Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel

Prasetyo · 14 Jan, 2022 10:02

 

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 01

Toyota Voxy 2022
  • Toyota Voxy 2022 desainnya lebih agresif dari Toyota Noah 2022
  • Keduanya pakai platform baru TNGA-C
  • Harga Toyota Noah 2022 lebih murah dari Voxy 2022

Ditengah hiruk pikuk munculnya Fortuner 2.8 dan Land Cruiser 300 di Indonesia, prinsipal Toyota di Jepang ternyata juga merilis produk baru di hari yang sama, Kamis (13/01/2022). Model anyar itu adalah Toyota Noah 2022 dan Toyota Voxy 2022.

Sempat diisukan bakal melebur jadi satu varian model, nyatanya Toyota tetap memberikan nama berbeda bagi MPV medium berpintu geser ini. Sehingga diferensiasi antara Toyota Noah 2022 dan Toyota Voxy 2022 pun tetap dilakukan. Noah terlihat lebih menampilkan sisi elegan, sementara Voxy kental nuansa sporty yang agresif.

Perlu dicatat, Noah-Voxy ini adalah generasi terbaru. Mengingat usia model sebelumnya sudah cukup lama pasca diperkenalkan pada 2014 silam. Jadi jangan heran kalau ada perubahan total pada seluruh wujud duo MPV boxy tersebut.

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 01

Toyota Noah 2022

Untuk harganya, Toyota Noah 2022 dibanderol antara Rp2.670.000 yen sampai 3.890.000 yen yang kalau di rupiahkan kira-kira setara Rp333 jutaan hingga Rp485 jutaan. Sementara harga Toyota Voxy 2022 di Jepang sedikit lebih mahal yakni Rp385 jutaan hingga Rp494 jutaan.

Bandingkan dengan harga Toyota Voxy model sebelumnya yang saat ini masih di jual di Indonesia dengan banderol Rp510.850.000 juta. Lalu apa saja keunggulan kedua MPV ini? Mari kita ulas lebih dalam.

Baca juga : Cari MPV Keluarga? Lirik Mazda Biante, MPV Roti Tawar Saingan Voxy yang Mulai Terlupakan

Eksterior Toyota Noah - Voxy Terbaru Makin Agresif

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 02

Toyota Voxy 2022

Seperti sketsa desain yang sudah banyak beredar sebelumnya, wujud asli mobil ini menunjukkan perubahan yang cukup radikal. Utamanya pada fascia depan yang terlihat jauh lebih agresif ketimbang model lamanya.

Lihat saja bagaimana desain Toyota Noah 2022 punya gril dengan bilah horizontal yang tebal. Sementara di Voxy bentuk grilnya juga mendominasi hampir 90 persen dari bagian bemper. Bahkan pada Voxy 2022 bentuk lampu utama lebih runcing dibanding Noah.

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 03

Tampilan belakang Toyota Noah 2022

Siluet bodi yang serba mengkotak masih dipertahankan Toyota. Namun ukuran dan desain velg diubah jadi makin terlihat elegan. Perombakan juga terlihat di bagian belakang khususnya pada area lampu.

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 04

Voxy terbaru tampak belakang

Karena kini Noah dan Voxy menggunakan lampu kombinasi berdesain baru yang sudah pakai full LED. Lampu bagian kiri dan kanan ini juga dibuat sekaan menyatu berkat garnis hitam bertuliskan NOAH, dan rear garnish hitam beraksen chrome dengan tulisan VOXY.

Interiornya Makin Mewah, Kokpit Ala Pesawat Terbang

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 05

Interior Toyota Voxy 2022

Selain tampilan luar, interior Toyota Noah - Voxy 2022 juga berubah total. Layout dasbornya cukup unik karena seperti ada cekungan di bagian tengah pada sisi bangku penumpang. Lalu 8 inci atau 10,5 inci yang terpasang seperti model floating padahal ada frame di bagian tepinya. Sedangkan dari sisi pengemudi sudah terpasang pula meter cluster full digital yang tampilannya seperti Toyota Corolla Cross.

Selanjutnya Noah dan Voxy juga terlihat masih mempertahankan keberadaan tuas transmisi ketika beberapa kompetitornya sudah mengganti dengan tombol. Untuk jok pengemudi maupun penumpang depan serta jok baris kedua juga sudah memiliki konfigurasi secara elektrik. Bahkan pada jok penumpang tengah ini juga dilengkapi fitur pemanas.

Baca juga : Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner?

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 06

Untuk yang 7 seater jok baris kedua model captain seat

Toyota menyediakan varian 7 dan 8 seater, perbedaannya pada jok baris kedua ada yang model captain seat dan tidak. Walau begitu kedua varian ini sama-sama memiliki fleksibilitas bangku penumpang belakang.

Jok baris ketiga bisa dilipat kesamping, sementara jok baris kedua bisa dimajukan ketika harus membawa barang ukuran besar. Apalagi buka tutup pintu geser dan bagasi juga sudah elektrik melalui tombol pengoperasian di sisi pengemudi.

Mesin Toyota Voxy 2022 Sama dengan Corolla Cross Hybrid

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 07

Platform dan mesin baru di Noah-Voxy

Noah dan Voxy terbaru sama-sama menggunakan platform TNGA-C. Sebagai informasi, platform serupa juga digunakan pada Corolla Cross. Sementara untuk mesinnya ada dua pilihan. Pertama mesin bensin 2.0L Dynamic Force berkode M20A-FKS dengan tenaga 170 PS dan torsi 202 Nm. 

Kemudian juga ada mesin hybrid 1.8L 2ZR-FXE yang bertenaga 98 PS dengan torsi puncak 142 Nm dikombinasikan motor elektrik 95 PS dengan torsi 185 Nm. Kalau diperhatikan, ini adlaah mesin yang sama pula dengan Corolla Cross hybrid yang saat ini sudah dijual di Indonesia.

Sudah Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking

Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel 08

Banyak fitur baru di Toyota Voxy 2022

Baik Toyota Noah 2022 maupun Toyota Voxy 2022 sama-sama sudah menggunakan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). Adapun paket yang tersedia antara lain Pre-collision Safety System, Proactive Driving Assist, Lane Tracing Assist, dan Front Cross-Traffic Alert.

Selain itu ad ajuga fitur Safe Exit Assist dan Toyota Teammate (advanced drive & advanced park) yang gunanya demi kemudahan saat parkir yang bisa dioperasikan melalui ponsel. Oh ya, khusus pasar di Jepang, Toyota menyediakan Noah dan Voxy 2022 dengan sistem penggerak 4WD. Tapi sepertinya unit buat ekspor ke negara lain akan sedikit alami perbedaan spesifikasi. Kita tunggu saja!

Baca juga : Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru