window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak?

Enda · 28 Jun, 2021 14:00

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 01

Toyota Avanza 1.3 G AT vs Toyota Raize 1.2 G CVT

Toyota Indonesia, melalui PT Toyota Astra Motor hingga saat ini masih terus menjajakan Toyota Avanza 1.3 G AT. Sebagaimana kita tahu, itu merupakan trim teratas dari Low MPV andalannya. Di segmen SUV sub-kompak, pihaknya kini  menawarkan Toyota Raize 1.2 G CVT yang belum lama ini diluncurkan sekaligus menjadi varian termahal Raize 1.200 cc.

Mengetahui bandrol terbarunya, baik Avanza 1.3 G AT dan Raize 1.2 G CVT saat ini dipatok dengan harga yang tak jauh berbeda. Seperti yang diketahui, Toyota Avanza 1.3 G AT kini ditawarkan Rp216,5 juta. Sedangkan Toyota Raize 1.2 G CVT diniagakan Rp215,8 juta dengan diskon PPnBM nol persen untuk keduanya.

Sedikit menarik kesimpulan, keduanya ini memiliki selisih harga Rp700 ribuan, yang mana Avanza 1.3 G AT ditawarkan dengan harga lebih mahal.

Melihat dari segmentasi, keduanya ini memang berbeda. Sebagai SUV sub-kompak, secara kapasitas Raize cuma bisa dimuati hingga 5 orang. Sedangkan Avanza masuk dalam kategori MPV yang dapat menampung hingga 7 orang didalamnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelum memutuskan untuk meminang salah satu dari keduanya, ketahui lebih dulu masing-masing fitur dan keunggulannya.

Baca juga: Harga Sama, Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover?

Punya Keluarga Besar Lebih Cocok Pilih Toyota Avanza 1.3 G AT

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 01

Toyota Avanza 1.3 G AT punya dimensi lebih besar dibandingkan Toyota Raize 1.2 G CVT

Toyota Avanza 1.3 G AT memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan Toyota Raize 1.2 G CVT mempunyai total dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm.

Melihat dimensi Avanza yang jauh lebih besar dari Raize, tentunya akan sangat cocok bagi keluarga yang memiliki jumlah anggota lebih dari lima orang dan gemar akan berpergian ke luar kota. Untuk menunjang kenyamanan berkendara bersama keluarga tercinta, Avanza juga sudah dilengkapi AC double blower yang mampu memberikan hembusan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Meski mempunyai dimensi yang kompak, kabin Toyota Raize ini tetap proporsional karena berhasil menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sama seperti Rocky yang dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Dengan begitu, Toyota Raize 1.2 G CVT sangat tepat digunakan dalam mendukung aktivitas sehari-hari khususnya di kota-kota besar.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Toyota Raize 1.2 G CVT Jauh Lebih Lengkap

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 02

Fitur keselamatan ABS (Anti-Lock Braking System) pada Toyota Avanza 1.3 G AT

Mengenai fitur keselamatan, varian teratas Toyota Avanza ini behasil disematkan Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, 2 titik sensor parkir, kamera parkir dan Front Passenger Seat belt Warning. Sedangkan fitur keamanannya hanya mengandalkan immobilizer dan alarm.

Bila dibandingkan dengan Toyota Raize 1.2 G CVT, fitur keselamatannya tersebut masih kalah canggih. Sebagai contoh seperti yang bisa kita lihat, fitur keselamatan pada varian trim teratas Raize 1.200 cc ini telah didukung ABS, airbag (D+P), 2 titik sensor parkir, kamera parkir, ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Seat belt Warning (D+P+RR3), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Soal fitur keamanannya varian teratas Raize 1.200 cc ini berhasil diaplikasikan Immobilizer, alarm serta tombol Push Start Button. Hebat bukan?

Fitur Unggulan Toyota Raize 1.2 G CVT Lebih Komplit

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 03

Fitur unggulan Toyota Raize 1.2 G CVT lebih komlit dibandingkan Toyota Avanza 1.3 G AT

Toyota Raize 1.2 G CVT ini dilengkapi layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Mengenai fitur hiburannya, mobil ini telah disematkan head unit berukuran 8 inci yang mendukung format Apple Carplay & Android Auto.

Toyota Avanza 1.3 G AT sendiri mendapatkan fitur hiburan berupa head unit 7” touchscreen yang juga dapat terkoneksi melalui format Apple Carplay & Android Auto. Tidak sampai disitu, varian teratas Avanza ini juga mendapatkan steering switch control yang berfungi untuk menjalankan beragam aplikasi pada sistem infotaimentnya.

Baca juga: Beda Lebih Dari Rp25 Juta, Pilih Toyota Raize Tipe 1.0L Turbo G CVT atau 1.2L G CVT Untuk Berkendara Harian?

Toyota Avanza 1.3 G AT Unggul Soal Jantung Pacu

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 04

Mesin berkode 1 NR-VE yang disematkan pada Toyota Avanza 1.3 G AT

Melihat jantung pacu yang digunakan, Toyota Avanza 1.3 G AT berhasil ditanami mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.329 cc yang mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Bicara Toyota Raize 1.2 G CVT, TAM sendiri menyematkan mesin baru berkodekan WA-VE 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88,4 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 113 Nm @4.500 rpm.

Transmisi Matic Toyota Raize 1.2 G CVT Jauh Lebih Nyaman dan Responsif Ketimbang Transmisi Avanza 1.3 G AT

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 05

Sebagai varian termahal, Toyota Avanza 1.3 G AT berhasil dikawinkan dengan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan (4AT). Menurut kami, perpindahan gigi yang dihasilkan kurang bergitu responsif dan kurang nyaman.

Sedangkan Toyota Raize 1.2 G CVT ini mendapatkan trasnmsisi CVT yang cukup responsif dan terasa begitu halus dalam setiap perpindahannya.

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak? 06

Transmisi CVT Toyota Raize

Nah, Raize 1.200 cc ini memakai transmisi CVT yang sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT atau yang dikenal D-CVT.

Dual Mode CVT mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsub dan Toyota telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Kesimpulan

Dengan melihat perbandingan antara Toyota Avanza 1.3 G AT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, secara konklusi Toyota Avanza sangat cocok dimiliki oleh keluarga Indonesia yang lebih mementingkan kapasitas penumpang, serta ketangguhan dalam menakhlukan berbagai medan berkontur.

Karenannya Toyota Avanza sendiri diketahui menggunakan penggerak roda belakang Rear-wheel Drive sebagai senjata utamanya.

Berbeda jika kalian lebih mengutamakan kenyamanan untuk aktifitas sehari-hari di kota besar, Toyota Raize 1.2 G CVT sangat bisa kalian andalkan. Hal ini dikarenakan varian termahal Raize 1.200 cc ini sudah menggunakan transmisi CVT. Transmisi CVT-nya sendiri sudah didukung teknologi D-CVT yang cukup responsif dan sangat halus dalam setiap perpindahannya sebelum ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Sebelum mengakhiri ulasan mengenai Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, perlu kalian ketahui bahwa konsumsi BBM Toyota Raize 1.2 G CVT ini terbilang sangat ramah di kantong. Dalam pengujiannya, SUV sub-kompak terbaru TAM ini mampu menempuh jarak 18 km/liter.

Sedangkan Toyota Avanza 1.3 G AT tercatat hanya dapat meraih jarak 14 km/liter.

Baca juga: Siapa Sangka, Fitur di Toyota Avanza Ini Ternyata Sering Tak Disadari

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil