Jepang lain seperti Honda, Suzuki, atau mungkin Mitsubishi bahkan tak memiliki model MPV medium di range harga tersebut. Pesaingnya malah muncul dari merek China yaitu Wuling Cortez

Kijang Innova sebenarnya memiliki hampir semua aspek mobil keluarga Indonesia. Mobil ini memakai sasis ladder frame yang tangguh, suspensi kini semakin nyaman, kabin lega, dan fitur oke. Tapi untuk yang versi mesin bensin ini kurang dilirik karena stigma boros. 

Pada Innova bensin generasi awal, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 8 kilometer per liter. Banyak yang berpendapat bahwa multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini termasuk boros, terutama versi transmisi otomatis. Wajar saja, karena dulu Kijang Innova bensin masih memakai transmisi otomatis 4-percepatan yang memaksa mesin harus bekerja di putaran lebih tinggi untuk berpindah gigi. 

Namun kini, Kijang Innova Reborn bensin lebih bersahabat karena transmisi baru yang disematkan, yakni transmisi otomatis 6 percepatan dengan sistem Sport Sequential Switchmatic. Jarak perpindahan gigi semakin rapat sehingga bisa terjadi di putaran yang lebih rendah. 

Dengan teknologi tersebut, Innova matik jadi bisa dioperasikan layaknya transmisi tiptronic yang biasa ditemukan pada mobil sport. Konsumsi BBM Innova Reborn bensin diklaim lebih irit hingga sekitar 10 persen, atau di kisaran 11,6 kilometer per liter. 

Mesin Bensin yang Legendaris di Kijang Innova, Pakai Transmisi Baru

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 02

Toyota Innova bensin dengan kode mesin 1TR-FE memiliki kapasitas 2.000 cc. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, mesin tersebut terus digunakan sampai sekarang. Namun, pada versi terbarunya, mesin 1TR-FE ini sudah memiliki teknologi katup variabel, yakni Dual VVT-i, DOHC, dengan 16 katup.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 137 hp dan torsi maksimumnya mencapai 183,3 Nm. Tenaga tersebut disalurkan dari mesin langsung ke roda belakang. Sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) terus diandalkan pada mobil ini karena dinilai lebih tangguh dibandingkan penggerak roda depan. 

Itu tadi spesifikasi mesin yang telah diperbaharui, dan bagaimana soal fiturnya?

Fitur Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 03

Sebagai mobil keluarga kelas menengah, kabin interior Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G menyuguhkan suatu atmosfer yang terkesan elegan. Interiornya dibalut material Soft Touch pada sisi pintunya. 

Kesan ergonomis pun semakin terasa ketika Anda menyentuh setir dan konsol tengah tempat head unit dan tombol pengaturan lainnya. Tombol-tombol tertata rapi, mudah dijangkau dari kursi pengendara, lengkap dengan berbagai fungsi yang mendukung kebutuhan berkendara.

Untuk fitur hiburan di Toyota Kijang Innova Reborn, didukung Advanced Entertainment System Monitor berukuran 7 inci. Head unitnya mengakomodir format AUX, Bluetooth, SD Card, USB dan Voice Command. 

Tak berhenti di situ, pengaturan audio juga bisa dilakukan langsung dari tombol kemudi setir, yang memudahkan kamu untuk mengoperasikan musik atau beberapa fitur lain. Adapun untuk fitur AC dikemas dalam format lengkap seperti pengaturan arah semburan dan Front Defogger, walau pengaturannya masih dalam format manual.

Toyota Rush G, Low SUV Kekinian yang Serba Bisa

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 04

Toyota Rush sebagai sebuah low SUV ini dibangun dari platform yang sama dengan Toyota Avanza. Artinya, Toyota menyulap sebuah MPV menjadi SUV, dengan beberapa penyesuaian. Dengan budget yang harganya under Rp300 juta, kita bisa memilih Toyota Rush tipe G.

Soal penampilan, jelas tipe G ini lebih bersahaja daripada tipe GR Sport. Selain itu untuk tipe G menggunakan profil ban 16 inci 215/65 GT Radial Savero dengan velg bertema two tone.

Eksteriornya lebih kalem tanpa banyak aksen body kit dan garnish sporty. Kesan elegan juga ditunjukkan pada Rush tipe G, dengan disematkan pilar sewarna dengan warna bodi mobil.

Interior Toyota Rush Tipe G, Sederhana dengan Fitur yang Tidak Terlalu Istimewa

 

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 05

Karena segmentasi mobil ini di kelas low SUV, maka kelengkapan fiturnya atau gaya interiornya juga bersahaja. Dashboard atau panelnya menyiratkan huruf T dengan kombinasi hitam dan putih yang dipercantik lis silver. Supaya terlihat menarik, dashboard-nya dibuat dari bahan plastic begitu juga pola jahitan yang dicetak.

Bicara soal fitur, AC tipe G masih manual, hanya saja tampilannya yang digital. Setir Toyota Rush tipe G disematkan fitur tilt dan control audio yang terletak di sisi kiri, namun tanpa tombol Bluetooth di sisi kanan.

Selanjutnya, MID tipe G masih monochrome. Dari sisi hiburan, head unit keduanya berdimensi 7 inci tapi belum memiliki akses internet, multitasking dan smartphone remote app. Untuk alunan suara dibekali 6 speaker.

Bicara fitur keselamatan, Toyota Rush tipe G dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan, seperti Hill Start Assist, Airbag 6 titik, Vehicle Stability Control, Kamera mundur, ABS, EBD, BA. Hanya saja, tipe ini sistem pengunciannya masih harus menggunakan remot.

Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Rush, Tak Seirit yang Dikira

Toyota Kijang Innova Reborn Bensin Bekas 2018 Kalah Irit, Mending Beli Toyota Rush Baru? 06

Toyota Rush G Rush G dibekali mesin 2NR-VE 4 Cylinder In-Line 16 Valves DOHC Dual VVT-i dengan tenaga maksimum 102,5 hp @ 6.000 rpm dan torsi 136,5 Nm @ 4.200 rpm. Transmisi yang tersedia yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Adapun konsumsi BBM Toyota Rush ada di kisaran 12,1 km/liter untuk rute kombinasi. Ternyata, bedanya pun tidak terlalu jauh daripada Kijang Innova Reborn bensin.

Kesimpulan

Dengan harga yang sama, ternyata Toyota Kijang Innova Reborn bermesin bensin masih jauh lebih menarik sebagai mobil keluarga yang komplit. Dengan hadirnya transmisi otomatis terbaru membuat Kijang Innova tak lagi seboros dulu.

Bahkan Innova Reborn ini konsumsi bahan bakarnya beda tipis dengan Toyota Rush yang bermesin 1.500 cc. Melihat fitur yang ada, Rush baru sulit untuk menggantikan kenyamanan dan kelengkapan fitur di Kijang Innova. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru