Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru

Evan · 14 Sep, 2021 15:00

Toyota Sienta 2022

Toyota Sienta 2022 digosipkan bakal segera dirilis awal tahun depan. Model ini akan menjadi generasi terbaru dari Sienta. Tentunya banyak perubahan yang ditawarkan oleh Toyota.

Generasi kedua Sienta sejatinya sudah ada sejak 2015 di Jepang dan baru meluncur ke Indonesia satu tahun setelahnya. Berumur enam tahun tanpa adanya pergantian generasi tentu membuat calon konsumen merasa bosan. Padahal di negara asalnya Sienta termasuk mobil terlaris Toyota.

Toyota sepertinya mengerti masalah ini dan dengan cepat melakukan ubahan di beberapa sektor yang menjadi kekurangan Sienta. Begitulah menurut bocoran yang kami terima melalui media otomotif di Jepang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga : Toyota Corolla Cross GR Sport Dirilis, Ini Daftar Komponen Barunya

Eksterior dan Interior Dapat Ubahan Drastis

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 01

Desain eksterior ubahan terbesar

Memang belum ada bocoran resmi terkait eksterior maupun interior Toyota Sienta 2022. Tetapi berdasarkan render bestcarweb bisa terlihat kalau Toyota mengedepankan sisi sporty dan menggunakannya pada sebuah MPV Keluarga.

Soal kabin, Sienta terbaru kemungkin akan semakin lega dan lapang khususnya pada legroom. Itu karena infonya ada penambahan wheelbase sekitar 20 mm dibanding generasi saat ini.

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 02

Generasi Sienta ini sudah berumur enam tahun

Penambahan panjang ini nantinya juga berpengaruh juga pada luas bagasi, yang menjadi kekurangan Sienta generasi kedua. 

Satu bocoran yang menarik, Sienta generasi ketiga akan menggunakan electric parking brake (EPB) menggantikan rem injak seperti versi Jepang maupun rem tangan seperti di Tanah Air.

Pakai Platform Toyota TNGA-B

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 03

Pakai basis Toyota Aqua

Masih dari sumber yang sama, Toyota Sienta terbaru akan menggunakan modifikasi platform TNGA-B milik salah satu hybrid Toyota yaitu Aqua. Platform ini memang dibuat khusus untuk kendaraan sub-kompak/hatchback dan juga crossover SUV. 

Platform ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan penggerak roda depan (FWD) dan memiliki transmisi CVT serta panjang sumbu roda antara 2.550 mm hingga 2.560 mm. Selain Aqua, platform ini juga kabarnya akan hadir pada Toyota Yaris dan Yaris Cross generasi berikutnya.

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 04

Platform TNGA-B

Klaim Toyota platform TNGA-B mengurangi berat mobil keseluruhan, menurunkan center of gravity, serta memperbaiki rigiditas bodi kendaraan. Tujuannya menghasilkan pengendaraan yang lebih gesit dan sigap.

Baca Juga : Tanpa Embel-embel Limited, Ini Alasan Toyota Rush GR Sport Lebih Laris Daripada Veloz GR Limited

Mesin Baru dan Penggerak All-Wheel Drive

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 05

Mesin 1.500cc tiga silinder milik Toyota Aqua

Generasi Ketiga Sienta kemungkinan besar akan hadir dalam dua pilihan mesin baru dimana salah satunya adalah hybrid. Mesin ini sebelumnya sudah digunakan pada beberapa produk Toyota lainnya seperti Yaris Cross dan Aqua.

Pertama, mesin berkode M15A-FKS Dynamic Force 1.500cc tiga silinder. Sumber tersebut mampu memproduksi output tenaga 93 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 120 Nm di 3.800-4.800 rpm.

Toyota Sienta 2022 Siap Meluncur, Pakai Platform TNGA dan Banyak Teknologi Baru 06

Mesin hybrid sama seperti Yaris Cross

Sedangkan satunya lagi merupakan mesin hybrid memakai kode M15A-FXE 1.500cc Dynamic Force tiga silinder. Tapi mesin ini ditambah dengan motor listrik dan baterai bipolar nickel hydrogen sehingga menghasilkan 120 PS pada 6.660 rpm dan torsi 145 Nm.

Kedua mesin mendapatkan transmisi CVT dan menyalurkan tenaga tesebut dengan dua opsi yaitu penggerak depan (FWD) atau semua roda (AWD).

Lantas apakah PT Toyota Astra Motor (TAM) akan membawa Toyota Sienta 2022 ke Indonesia? Rasanya sangat mungkin, namun akan ada penyesuaian dibanding versi Jepang. Kita tunggu saja!

Baca Juga : Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia Sudah Bisa Dipesan, Harganya Nyaris Rp3 M

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru