Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Pakai Panoramic Roof, Begini Cara Merawatnya Biar Atap Gak Bocor

Prasetyo · 21 Nov, 2022 20:05

Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Pakai Panoramic Roof, Begini Cara Merawatnya Biar Atap Gak Bocor 01

  • Toyota Kijang Innova Zenix 2023 memiliki fitur baru yakni panoramic sunroof.
  • Atap kaca ini tentu saja memiliki beberapa manfaat.
  • Tapi pahami juga cara merawat panoramic sunroof di mobil.

Toyota Kijang Innova Zenix 2023 memiliki fitur unggulan satu diantaranya yakni keberadaan panoramic roof. Sesuai namanya, fitur tersebut berupa lapisan kaca yang menggantikan sebagian besar material atap mobil.

Kaca tersbeut umumnya diberi lapisan penutup seperti tirai yang bisa dibuka tutup secara elektrik. Ada juga panoramic roof yang ditambahkan sunroof, sehingga pandangan dari dalam mobil ke arah langit jadi lebih leluasa karena sebagian kaca dapat dibuka tutup, juga secara elektris.

merawat-panoramic-sunroof-mobil

Jika sebagian kacanya bsia dibuka maka disebut panoramic sunroof

Atap dengan kaca panoramic juga menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan mobil bergaya konvertible namun tetap memiliki struktur atap. Alhasil perjalanan bisa lebih menyenangkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Dipastikan Punya Fitur Panoramic Sunroof

Fungsi Panoramic Roof di Toyota Kijang Innova Zenix 2023

Dikutip dari Auto2000, satu dari beberapa fungsi panoramic roof adalah meningkatkan cahaya kabin mobil. Pada saat tirai kaca dibuka, maka otomatis seluruh cahaya dari atas mobil akan masuk menyinari hampir seluruh bagian kabin.

Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Pakai Panoramic Roof, Begini Cara Merawatnya Biar Atap Gak Bocor 01

Atap kaca bikin pencahayaan kabin bertambah

Utamanya pada saat kondisi cerah dengan udara yang sejuk misalnya di pegunungan, maka perangkat ini cocok buat Anda yang ingin mendapat siraman matahari tanpa harus keluar dari mobil. Apalagi Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan langit atau alam sekitar selama perjalanan.

Dengan pencahayaan yang semakin banyak serta pandangan semakin luas, maka kondisi tersebut dapat meminimalisir kebosanan pengemudi atau penumpang jika terlibat dalam perjalanan panjang.

merawat-panoramic-sunroof-mobil

Kabin mobil jadi terlihat lebih lapang dan cerah

Dan satu lagi fungsi panoramic roof, yakni menambah kesan ekslusif pada kendaraan itu. Karena biasnaya fitur ini cuma ada di mobil-mobil mewah.

Baca juga: Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru!

Cara Merawat Panoramic Sunroof Mobil

Sementara itu, dikutip dari Hyundai Indonesia, setiap pabrikan otomotif tentunya sudah menyiapkan sistem panoramic roof yang berkualitas. Namun tetap perlu perawatan yang baik untuk fitur di bagian atap mobil tersebut. Khususnya buat mobil yang selain panoramic roof juga dilengkapi sunroof. Sehingga bagian kaca di atap dapat dibuka tutup secara elektrik.

merawat-panoramic-sunroof-mobil

Jangan sampai atap bocor

Perawatan fitur panoramic sunroof bisa di lakukan secara berkala di rumah saja. Kerusakan yang sering terjadi pada panoramic sunroof antara lain kondisi karet yang menjadi keras, timbul jamur di kaca, posisi menutup yang kurang rapat, hingga adanya kebocoran.

Proses perawatan dari panoramic sunroof tidaklah jauh berbeda dengan perawatan kaca mobil karena material utama dari panoramic sunroof adalah kaca. Namun kaca yang digunakan biasanya lebih tebal.

merawat-panoramic-sunroof-mobil

Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menumpuk, dan karet tidak getas

Baca juga: 5 MPV Mewah dengan Sunroof Selain Toyota Kijang Innova Zenix, Apa Saja?

Demi menjaga kualitas dari panoramic sunroof, maka Anda bisa menghindarkan parkir mobil di tempat yang terkena cahaya matahari langsung dalam waktu lama. Jika mobil terpapar air hujan atau setelah selesai mencuci mobil, maka sebaiknya lap sampai kering bagian atap mobil. Apabila masih tersisa air atau sabun yang menempel di bagian atas, maka akan membuat kaca sunroof menjadi berjamur.

Agar kualitas dari karet-karet pelindung tetap awet, maka Anda harus lebih rajin dalam menyingkirkan berbagai debu yang mengendap. Anda juga perlu menyemprotkan cairan silikon di bagian permukaan karet secara berkala, tidak perlu terlalu sering, tapi sekedar memastikan karet tidak getas.

Apabila muncul gejala kebocoran, sebaiknya langsung hubungi bengkel resmi untuk perbaikan panoramic sunroof tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru