Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Pakai Teknologi Mirip e-Power Nissan, Segini Prediksi Harganya

Prasetyo · 13 Okt, 2021 08:08

Toyota Raize Daihatsu Rocky

Toyota Raize hybrid dan Daihatsu Rocky hybrid akan diumumkan secara resmi di akhir tahun ini. Tambahan sistem hybrid ini oleh Daihatsu dinamakan e-Smart Hybrid.

Namun sebenarnya selain tambahan teknologi baru di mesin, ada juga sejumlah berubahan lain. Termasuk update dari fitur-fitur yang sebelumnya juga sudah ada di kedua SUV compact kembar itu.

Toyota Raize Daihatsu Rocky -3

Dirilis November 2021

Tapi sebenarnya seperti apa sih teknologi e-Smart Hybrid yang akan dipasang pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky? Dan apa aja hal baru di mobil ini? Oke mari kita bahas sedikit bocorannya yang dikutip dari Bestcar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Teknologi Hybrid yang Dikembangkan Daihatsu

Toyota Raize Daihatsu Rocky -1

Raize-Rocky akan pakai teknologi hybrid

Pertama-tama yang harus Anda ketahui adalah e-Smart Hybrid merupakan teknologi kombiansi mesin konvensional dengan electric motor. Dan teknologi ini ini dikembangkan oleh Daihatsu sehingga punya sistem yang sedikit berbeda dari teknologi Toyota Hybrid System (THS).

Karena Raize dan Rocky dikembangkan pakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), maka Daihatsu pun memutuskan untuk memakai teknologi e-Smart yang dikembangkan juga oleh Daihatsu. Bukan THS seperti yang dipakai pada beberapa mobil hybrid Toyota seperti Yaris Hybrid.

Baca juga : Raize-Rocky Minor Change Meluncur 1 November 2021, Tambah Fitur dan Pakai Mesin Hybrid!

Pakai Sistem Pedal Seperti e-Power Nissan

Toyota Raize Daihatsu Rocky -2

Sistem hybrid yang digunakan cukup unik

Sistem hybrid pada e-Smart Daihatsu ternyata memiliki kemiripan dengan sistem e-Power dari Nissan. Yaitu mesin bensin 1.2-liter akan mengoperasikan generator, dan motor listrik bertugas untuk menggerakan mobil.

Selain itu e-Smart Hybrid juga punya teknologi S-Pedal (Smart Pedal) yang fungsinya juga mirip dengan teknologi One Pedal di sistem e-Power Nissan. Yaitu ketika pengemudi melepas pedal gas atau pedal akselerator, maka mobil akan sekaligus mengalami deselerasi tanpa harus menginjak pedal rem.

Nissan Kick e-Power

Teknolgi pedalnya mirip One Pedal di Nissan Kicks e-Power

Kemudian saat pedal ditekan (diaktifkan) maka akan secara aktif menghasilkan tenaga listrik. Namun selama deselerasi, motor listrik akan menghasilkan energi regeneratif untuk membantu pengisian baterai. Dan sama seperti e-Power Nissan, ketika Smart Pedal diinjak penuh, akselerasi pun akan berlangsung secara mulus.

Konsumsi BBM Toyota Raize Hybrid Bisa Sampai 27 Km/liter

Toyot Raize Daihatsu Rocky -4

Sistem hybrid dipakai ke mesin 1.2L

Penggunaan motor listrik pada mesin bensin 1.2L di Raize dan Rocky tentunya membuat konsumsi BBM mobil ini jadi lebih baik. Klaimnya, sistem e-Smart Hybrid mampu membuat konsumsi BBM Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menjadi 27 km/liter.

Sebagai perbandingan, Raize-Rocky bermesin 1.0-liter Turbo 2WD punya catatan konsumsi BBM 18,6 km/liter. Sementara varian mesin 1.2L konsumsi BBM-nya 20,7 km/liter. Namun utnuk varian Raize dan Rocky 4WD konsumsi BBM sedikit lebih boros mengingat bobot mobil juga lebih berat sekitar 70 kg dibanding varian 2WD.

Baca juga : Tampang Mirip dan Mesin Serupa, Ini Alasan Pilih Daihatsu Rocky 1.2L Ketimbang Toyota Raize 1.2L

Dibuat lebih Nyaman Dibanding Versi Mesin Bensin

Toyota Raize Daihatsu Rocky -5

Kabinnya dibuat lebih kedap dan nyaman

Kemudian, Toyota Raize hybrid dan Daihatsu Rocky e-Smart hybrid juga disebutkan bakal punya fitur mengemudi (Drive Mode). Yaitu mode Normal dan Eco dan uniknya, sistem Smart Pedal juga bisa di nonaktifkan.

Kemudian kedua mobil hybrid ini juga diklaim akan lebih nyaman daripada versi mesin bensin konvensionalnya. Sebab Daihatsu akan melakukan siolasi lebih baik di bagian plat bodi. Ini akan membuat kabin kedua mobil jadi lebih kedap dan kenyamanan pengemudi serta penumpang juga bertambah baik.

Toyota Raize Daihatsu Rocky -6

Interiornya diprediksi hanya akan tawarkan warna berbeda

Selain itu ada fitur tambahan lain yang juga akan disuntikkan. Yakni Collision Mitigation System yang kini bisa mendeteksi pula pada saat pengendaraan malam hari. Kemudian sudah ada juga sistem electric parking brake serta lampu depan berfitur Follow Me Home.

Harganya Mulai Rp270 Jutaan

Toyota Raize Daihatsu Rocky -7

Hanya ada dua tipe varian

Akan mulai dipasarkan November 2021 tapi baru bisa tiba di dealer paling cepat sebulan setelahnya, Toyota Raize Hybrid akan datang dalam dua varian tipe, yakni tipe G dan tipe Z yang keduanya berpenggerak roda 2WD. Di Jepang prediksi harga Toyota Raize hybrid tipe G 2.163.000 Yen atau kira-kira Rp270 jutaan. Sementara yang tipe Z harganya 2.328.000 Yen atau setara Rp291,5 jutaan.

Untuk Indonesia, saat ini Toyota Raize 1.0 Turbo dibanderol mulai dari Rp219,9 juta hingga Rp265,9 juta. Sementara harga Toyota Raize 1.2 antara Rp202,7 jutan - Rp215,8 juta. Sedangkan harga Daihatsu Rocky 1.0 mulai dari Rp214,2 juta sampai Rp239,6 juta. Dan untuk Rocky 1.2 harganya Rp178,9 juta - Rp215 juta.

Baca juga : Duet Pendatang Baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mana yang Paling Laris?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Raize 1.2L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru