window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota, Nissan, Mitsubishi, Fuso, dan Isuzu Bersatu Bikin Proyek Mobil Listrik di Bali

Adit · 24 Mei, 2022 17:33

Toyota, Nissan, Mitsubishi, Fuso, dan Isuzu Bersatu Bikin Proyek Mobil Listrik di Bali 01

  • Toyota, Mitsubishi, Nissan, Fuso, dan Isuzu sepakat berkolaborasi demi popularisasi mobil listrik di Indonesia.
  • Kelima pabrikan otomotif itu membentuk proyek elektrifikasi di Bali.
  • Rencananya proyek yang dinamakan EV Smart Mobility-Joint Project direalisasikan Juli 2022 mendatang.

Pabrikan otomotif yang terdiri dari Toyota, Mitsubishi Motors, Nissan, Fuso, dan Isuzu berkolaborasi mempopulerkan mobil listrik di Indonesia. Kelimanya sepakat berpartisipasi dalam proyek EV Smart Mobility-Joint Project di Bali

Langkah ini diambil bukan cuma bertujuan mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat pengurangan emisi karbon, melainkan juga memperluas dan mempopulerkan kendaraan listrik sebagai salah satu kunci mobilitas di masa depan. 

Toyota, Nissan, Mitsubishi, Fuso, dan Isuzu Bersatu Bikin Proyek Mobil Listrik di Bali 02

Toyota Prius PHEV

Baca Juga: Masuk Era Elektrifikasi, Sebaiknya Pilih Mobil Hybrid atau Sekalian Mobil Listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam keterangan resmi dijelaskan jika EV Smart Mobility-Joint Project terdiri dari 5 pabrikan yang bekerjasama dalam pengembangan teknologi mobil listrik dengan teknologi mencakup hydrogen fuel cell, battery electric, plug-in hybrid, dan hybrid electric guna mengurangi emisi karbon. 

"Joint Project ini juga merupakan bentuk dukungan kami selaku pelaku industri otomotif kepada pemerintah demi mensukseskan posisi Indonesia sebagai presidensi G20 pada 2022," jelas Sekretariat Project, Susumu Matsuda. 

Dalam kolaborasi ini, masing-masing pabrikan akan menyediakan mobil listrik andalannya di sektor kendaraan penumpang maupun komersial. Hal ini diperlukan sebagai upaya popularisasi kepada masyarakat, juga pengenalan ekosistem kendaraan elektrifikasi yang sebenarnya. 

Toyota, Nissan, Mitsubishi, Fuso, dan Isuzu Bersatu Bikin Proyek Mobil Listrik di Bali 01

Mitsubishi Outlander PHEV

Nantinya semua produk kendaraan ramah lingkungan itu digunakan untuk mendukung mobilitas di Nusa Dua dan Bandara Ngurah Rai Bali. Adapun kendaraan komersial, digunakan sebagai mendukung logistik, yang selanjutnya bisa dijadikan pertimbangan untuk berkolaborasi dengan bisnis lokal. 

"Kerjasama ini kami rancang dengan membawa semangat yang sama dengan Indonesia, yaitu recover together, recover stronger, dan tumbuh lebih kuat serta berkelanjutan," terang pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Murni

Kolaborasi 5 Pabrikan Otomotif Jepang Dilakukan Juli 2022

Bila tak ada aral melintang, kolaborasi lima pabrikan ini bakal digelar Juli 2022 mendatang. Kegiatan ini akan menjadi peluang bagi pemrintah dan industri otomotif guna menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam upaya transisi energi hijau. 

Toyota, Nissan, Mitsubishi, Fuso, dan Isuzu Bersatu Bikin Proyek Mobil Listrik di Bali 02

Mobil listrik Nissan Leaf

Juga sebagai upaya menyambut era mobilitas masa depan berbasis kendaraan ramah lingkungan, seperti mobil listrik kepada negara-negara yang tergabung dalam pertemuan G20. 

Inisiasi ini juga tidak terlepas dari penguatan kerjasama bilateral Indonesia dan Jepang, termasuk di bidang industri otomotif, yang mengharapkan produsen mobil Jepang bisa memposisikan Indonesia sebagai regional hub.

"Kami bersama dengan pemangku kepentingan lainnya berupaya memberika solusi kepada Indonesia, untuk dapat mempercepat pencapaian target carbon neutrality dengan memaksimalkan multi-pathway sebagau salah satu langkah efektif," jelas Duta Besar Jepang untuk Indonesia, H.E Kenji Kanasugi.

Baca Juga: Industri Komponen Otomotif Nasional Terhimpit Disrupsi Mobil Listrik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia