Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin

Adit · 13 Agu, 2021 20:10

Idling Stop System Toyota Rush GR Sport

Ubahan Toyota Rush GR Sport dari versi TRD Sportivo rupanya tak cuma tampilan. Tapi juga ada fitur baru yang disebut Automatic Idling Stop System. Fitur tersebut diklaim dapat membantu mengefisiensikan konsumsi bahan bakar (BBM) mobil. 

Seperti yang ada di Honda Vario, Idling Stop System bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis dalam kondisi idle (mesin hidup tanpa melaju).

Misalnya saat berhenti di kemacetan atau ketika berhenti di lampu merah. Kemudian mesin akan otomatis hidup kembali saat pedal gas diinjak. Sehingga tujuan hemat bensin beserta lebih ramah lingkungan bisa tercapai, lantaran tak ada emisi saat fitur tersebut aktif.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Idling Stop System Toyota Rush GR Sport -1

Fitur baru di Toyota Rush

Baca juga: 5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?

Cara Aktifkan Idling Stop System di Toyota Rush GR Sport

Fitur penghemat bensin ini hadir di semua varian Rush GR Sport, baik yang bertransmisi manual atau matik. Fungsinya bisa dihidup atau matikan lewat tombol yang tersedia di sisi pengemudi yang letaknya di samping tombol Vehcile Stability Control (VSC). Simbolnya berupa huruf A yang dilingkari dan di bawahnya terdapat kata OFF. 

Tapi cara kerja idling stop antara Rush GR Sport manual dan matik berbeda seperti diungkapkan Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Supaya mesin bisa mati dan tidak ada bahan bakar terbuang, ada beberapa cara yang harus dilakukan. 

Idling Stop Toyota Rush GR Sport -2

Injak pedal rem beberapa saat, maka mesin otomatis mati

"Untuk matik, posisi transmisi di D, keadaan berhenti, injak rem agak dalam dan mesin akan mati. Ketika pedal rem dilepas atau pedal gas diinjak, mesin akan starter kembali," jelas Didi saat dihubungi. 

Namun untuk manual, posisikan transmisi di netral dalam keadaan berhenti. Lalu pedal kopling dilepas, sejurus kemudian mesin akan mati. "Ketika pedal kopling diinjak lagi atau pedal gas ditekan, maka mesin akan hidup kembali," sambung Didi. 

Idling Stop Toyota GR Sport -4

Cuma ada di varian GR Sport

Tapi yang jadi perhatian adalah fitur idling stop system bekerja dengan baik apabila memenuhi segala kondisi seperti kap mesin dalam keadaan tertutup, semua pintu tertutup, sabuk pengaman digunakan, aki dalam kondisi prima, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

Bagaimana AC Saat Idling Stop di Toyota Rush GR Sport Aktif? 

Saat aktif, idling stop system akan mematikan mesin. Hal ini tentunya juga akan menghentikan kinerja penyejuk kabin atau AC sejenak sampai mesin dihidupkan lagi. Makanya saat menumpang Toyota Rush GR Sport terbaru jangan kaget manakala suhu di dalam kabin akan naik dan terasa hembusan angin saja. 

Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin 04

Pengaturan AC Rush GR Sport

Bagi sejumlah orang bisa membuat tidak nyaman, makanya pengemudi diberikan opsi untuk bisa menonaktifkannya lewat tombol. Fiturnya mampu memangkas konsumsi bensin karena mencegah terbakar sia-sia, tapi harus dibayar lewat fungsi AC yang ikut dimatikan.

"Tapi yang pasti blower tetap hidup, namun kompresor AC mati karena mengikuti putaran mesin," pungkas Didi.

Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin 05

Layout dashboard Toyota Rush GR Sport.

Fitur Idling Stop Tak Cuma di Toyota Rush GR Sport

Fitur idling stop bukan barang baru di kendaraan roda empat. Rupanya beberapa mobil pabrikan tiga elips ini juga telah memilikinya seperti Toyota Alphard atau Toyota Vellfire hingga Lexus NX 200.

Tetapi untuk Rush, hanya varian GR Sport yang Toyota jejali dengan fitur tersebut.

Baca juga: Bikin Irit Bensin, Idling Stop System Malah Mempersingkat Usia Aki?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru