window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Siapkan Mobil Hybrid untuk Pasar Indonesia Setelah Innova Zenix, Rush atau Veloz?

Herdi · 28 Jan, 2023 10:35

Toyota Siapkan Mobil Hybrid untuk Pasar Indonesia Setelah Innova Zenix, Rush atau Veloz? 01

Toyota Indonesia dipastikan bakal menambah amunisi mobil hybrid terbaru untuk pasar otomotif nasional. Apalagi, kehadiran Toyota Kijang Innova Zenix yang dilengkapi teknologi hybrid mendapatkan sambutan positif di hati masyarakat. 

Hal ini pula yang bikin banyak orang penasaran apa model mobil elektrifikasi Toyota yang bakal dijual di Indonesia selanjutnya?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam tak menampik, jika Toyota menyiapkan roadmap elektrifikasi khususnya mobil hybrid di Tanah Air. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mobil Hybrid Dapat Subsidi, Toyota Veloz Hybrid Bakal Meluncur Tahun 2023

Proses pemasangan baterai hybrid yang produksi di pabrik TMMIN

Proses pemasangan baterai hybrid yang dilakukan teknisi di pabrik produksi TMMIN

Kata Bob, alasan memilih teknologi hybrid karena sebagai pabrikan harus melihat sustainability dan paling penting pondasi produk yang kuat sehingga mudah dikenal. Selain itu, lanjut dia, mobil hybrid juga dipercaya dapat menurunkan emisi karbon.

"Sementara yang kita kuasai hybrid. Tidak menutup kemungkinan model-model BEV (Battery Electric Vehicle), tapi mungkin membutuhkan waktu, nanti berlangsung tiga tahun kelamaan, atau kecepatan," ungkap Bob.

Bob sendiri membocorkan, jika teknologi hybrid yang akan dibenamkan pada mobil Toyota berikutnya datang dari model mobil B-Segmen. Dimana jenis mobil di segmen tersebut dianggap paling populer untuk pasar Indonesia. 

Toyota sudah bisa membuat mobil hybrid dan pemasangan baterainya dilakukan di pabrik TMMIN

Toyota sudah bisa membuat mobil hybrid dan pemasangan baterainya dilakukan di pabrik TMMIN

Sinyal mobil hybrid B-Segmen yang disebutkan Bob memang masih abu-abu alias tidak begitu detail. Bahkan, Bob sendiri enggan secara gamblang menyebutkan apa model mobil di B-Segmen yang dimaksud. 

Namun begitu, jika kita melihat model-model mobil Toyota di B-Segmen dan merupakan mobil populer di pasar Indonesia, maka bukan tak mungkin mobil yang dimaksud adalah Toyota Rush atau Veloz. Hal ini juga karena kedua mobil tersebut sudah dibuat di Indonesia.

Baca juga: Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah?

Persiapan Toyota Menyambut Mobil Hybrid Baru

Toyota Siapkan Mobil Hybrid untuk Pasar Indonesia Setelah Innova Zenix, Rush atau Veloz? 03

Toyota Rush bakal berubah hybrid?

Untuk menghadirkan mobil hybrid terbaru, bagi Toyota, hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah supply chain atau rantai pasok komponen. Sebab, hal ini jadi bagian paling penting untuk memproduksi secara mandiri. 

"Kalo di Indonesia enak naikin kapasitasnya, kalau negara lain butuh waktu itu yang menjadi pertimbangan kita. Sekali kita mengenalkan produk, sustainablenya atau suplai terutama tetap terjaga, jadi secara bisnis plan sudah clear roadmap kita,” kata Bob.

Toyota Ilustrasi Kijang Innova Zenix yang sudah dilengkapi dengan teknologi hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix yang sudah dilengkapi dengan teknologi hybrid

Namun sayang, Bob masih malu-malu untuk menginformasikan lebih jauh kapan mobil B-Segmen Hybrid diluncurkan. Hanya saja, menurut sumber AutoFun, mobil Toyota terbaru dengan teknologi hybrid ini akan diluncurkan tahun 2023.

Akan tetapi, jika kita membahas Toyota Rush, maka dilihat dari jadwalnya bukan tak mungkin tahun ini adalah waktu untuk melakukan ubahan. Sedangkan untuk Toyota Veloz sendiri model barunya meluncur pada akhir November 2021, sehingga diprediksi belum waktunya berubah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia