window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk

Yongki Sanjaya · 24 Nov, 2021 19:00

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 01

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz 2022 disambut dengan hangat oleh masyarakat. Namun di sisi lain, ada model Toyota lain yang terancam dengan kehadiran Toyota Veloz Q CVT TSS sebagai tipe teratas. Adalah Toyota Sienta Q yang semakin tersisih karena kehadiran sang generasi ketiga mobil sejuta umat.

Sienta sejauh ini memang sedikit peminatnya, walau sudah diganjar diskon PPnBM beberapa waktu lalu. Kehadiran Avanza bersaudara dengan cita rasa lokal ini semakin mengancam eksistensi Sienta yang punya style JDM.

Sienta sebenarnya punya fitur yang oke untuk sebuah MPV di bawah Rp300 jutaan. Spesifikasi dan fiturnya proporsional sebagai model peralihan dari Avanza dan Veloz yang low MPV ke Kijang Innova yang medium MPV. Namun kini, Veloz harganya sudah setara dengan Sienta, dan telah memiliki fitur keselamatan aktif. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas, apakah Sienta kini semakin tertinggal dari Veloz? Apakah Sienta sudah waktunya masuk masa pensiun? Mari kita bandingkan keduanya. 

Toyota Sienta Q Facelift, Berusaha Bertahan Tanpa Fitur Keselamatan Aktif

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 01

Toyota Sienta pertama kali meluncur di Indonesia pada 2016 lalu. Setelah tiga tahun, PT Toyota Astra Motor meluncurkan facelift pada 2019 dengan beberapa ubahan minor. Toyota Sienta kerap dianggap anak bawang yang selalu disepelekan dibandingkan banyak MPV lainnya di pasaran. 

Sienta hadir dengan momentum yang tepat, karena Honda Freed tidak lagi dijual di Indonesia. Sayangnya, Sienta tak memiliki fitur semewah Freed seperti captain seat dan posisi tuas transmisi di dashboard. Sienta ini hanya luarnya saja MPV boxy dengan styling ala Japanese Domestic Market, namun interiornya bercita rasa lokal yang kuat. 

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 02

Mulai dari konsol tuas transmisi di antara kursi depan, lalu bangku tengah yang menyatu dengan pelipatan 50:50. Desainnya juga seringkali dianggap aneh, cukup radikal dan tidak kalem seperti Honda Freed. 

Secara umum, tidak banyak perubahan pada Sienta versi facelift ini. Bila dibandingkan dengan Avanza-Veloz generasi sebelumnya, fitur Sienta cukup lengkap dan canggih namun kini tidak lagi. 

Fitur Toyota Sienta tipe Q, Cukup Lengkap dan Memanjakan

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 03

Sienta ini mungkin kurang menyenangkan dari sisi desain tapi cukup oke dari sisi fiturnya. Fitur hiburannya sudah didukung head unit layar sentuh berukuran 6.8 inci yang berfungsi untuk memutar radio AM/ FM, CD/ MP3/ USB, Bluetooth.  Pengaturan AC menggunakan model kombinasi tombol dan kenop putar dengan tampilan layar digital.

Alunan suara yang dihasilkan juga oke dengan bass yang cukup punchy. Jadi, kita tidak harus buru-buru upgrade sound system ke kualitas yang lebih baik. Layar head unit ini juga berfungsi sebagai kamera belakang saat kita parkir mundur. 

Pada versi facelift ini di kursi depan dan tengah sudah mendapat handrest. Dengan begini, tangan bisa ada penopang mengingat pintu gesernya model pipih dan tak memiliki handrest. 

Fitur Keselamatan dan Keamanan di Toyota Sienta Q, Mulai Ketinggalan Zaman

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 04

Fitur keselamatan pasif hadir melalui dual airbag bagian depan dan airbag lutut. Adapun fitur keselamatan aktif mencakup rear parking camera, hill start assist, vehicle stability control dan sistem pengereman berimbuh ABS, EBD dan BA.

Untuk melindungi mobil dari pencurian, Sienta telah memakai engine immobilizer dan kunci keyless. Pintu tengah pun bisa kita buka memakai remote kunci sehingga cukup praktis saat bawa banyak barang. Dulu sih fitur ini lumayan oke, tapi kini sudah kalah canggih dari Toyota Safety Sense di Veloz. 

Mesin Toyota Sienta, Seberapa Bertenaga?

Sienta menggunakan mesin berkode 2NR-FE 4-silinder berkapasitas 1.497 cc yang mampu menyemburkan 107 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 rpm. Digabungkan transmisi otomatis CVT yang disalurkan ke roda depan. 

Toyota Veloz Q CVT TSS, MPV 'Murah' Masa Depan

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 05

Veloz kini statusnya semakin naik kelas, menjadi model peralihan Avanza ke Kijang Innova. Harga Toyota Veloz Q CVT TSS sudah tembus angka Rp290 jutaan yang artinya beda tipis dengan Sienta tipe Q.

Sebagai informasi, New Toyota Sienta Q kini dijual seharga Rp296.400.000. Sementara itu, Veloz Q CVT TSS dihargai Rp291.500.000. Selisih harga yang hanya Rp4,9 juta pun membuat Sienta seketika kalah kelas bila membandingkan fitur dari Veloz.

Veloz memakai platform baru Front Engine – Front Wheel Drive (FF) dipadukan dengan New Developed Suspension  mengoptimalkan geometri  suspensi  depan dan  belakang. Ubahan karakteristik spring rate dan damper, membuat All New Veloz mampu memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara. 

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 06

Veloz memiliki segala hal baru melampaui apa yang sudah ada di Sienta, kecuali pintu geser elektrik. Pertama ialah long sofa mode dengan konfigurasi kursi yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna. Kursinya dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah. 

Informasi berkendara bisa didapat  7 Inch Digital TFT MID, termasuk aktivasi fitur TSS. Hal menarik lainnya yang ada pada Veloz ialah New Integrated 9 Inch Head Unit dengan Advanced Smartphone Connectivity dan New Rear-Seat Entertainment berupa roof monitor pada tipe Q CVT dan Q CVT TSS. 

Sienta pun dirasa jadi kemahalan karena All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional. Terdapat  pula Push Start Button untuk menghidupkan dan mematikan  mobil, serta fitur Auto A/C yang secara efektif mendinginkan suhu kabin. 

Fitur Keselamatan di Toyota Veloz Q CVT TSS, Melimpah Ruah

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 07

Fitur keselamatan di Toyota Veloz Q CVT TSS ini membuat New Sienta Q kian merana. Pasalnya Veloz telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan rem cakram yang solid di belakang. Pengereman diperkuat  dengan fitur ABS, EBD dan BA.  Terdapat  6  Airbags  (Pengemudi/ Penumpang/  Samping/  Tirai di tipe Veloz  Q  CVT  TSS. 

Fitur lainnya yaitu Vehicle  Stability  Control dan Hill Start Assist. Tipe tertinggi Veloz ini juga dilengkapi dengan All Round View Camera dan pastinya TSS! 

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision  Warning and Pre-Collision Braking. Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control. Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Terakhir ialah Front Departure Alert.

Toyota Veloz Q CVT TSS Kalah Tipis di Tenaga Mesinnya

Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk 08

All  New  Veloz  hadir  dengan mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 137,3 Nm dan kenis transmisi yang digunakan sama-sama CVT. Melihat angkanya, Veloz hanya kalah tipis 1 ps daripada Sienta dari sisi tenaga. 

Kesimpulan

Harga yang selisihnya hanya Rp4,9 jutaan dibayar dengan upgrade beragam fitur kenyamanan dan fitur keselamatan kekinian yang tersedia pada Toyota Veloz. Sienta pun posisinya semakin di ujung tanduk karena kalah banyak dari Veloz yang baru saja muncul. 

Sienta pun hanya bisa bertahan dengan mengharap para loyalis Toyota yang mencari model anti mainstream dengan built quality lebih oke. Namun, konsumen akan realistis bila melihat fitur Veloz bisa membuat mereka kian melupakan Sienta. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil