window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain

Prasetyo · 1 Mei, 2023 08:04

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 01

Toyota Veloz generasi terbaru rupanya tak cuma digemari masyarakat Indonesia. Negara lain yang jadi tujuan ekspor MPV tersebut juga tinggi peminatnya. Satu diantaranya Thailand.

Meskipun segmen MPV 7 penumpang di Negeri Gajah Putih itu tak sebesar di Indonesia, namun rupanya permintaan model MPV tetap banyak. Mobil-mobil seperti Veloz, Xpander, dan Ertiga menghiasi jalan raya di Thailand.

Baca juga: Thailand Diserbu Pabrikan Mobil Listrik China Buat Bikin Pabrik, Indonesia Kapan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi siapakah raja MPV di negara itu? Berikut laporan dari Autolife Thailand.

Toyota Veloz Tertinggi di 3 Bulan Pertama 2023

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 01

Veloz versi Thailand

Data penjualan dari media lokal tersebut mengungap kalau Veloz ternyata adalah MPV dengan penjualan tertinggi di Thailand. Sejak periode Januari - Maret 2023, penjualan Veloz selalu di atas 1.200 unit dengan total penjualan di tiga bulan pertama tahun ini 3.927 unit.

Sementara itu pada urutan kedua ditempati Mitsubishi Xpander. Di awal tahun, MPV berlogo tiga berlian itu cuma sanggup terjual 917 unit. Namun di bulan berikutnya ia mampu lebih banyak penjualannya dibanding Veloz.

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 02

Data penjualan MPV di Thailand

Sayangnya, di Maret 2023, Xpander kalah cukup jauh dari Toyota Veloz meskipun total penjualannya hanya terpaut 570 unit lebih sedikit dari Veloz.

Baca juga: Mobil Cina Ini Bungkam Pabrikan Jepang dan AS, Jadi yang Paling Laris di Banyak Negara

Toyota Sienta Masih Bertaji

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 03

Toyota Sienta

Urutan ketiga dan keempat MPV terlaris di Thailand datang dari Suzuki XL7 serta Honda BR-V. Selisih total penjualannya pun sangat tipis, yakni hanya 6 unit. Ini karena penjualan XL7 pada Maret 2023 bisa lebih tinggi dibanding BR-V, walaupun dua bulan sebelumnya, Honda lebih unggul.

Ya, kategorisasi di negara tersbeut memang berbeda dengan Indonesia. Mengingat XL7 disini masuk segmen LSUV 7 penumpang bersama dengan BR-V dan Xpander Cross.

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 04

Suzuki XL7 unggul tipis dari Honda BR-V

Yang menarik ada pada posisi kelima. Karena Thailand mencatat Toyota Sienta memiliki penjualan cukup baik. Yaitu 153 unit selama tiga bulan pertama di 2023, jauh meninggalkan Suzuki Ertiga yang cuma berhasil mengumpulkan penjualan sebanyak 55 unit.

Baca juga: Hyundai Stargazer Meluncur di Thailand, Tampilan Agak Berbeda Harganya Rp400 Jutaan

Unitnya dari Indonesia

Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander dari Indonesia Kuasai Pasar MPV di Negara Lain 05

Honda BR-V juga dari Indonesia

Hal menarik lain yang perlu jadi catatan adalah, sebagian besar dari mobil-mobil ini diimpor dari Indonesia. Termasuk Toyota Veloz, Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki Ertiga.

Bangga ya!

@autofun.indonesia Kunjungi Seva.id untuk dapatkan skema cicilan akurat, cek peluang kredit, hingga pengajuan kredit dengan instant approval! #JelasDariAwal #mobilbaru #reviewmobilbaru #reviewmobil #mobilkeluarga ♬ Ragtime-style piano blues with a cheerful atmosphere(1033252) - harryfaoki

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil