window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Recall Alphard dan Vellfire Karena Masalah di Seat Belt

Yongki Sanjaya · 23 Sep, 2020 17:00

Toyota Recall Alphard dan Vellfire Karena Masalah di Seat Belt 01

Jakarta - Terkait adanya masalah di seatbelt atau sabuk pengaman pada Toyota Alphard dan Vellfire, PT Toyota Astra Motor secara resmi mengumumkan recall atau penarikan atas dua model tersebut. Seluruh distributor Toyota di dunia, termasuk di Indonesia, menginformasikan kepada para pemilik Toyota Alphard dan Vellfire untuk mengganti Seat Belt kendaraannya.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apabila ada suatu potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka Toyota akan melakukan pemeriksaan. Jika diperlukan, TAM akan mengganti komponen berdasarkan masalah yang ditemui. Proses pengecekan dan penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota atau lewat layanan home service tanpa biaya sama sekali (gratis).

“Sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan, kami menginformasikan dan sangat menghimbau para pelanggan agar dapat segera mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota. Recall berlaku bagi para pemilik kendaraan Alphard  & Vellfire tahun produksi Agustus-September 2019,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto. 

Toyota Recall Alphard dan Vellfire Karena Masalah di Seat Belt 01

Himbauan ini juga disampaikan Toyota kepada pelanggan melalui surat resmi maupun melalui saluran komunikasi seperti di media massa dan situs resmi Toyota. Seluruh jaringan Toyota akan dilibatkan untuk memastikan pemilik Toyota Alpard dan Vellfire segera melakukan penggantian Seat Belt kendaraan.  

Recall ini dilakukan oleh Toyota karena muncul adanya potensi tidak berfungsinya Seat Belt dengan baik  pada mekanisme penguncian di kendaraan yang dimaksud. Anda bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. 

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Cukup memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi  apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian Seat Belt atau tidak. 

Toyota Recall Alphard dan Vellfire Karena Masalah di Seat Belt 02

Jika hasil pemeriksaan kendaraan ternyata perlu mengganti suku cadang, maka proses penggantian dapat dilakukan di dealer yang masih beroperasi, terutama di area non PSBB. Selama masa pandemik, penggantian ini  juga dapat dilakukan setelah masa darurat COVID-19 ini selesai. 

Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service penggantian terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan  part yang akan diganti. Pengerjaan pengecekan dan penggantian Seat Belt Toyota Alphard dan Vellfire ini berlangsung sekitar 1/2 jam hingga maksimal 4 jam tanpa dipungut biaya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil