window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Raize 1.0T GR CVT Lebih Mahal Rp4,2 Juta dari Avanza 1.5 G CVT, Mana yang Lebih Cocok Dipilih?

Enda · 20 Des, 2021 20:00

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Toyota Raize 1.0T GR CVT lebih mahal Rp4,2 juta dari Avanza 1.5 G CVT

Sosok Toyota Raize dan Avanza anyar merupakan produk terbaru PT Toyota Astra Motor (TAM) yang diluncurkan pada tahun ini. Guna menarik minat konsumen, keduanya dihadirkan dengan tampilan ‘eyes catching’ yang menyasar segmentasi berbeda.

Seperti diketahui Raize lebih menyasar kaula muda serta masyarakat urban yang sesekali gemar akan berpetualang. Sedangkan Avanza dihadirkan untuk keluarga modern dengan jumlah anggota lebih dari lima orang.

Bicara mengenai harga barunya, keduanya dibandrol beda tipis. Menurut situs resminya, Toyota Raize 1.0T GR CVT ditawarkan Rp245,6 juta dan Avanza 1.5 G CVT diniagakan Rp241,4 juta. Punya selisih harga Rp4,2 Juta apakah Avanza yang lebih murah dari Raize lebih cocok dipilih, atau bahkan sebaliknya?

Baca juga:Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Muat Banyak Sekaligus Punya Fitur "sofa mode", Toyota Avanza 1.5 G CVT Lebih Cocok untuk Keluarga Masa Kini

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Fitur "sofa mode" Toyota Avanza 1.5 G CVT

Toyota Raize dan Avanza terbaru terasa proporsional karena berhasil menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yang dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Memanfaatkan platform DNGA, Avanza punya tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Jarak antara penumpang baris pertama dan keduanya mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Sedangkan gerak maju mundur pada baris keduanya mencapai 240 mm.

Dengan begitu aktifitas berpergian keluar kota bersama keluarga tentunya akan terasa lebih nyaman menggunakan Avanza ketimbang Raize.

Adu Fitur Unggulan Toyota Raize 1.0T GR CVT Vs Avanza 1.5 G CVT

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Toyota Raize 1.0T GR CVT memperoleh head unit Interactive 9 dengan smart device T-Link

Menyoal fitur unggulan, Toyota Raize 1.0T GR CVT telah dilengkapi adaptable auto AC yang dapat menyesuaikan tempratur suhu secara otomatis. Selain itu juga terdapat tombol Start/Stop Engine, dan head unit Interactive 9 Inch dengan floating design.

Fitur entertainment yang digunakan pada varian ini dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur personal reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Disisi lain, mobil ini juga disematkan teknologi MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Bahkan, beberapa bagian interiornya seperti door trim juga telah dilapisi bahan kulit dengan material bertekstur soft touch yang lembut.

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Toyota Avanza 1.5 G CVT dibenamkan head unit layar sentuh 9 inci dengan konektifitas USB dan Bluetooth

Bicara Toyota Avanza 1.5 G CVT, line up terbaru sekaligus tulang punggung pabrikan tiga oval ini hadir dengan New Striking Full Dashboard Design yang disertai panel instrumen untuk memberikan berbagai informasi melalui New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang dengan mudah pengguna menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Untuk sistem infotaimentnya, tipe G yang merupakan trim termahal Avanza kini disematkan head unit 9 inci dengan konektifitas USB dan Bluetooth.

Sama seperti Raize, Avanza juga dilengkapi dengan fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang terbukti memudahkan penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.

Di Avanza 1.5 G CVT, kalian juga bisa menemukan fitur seperti new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, window jam protection dan spion retractable.

Baca juga: Test Drive Toyota Avanza 1.5 G CVT 2022: Lompatan Signifikan Yang Masih Menyisakan Pekerjaan Rumah Bagi Toyota

Fitur Keselamatan Toyota Avanza 1.5 G CVT Lebih Komplit Ketimbang Raize 1.0T GR CVT?

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Fitur keselamatan Toyota Avanza kini lebih lengkap dibandingkan Raize

Kini Avanza lebih nyaman dan aman digunakan dibandingkan generasi sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan varian 1.5 G CVT memperoleh fitur keselamatan berupa dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Tidak hanya itu, faktor keselamatan standar yang bisa kalian jumpai di mobil ini antara lain; seatbelt reminder, child safety lock, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA). Menyinggung fitur keamanannya, Toyota telah menyematkan dengan alarm+immobilizer serta rear parking camera.

Mengetahui fitur keselamatan pada Toyota Raize 1.0T GR CVT, SUV kompak pesaing dari Kia Sonet 5-seater tersebut berhasil dibenamkan dual airbag Anti-lock Braking System (ABS), seatbelt reminder, child safety lock dan juga ISOFIX. Selain itu juga terdapat 2 titik sensor parkir, kamera parkir, alarm+immobilizer, Smart Entry - Push Start Button, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Pakai Turbo, Tenaga Toyota Raize 1.0T GR CVT Kalah Jauh dari Avanza 1.5 G CVT!

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Mesin 1.5L Toyota Avanza

Baik Toyota Raize maupun Avanza baru kini sama-sama mengandalkan penggerak roda depan (FWD). Bicara Avanza, mobil ini memperoleh jantung pacu berkodekan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Mengetahui Toyota Raize 1.0T GR, tipe ini hadir dengan mesin 1.0L turbo berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc yang dapat memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Pakai Transmisi CVT, Toyota Raize 1.0T GR Mendapat Fitur Paddle Shift 

Toyota Raize 1.0T GR CVT vs Avanza 1.5G CVT

Toyota Raize dan Avanza sama-sama ditawarkan pilihan transmisi CVT

Toyota Raize 1.0T GR CVT dan Avanza 1.5 G CVT sama-sama mengandalkan transmisi otomatis jenis CVT yang mana menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Hebatnya, Raize mendapat tambahan fitur berupa paddle shit di balik lingkar kemudinya yang bisa menambahkan serta menurunkan perpindahan percepatan menyesuaikan keinginan pengemudi.

Kesimpulan

Toyota Avanza tipe 1.5 G CVT saat ini dibandrol lebih murah Rp4,2 Juta dari Raize 1.0T GR CVT. Jika ingin lebih berhemat, muat banyak, dan ingin merasakan kenyamanan fitur "sofa mode", Avanza adalah pilihan yang tepat. Berbeda apabila lebih mengutamakan kendaraan mungil dengan tampilan adventure sekaligus sporty yang digunakan untuk aktifitas sehari-hari di kota besar, punya fitur hiburan lengkap, menjatuhkan pilihan pada Raize 1.0T GR CVT merupakan keputusan yang bijak.

Baca juga: Mari Kenalan dengan Batra, Mobil Konsep Sebelum Toyota Avanza - Daihatsu Xenia Lahir

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil