Toyota Sienta Semakin Komplet untuk Semua Kebutuhan Keluarga

Samuel Tito · 28 Okt 2020 10:00

Toyota Sienta terus menjadi sebagai salah satu MPV andalan merek Toyota di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan peluncuran Toyota Sienta facelift tahun lalu, serta tahun ini adanya penambahan varian Welcab. Perkembangan ini menunjukkan bahwa Toyota Indonesia masih optimistis Toyota Sienta memiliki pencinta tersendiri.

Pada peluncuran versi facelift pada akhir tahun lalu, Toyota Sienta memperlihatkan ubahan pada desain gril yang dibuat berbeda. Perubahan yang paling mencolok adalah ukurannya yang dibuat lebih kecil dan dibelah dengan aksesori krom berbentuk huruf V. Pada gril sebelumnya, selain lebih besar, aksesori krom juga seperti bilah belah lurus.

Sedangkan untuk interiornya, Toyota juga melakukan sedikit perubahan pada sandaran lengan baik pada bagian depan (CVT) maupun jok belakang. Toyota mengklaim dengan ubahan ini pengemudi dan penumpang lebih nyaman untuk varian V dan Q. Selain itu, semua varian Sienta tampil dengan jok warna hitam. Sementara pilihan warna Burgundy untuk varian Toyota Sienta V dan Q serta hitam untuk varian G.

Untuk fitur keselamatan, Toyota belum melakukan perubahan apapun. Pasalnya, Toyota Sienta berhasil meraih Asean NCAP bintang lima untuk varian Vehicle Stability Control (VSC). Semua varian Toyota Sienta sudah dilengkapi dengan fitur 3 airbag. Lalu ada fitur keselamatan ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, dan Head Impact Mitigating Structure.

Sementara, khusus untuk Toyota Sienta varian Q, fitur keselamatannya juga dilengkapi dengan Hill Start Assit (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Mobil Baru Toyota Sienta Welcab

Tahun ini, Toyota kembali menghadirkan varian baru untuk Toyota Sienta yaitu welcab. Seperti namanya, fitur unggulannya adalah kursi welcab produksi Toyota, yang ramah bagi orang tua penyandang cacat dan lanjut usia.

Kursi tersebut dapat bergerak keluar masuk pintu secara otomatis menggunakan tombol kontrol yang ada di kursi atau melalui aplikasi smartphone yang terhubung dengan Bluetooth.

Kursi welcab ada pada bagian sisi kiri baris kedua Sienta, bentuknya berupa kursi kapten dengan sandaran tangan kanan, sandaran kepala, plus sandaran kaki. Sedangkan di sisi kanan terdapat tempat duduk kapten dengan satu sandaran untuk tangan kiri.

Versi konsepnya sempat diperlihatkan pada Indonesia Trade Expo ke-33 pada Oktober 2018. Saat itu, Toyota memprediksikan produksi dan penjualan massal akan dilakukan pada 2019, namun ternyata perkiraan tersebut meleset. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, tak heran Toyota tetap optimistis Sienta tetap memiliki daya tarik tersendiri di mata publik.

Hal itu ditunjukan oleh Toyota Indonesia dengan meluncurkan Toyota Sienta Welcab. Mobil ini didaulat sebagai kendaraan yang ramah disabilitas, bahkan ada dua stiker terkait yang ditempel di bagian depan dan belakang mobil.

Dibandingkan dengan Sienta generasi sebelumnya, Sienta Welcab sepertinya tidak banyak mengalami ubahan pada eksteriornya. Memang interiornya memiliki banyak hal menarik.

Dimensi Toyota Sienta Welcab

Toyota Sienta Welcab tidak mengalami perubahan dimensinya, tetap mengusung basis Sienta V dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Pada bagian kaki-kaki, Sienta Welcab menggunakan pelek berukuran 16 inci dengan profil ban 195/50. Nah, untuk sistem pengeremannya mobil ini menggunakan cakram berventilasi di bagian depan dan cakram padat di bagian belakang.

Soal tenaga, Toyota Sienta Welcab menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder DOHC dual VVT-i. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, tenaganya mencapai 107 hp pada 6.000 rpm, sedangkan torsinya 193 Nm pada 4.200 rpm.

Mengamati bagian interiornya, kabin Toyota Sienta Welcab didominasi dengan warna hitam, serta dengan list silver di bagian dashboard. Beberapa penempatan tombol terlihat berbeda sob, seperti saat duduk di kursi pengemudi, di belakang kemudi terdapat tombol AC belakang, purifier dan buka tutup pintu geser yang bekerja secara elektrik.

Sedangkan lingkar kemudi hanya memiliki satu sisi yang terdapat tombol. Ini terintegrasi dengan head unit untuk volume dan track.

Selanjutnya di bagian tengah dashboard terdapat head unit dengan layar berukuran 8 inci yang dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui bluetooth. Fitur hiburan lainnya dapat dihubungkan melalui USB atau CD / DVD. Seperti mobil Toyota lainnya, Sienta Welcab juga dilengkapi dengan fitur M-Toyota.

Dimensi Toyota Sienta 2020
Panjang 4.235 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.695 mm
Wheelbase 2.750 mm

Fitur Toyota Sienta Welcab

Di bawah head unit terdapat pengaturan AC yang sudah digital dengan dial pengaturan suhu. Serunya, Toyota Sienta Welcab dilengkapi dengan tempat penyimpanan botol sebanyak 6 buah. Mobil ini berkapasitas 5 penumpang dengan captain seat di baris kedua.

Mengingat Toyota Sienta Welcab merupakan mobil yang ramah disabilitas, maka jok di kiri baris kedua bisa disetel menggunakan remote di samping hingga jok keluar dari mobil. Fitur ini sangat membantu saat kursi digunakan oleh penyandang disabilitas atau lansia.

Joknya juga dilengkapi papan untuk pijakan kaki, tapi bisa dilipat saat tidak digunakan. Ini adalah hal kecil yang penting, jika tidak ada papan, kaki-kaki pasti akan seret saat mengatur jok keluar dari mobil.

Selain remote built-in dari mobil, pengaturan yang sama dapat dilakukan melalui aplikasi Kontrol Kursi. Koneksinya pakai bluetooth, kodenya ada di belakang jok. Nah, jok berputar ini memang tidak memiliki pengaturan jok secara umum, misalnya bolak-balik.

Mengingat kapasitas kursi yang hanya 5 penumpang, di baris ketiga hanya tersisa satu kursi. Sayangnya, saat mencoba masuk ke baris ketiga terasa cukup sempit. Sandaran lengan harus dilipat agar aksesnya lebih mudah, namun saat duduk pun kaki tidak terasa nyaman karena tidak ada jarak yang tersisa.

Meski hanya ada satu penumpang di baris ketiga, tersedia dua cup holder. Sisi kiri sengaja dibuat kosong dan bisa digunakan untuk tempat penyimpanan kursi roda atau barang lain.

Daftar Harga Toyota Sienta di Indonesia

Toyota Sienta
Toyota Sienta 1.5 G MT Rp 257.750.000
Toyota Sienta 1.5 G CVT Rp 257.750.000
Toyota Sienta 1.5 V MT Rp 272.750.000
Toyota Sienta 1.5 V CVT Rp 290.750.000
Toyota Sienta 1.5 Q CVT Rp 311.550.000

Komentar

Mobil Terbaru