Toyota Rush 2021 Meluncur di Filipina, Facelift di Indonesia Tahun Depan?

Bent Aulia · 20 Des 2020 13:00

Baru saja mendapatkan perubahan beberapa tahun lalu, ada perubahan baru yang ditawarkan bagi Toyota Rush 2021 untuk konsumen di Filipina, termasuk dengan penambahan bangku baris belakang. Dengan generasi kedua diperkenalkan pada 2017 silam, akankah Toyota Rush akan mendapatkan ubahan tengah generasi di Indonesia tahun depan?

Toyota Rush 2021 di Filipina

Bukan hanya di Indonesia, mobil Toyota Rush juga mendapatkan tempat spesial di pasar Filipina. Dan yang terbaru, Toyota Motor Philippines (TMP) beberapa waktu lalu meluncurkan model tujuh tempat duduk setelah sebelumnya Rush hanya mendapatkan pilihan lima tempat duduk.

Toyota Rush TRD Sportivo

“Rush adalah kendaraan keluarga favorit, dan dengan kedekatan orang Filipina dan sering kali keluarga besar, kami menambahkan baris ketiga untuk menghadirkan kegembiraan saat bergerak bersama," ungkap Sherwin Chualim, Wakil Presiden Operasi Penjualan Kendaraan TMP.

Kapasitas tujuh tempat duduk akan menjadi jualan terbaru bagi Rush di Filipina untuk konsumen yang sudah berkeluarga. Selain itu, fitur kamera belakang yang disukai di Toyota Rush E sebagai varian tertinggi juga sudah disematkan pada Toyota Rush E sebagai varian entry level di Filipina.

kursi Toyota Rush Filipina

“Karena dorongan kami untuk memajukan mobilitas untuk semua menjadi lebih relevan terutama saat ini ketika transportasi yang aman dengan jarak sosial sangat penting, kami bertujuan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan Filipina, dan memberi mereka nilai terbaik,” tambahnya.

Semua varian Toyota Rush mempertahankan berbagai fitur, termasuk sistem infotainment 7.0 inci, sonar belakang, fitur keselamatan dengan 6 SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), dan Vehicle Stability Control. Termasuk ground clearance yang tinggi, mencapai 220 mm.

sistem keselamatan Toyota Rush

Pembaharuan dari mobil Toyota Rush mendapatkan peningkatan harga. Harga Toyota Rush 2021 untuk varian E dimulai dari 983.000 peso (Rp289 jutaan) untuk varian M/T. Sedangkan Toyota Rush G A/T dibanderol 1.023.000 peso (Rp300 jutaan).

Rush terbaru disebut akan mempertahankan posisinya sebagai kendaraan keluarga yang modern, stylish, luas, efisien namun tetap terjangkau. Menjadi alternatif SUV untuk pengendaraan yang bergaya sporty tanpa mengeluarkan banyak orang.

Berbeda dengan Indonesia, Toyota Rush merupakan nama baru di Filipina. Baru diperkenalkan pada tahun 2018, Rush langsung menjadi salah satu model terlaris TMP. Bahkan pada 2019, TMP menjual lebih dari 15.000 unit mobil Toyota Rush, menjadikannya model SUV paling laris TMP tahun lalu.

Toyota Rush 2021 Versi facelift di India

Toyota Rush juga menjadi salah satu model yang laris manis di India. Sejak meluncur tahun 2017, Rush diprediksi akan mendapatkan facelift. Bahkan pada pertengahan tahun lalu, ada rendering dari varian Toyota Rush TRD Sportivo 2021 di India.

Terlihat penyegaran dari grille berbentuk segi enam dengan kisi angin yang terpisah di bagian bawah. Lampu facelift Toyota Rush tak ketinggalan mendapatkan desain yang lebih sipit. Bumper bawah dengan desain rumah lampu kabut layaknya Mitsubishi Xpander.

rendering Toyota Rush 2021

Di sisi samping, perubahannya terasa dengan penempatan cladding di bawah pintu guna menawarkan tampilan yang lebih sporty, lengkap dengan tulisan TRD Sportivo. Begitu pula velg dengan desain two tone yang dibuat berbeda dibandingkan generasi kedua.

Bagian dalam diprediksi masih tetap sama, tanpa revisi signifikan dalam bentuk komposisi maupun pengaturan dashboard maupun konsol tengah. Interior didominasi warna hitam dengan kelir beige. Jika di Indonesia Rush tersedia dalam konfigurasi lima dan tujuh tempat duduk, hanya model tujuh jok yang akan dibawa ke India.

mesin Toyota Rush

Dari berbagai sumber, SUV Toyota Rush kemungkinan tetap menggunakan mesin bensin 2NR VE 1.5L Dual VVT-i 4-silinder dengan tenaga maksimal 103 hp dan torsi puncak 136 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui girboks manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Hanya saja tanggal peluncuran SUV Toyota Rush ini belum dikonfirmasi oleh pabrikan Jepang tersebut. Sedangkan harga Toyota Rush 2021 di India diprediksi mulai dari Rs 13 lakh (Rp250 jutaan). Di India, rush akan berhadapan dengan Honda BR-V dan Hyundai Creta 7-seater terbaru.

Perubahan Toyota Rush dari masa ke masa

Toyota Rush 2007

Toyota Rush sudah dua kali mendapatkan perubahan berskala besar serta beberapa penambahan dan revisi fitur serta desain minor. Jika benar Toyota memperkenalkan edisi terbaru Rush di tahun depan, perubahan tersebut akan menjadi facelift pertama untuk generasi kedua yang melenggang tahun 2017 silam.

Generasi pertama Toyota Rush(2007-2017)

Kemunculan perdana Toyota Rush pada Desember 2016 bersamaan dengan generasi kedua Daihatsu Terios yang menjadi basisnya. Menggunakan platform dan dimensi yang sama, Rush membawa lima bangku, sedangkan Terios menggunakan konfigurasi tujuh bangku.

Toyota Rush 2008

Tampilan luarnya memang tak banyak berbeda dibandingkan Terios. Dengan gaya SUV nan maskulin, Rush mendapatkan lampu depan yang cukup lebar dengan teknologi halogen. Di bawah terdapat bumper dengan aliran udara serta lampu kabut.

kursi Toyota Rush 2013

Masuk ke dalam kabin, tampilannya memang tak begitu megah. Masih mengenakan head unit 2DIN, ada knop pengaturan AC serta ruang penyimpanan pada konsol tengah. Setir palang tiga yang masih polos serta kursi berbalut lapisan kain yang cukup empuk untuk diduduki.

setir Toyota Rush 2013

Pada Oktober 2010, Daihatsu dan Toyota kompak memperkenalkan revisi minor bagi Rush dan Terios. Kala itu Toyota Rush G sudah mendapatkan transmisi otomatis, kisi grille yang lebih padat, serta lampu belakang yang dibuat bening.

Kehadiran Toyota Rush TRD Sportivo

Konsumen mulai merasakan tampilan Rush masih terlalu biasa. Oleh karena itu, Toyota mulai menawarkan model TRD (Toyota Racing Development) yang memberikan tambahan kit untuk desain yang lebih sporty. Lalu hadirnya Rush TRD Sportivo tahun 2013.

Toyota Rush TRD Sportivo

Desain secara keseluruhan tak begitu banyak berubah, apalagi pada bagian dalam dan fitur yang digunakan. Hanya saja TAM menambahkan spoiler belakang dan menghadirkan desain baru pada bumper depan dan belakang.

Ubahan selanjutnya terlihat dari revisi mini pada eksterior. Toyota memberikan ubahan terbaru dari grille, bumper depan, dan mulai menggunakan lampu depan dan belakang berteknologi LED. Rush juga mendapatkan Alloy Wheel Polisher berukuran 6 inci.

kursi Toyota Rush TRD Sportivo

Pada tahun 2016, Toyota Rush di Indonesia mulai mendapatkan kapasitas tujuh bangku di dalam kabin. Sedangkan varian TRD Sportivo diganti menjadi Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Varian baru ini menggunakan Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate baru untuk rasa berkendara yang lebih nyaman.

Generasi kedua Toyota Rush(2017-sekarang)

Eksterior semakin modern dengan tampilan lampu depan yang lebih sipit dan grille yang baru. Bagi model TRD Sportivo, ada underguard untuk tampilan yang lebih sporty. Yang paling berubah terlihat dari bagian belakang yang akhirnya tanpa ban serep bergaya ‘konde’.

Toyota Rush TRD Sportivo

Yang baru pada sistem yang ditawarkan ada Start Stop Button yang akan memudahkan pengemudi menghidupkan mobil. Fitur lain yang juga disematkan sebagai pengaturan AC digital, head unit 7.0 inci serta visual yang baru dari Multi Information Display (MID).

Sistem keselamatan juga lebih baik dengan beberapa tambahan fitur. Mulai dari Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Termasuk 6 airbag yang terpasang di dalam kabin.

kursi Toyota Rush 2018

Dari segi mesin, Toyota Rush generasi kedua sudah mendapatkan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.5L dan teknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 103 hp dan torsi maksimal 136 Nm dengan transmisi 5-percepatan manual serta 4-percepatan otomatis.

Beda Toyota Rush 2021 dengan sebelumnya

Belum ada detail resmi mengenai facelift Toyota Rush 2021. Tapi jika pun ada, perubahan sebagian besar mengarah pada visual kosmetik baru serta beberapa tambahan teknologi untuk menggaet konsumen di tengah gempuran SUV kompak yang semakin ramai di Indonesia.

Eksterior Toyota Rush 2021

Banyak anggapan tentang tampilan yang lebih agresif dari Toyota Rush 2021. Meskipun saat ini masih belum ada yang bisa memastikan seberapa besar perubahan yang nantinya akan diberikan pada SUV kompak nan terjangkau ini.

bagian depan Toyota Rush 2020

Sedangkan beberapa media telah memprediksi tampilan terbaru Rush menggunakan rendering komputer. Sebagaimana yang dilakukan oleh RMR Carworks yang membawa tampilan bergaya berani dengan lampu depan yang lebih sipit serta grille segi enam.

bumper Toyota Rush 2020

Peralatan bergaya off-road seperti skid plate di bagian depan serta cladding samping bisa saja disematkan pada mobil ini. Bagian belakang juga sudah cukup berani, jadi tak ada alasan bagi Toyota untuk mengubah desain lampu belakang hingga bumper bawah pada Toyota Rush 2021.

Interior Toyota Rush 2021

Bagian dalam juga dipastikan memiliki konfigurasi tombol serta desain yang tak jauh berbeda. Namun Toyota bisa saja membawa tambahan warna interior baru atau beberapa fitur anyar yang diberikan pada varian tertinggi.

dashboard Toyota Rush 2020

Pasalnya untuk pengaturan interior, Rush sudah mendapatkan komposisi yang cukup baik. Dengan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega ditambah beberapa ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin.

head unit Toyota Rush 2020

Mesin Toyota Rush 2021

Dengan modal facelift, kemungkinan besar mesin yang digunakan tak mengalami perubahan. Tapi bukan tak mungkin Rush akan mendapatkan pembaharuan pada teknologi mesin yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi maupun performa berkendara.

mesin Toyota Rush 2020

Saat ini, baik Toyota Rush G maupun Toyota Rush TRD Sportivo yang dipasarkan di Indonesia mendapatkan satu pilihan mesin saja. Yaitu mesin 2NR-VE berkapasitas 1.5L 4-silinder dengan teknologi DOHC dan VVT-i.

Rush mampu menghasilkan tenaga maksimal 103 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 136 Nm. Tenaga yang tak begitu besar, tapi sudah cukup untuk membawa mobil ini melaju mulus di jalanan perkotaan maupun ketika dibawa mendaki pada saat berkendara ke luar kota.

Fitur Toyota Rush 2021

Toyota bukanlah pabrikan yang pelit fitur. Tapi ada beberapa fitur yang hanya dipasangkan pada varian TRD Sportivo. Seperti head unit layar sentuh 7.0 inci, MID semi digital, serta AC Digital. Revisi facelift Toyota Rush 2021 bisa saja menambahkan fitur tersebut pada varian G yang lebih rendah.

AC Toyota Rush 2020

Semua fitur keselamatan yang dipasang pada Toyota Rush bisa didapatkan pada semua varian, bukan hanya varian tertinggi. Seperti Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), sistem pengereman ABS hingga 6 airbag di dalam kabin.

airbag Toyota Rush 2020

Untuk menambahkan rasa berkendara dan menciptakan rasa aman, Toyota bisa saja membawa teknologi Electronic Braking System (EBD) dan Brake Assist (BA) yang sudah dipasang pada beberapa model Toyota lainnya, seperti Toyota Yaris maupun Toyota Kijang Innova.

Harga Toyota Rush 2021

Ubahan minor dari Rush di Filipina membuat harganya bertambah. Contohnya harga Toyota Rush 2021 mulai dari 983.000 peso, atau setara dengan Rp289 jutaan ketika dibawa di Indonesia. 
 

harga Toyota Rush 2020

Sedangkan Rush di Indonesia saat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp255 jutaan untuk Toyota Rush G M/T sebagai varian terendah. Untuk Toyota Rush TRD Sportivo yang menjadi varian tertinggi, mobil ini dibanderol Rp266 jutaan. Dengan perubahan terbaru, harganya diprediksi meningkat tahun depan.

Kesimpulan

Dengan generasi terbaru dirilis pada 2017 lalu, tak menutup kemungkinan Toyota Rush 2021 akan diperkenalkan sebagai pilihan baru yang lebih sporty berupa perubahan minor pada eksterior. Walaupun teknologi dan mesin diprediksi tak mengalami perubahan. Tapi dengan kehadiran tampilan yang lebih segar, Rush akan mendapatkan warna baru ketika bersaing dengan SUV kompak lainnya di Indonesia tahun depan.

Komentar

Mobil Terbaru