Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara

Prasetyo · 28 Apr, 2021 14:05

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara 01

Toyota dan Daihatsu akhirnya secara resmi mengumumkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua mobil ini kembali jadi produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu di Indonesia yang sudah terjalin sejak 2003.

Saat itu kolaborasi pertama dua perusahaan Jepang ini terjadi lewat Avanza dan Xenia. Lantas di 2006 muncul lagi produk kolaborasi keduanya melalui Rush dan Terios. Kolaborasi diteruskan di 2012 dengan hadirnya Agya - Ayla. Lalu disusul kemunculan Calya serta Sigra di 2016.

Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation Asia Region mengatakan, Toyota dan Daihatsu telah berkolaborasi di Indonesia sejak belasan tahun lalu. Ini tentunya memperkuat komitmen Toyota group di pasar otomotif Indonesia.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara 02

Toyota Raize

Sementara itu Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Repubik Indonesia menuturkan, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan bukti kuat sebuah komitimen kolaborasi untuk inovasi, investasi berkelanjutan, dan penerapan tenaga kerja Nasional.

Baca juga: 5 Hal Mengapa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Layak Dinantikan Peluncurannya!

Diracik dan Diproduksi di Indonesia

Lebih lanjut Soichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Co, Ltd. menambahkan, Daihatsu Rocky adalah compact SUV yang dikembangkan di pusat penelitian dan pengembangan PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia. Hal ini untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di dalam negeri. "Kami juga mengevaluasi fitur keamanan dari Daiahtsu Rocky untuk konsumen Indonesia namun tetap dengan harga yang terjangkau," katanya.

Rocky diracik oleh Daihatsu, kata Okudaira, menggunakan desain terkini termasuk untuk platform dan mesinnya. "Hal ini untuk menghasilkan kabin yang lega dalam bodi yang compact dan peningkatan dalam hal performa," sebut dia.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara 03

Daihatsu Rocky

Baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize akan diproduksi di fasilitas pabrik milik ADM. "Kami percaya dengan desain yang sporty dan stylish, Toyota Raize akan menjadi piihan tepat untuk konsumen di Indonesia di segmen compact SUV yang sedang berkembang," timpal Miyazaki.

Baca juga: Hasil Uji Akselerasi 0-100 Km/jam Toyota Raize Lebih Cepat dari Toyota Corolla Cross Hybrid, Nggak Percaya?

Akan Diekspor ke 50 Negara di Dunia

Tenyata Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang ada di Indonesia bukan cuma untuk konsumsi domestik. Miyazaki menegaskan, Toyota Raize dari Indonesia akan dieskpor juga ke negara lain. "Toyota Raize akan dipasarkan oleh Toyota Astra Motor dan juga akan diekspor ke hampir 50 negara berbeda di dunia," ucapnya.

Menteri Perindustrian pun mengapresiasi niatan Toyota dan Daihatsu untuk mengekspor Raize serta Rocky. Sampai akhir tahun 2021 target produksi kedua mobil ini mencapai 34.300 unit, dimana 8.800 unit diantaranya untuk pasar ekspor.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Resmi Diumumkan, Diproduksi di Indonesia dan Diekspor ke 50 Negara 04

Perkenalan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky secara virtual

"Hadirnya Rocky dan Raize ini tentunya akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis kendaraan Daihatsu dan Toyota. Saya berharap Astra Daihatsu Motor selaku produsen kedua model kendaraan tersebut berkomitmen untuk meningkatkan lokal komponen lebih dari 70 persen termasuk engine, bodi, sasis dan transmisi. Sehingga ini memperbesar peluang ekspor ke negara-negara lain, dan melibatkan lebih banyak SDM lokal dan pemasok lokal di industri kecil dan menengah," tukas Menteri.

Walaupun sudah resmi diperkenalkan, namun Toyota Raize dan Daihatsu Rocky baru akan tersedia di dealer Toyota serta Daihatsu di seluruh Indonesia pada 30 April 2021.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Raize 1.2L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru