Toyota Vios 2022 Akan Pakai DNGA dan Mesin Hybrid, Yaris Menyusul

Prasetyo · 30 Agu, 2021 11:05

Toyota Vios 2022

Toyota Vios 2022 kabarnya sedang dipersiapkan untuk konsumsi pasar di Asia. Mengingat Vios merupakan sedan Toyota yang sangat diterima di sejumlah negara pada kawasan tersebut. Misalnya di Thailand, Filipina, Malaysia, dan juga Indonesia.

Vios memang sudah cukup lama tak alami perubahan total. Generasi Toyota Vios saat ini adalah model yang muncul sejak 2013. Meskipun telah mengalami dua kali facelift, namun tetap saja basisnya adalah Vios generasi ketiga. Sehingga kalau di total usia generasi Vios kini sudah delapan tahun.

Toyota Vios 2022 -1

Vios saat ini sudah berusia 8 tahun

Jika dibanding usia Vios generasi pertama yang hanya 4 tahun, lalu Vios generasi kedua yang berganti setelah 6 tahun, maka memang sudah sepatutnya kini hadir Vios generasi keempat. Jadi memang kami menantikan kapan Toyota Vios 2022 akan benar-benar lahir.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Sudah Waktunya Ganti Generasi, Bakal Seperti Inikah Toyota Vios 2022?

Toyota Vios Terbaru Muncul Tahun Depan

Menurut berbagai sumber yang kami himpun, Toyota memang sedang mengerjakan proyek untuk Vios generasi berikutnya. Thailand akan jadi negara pertama yang kedapatan model baru ini, sebab disitulah Vios diproduksi.

Toyota Vios 2022 -2

Jadwal rilisnya Agustus 2022

Informasi berikutnya adalah jadwal perilisan sedan compact ini ada di Agustus 2022, dan itu belum bergeser hingga sekarang. Bahkan ditengah krisis chip semikonduktor yang saat ini sedang dialami Toyota, rencana menghadirkan Vios terbaru juga masih sesuai jadwal semula. Bahkan juga sudah hadir target untuk menghadirkan Toyota Vios Hybrid di tahun berikutnya.

Namun untuk pasar Thailand, Vios akan berganti nama jadi Yaris Ativ. Dan setelah negara tersebut, barulah negara lain di Asia akan mencicipinya.

Toyota Vios 2022 -3

Daihatsu DN F-Sedan di GIIAS 2017

Baca juga : Masih Tertarik Beli Sedan? Ini Fakta Menarik Seputar Toyota Vios

Pakai Platform DNGA

Bocoran lainnya mengenai Toyota Vios 2022 yang amat menarik adalah soal perubahan di sedan ini. Sebab menurut sumber internal Toyota, Vios generasi keempat akan pakai kode D92A. Kode ini jadi begitu penting, karena mengindikasikan Vios pakai platform buatan Daihatsu, dari kode huruf "D".

Apakah ini berarti Toyota Vios terbaru akan pakai Daihatsu New Generation Architecture (DNGA)? Sangat mungkin, mengingat DNGA adalah turunan dari TNGA (Toyota New Generation Architecture). Sejumlah mobil Toyota pun kini mulai adopsi DNGA. Seperti duet Raize-Rocky, serta kabarnya akan diterapkan juga pada Avanza dan Xenia baru.

Toyota Vios 2022 -4

Sedan Daihatsu yang pakai DNGA

Dan kalau kita ingat saat ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam, Daihatsu pernah memajang mobil konsep DN F-Sedan. Mobil ini diperkenalkan pertama kali di dunia bersamaan dengan model konsep DN Multisix. Dan kala itu Daihatsu pun mengakui kalau kedua mobil pakai platform dari Daihatsu.

Jadi kalau Avanza dan Xenia baru diklaim akan pakai DNGA berbasis dari DN Multisix Concept, maka bukan menutup kemungkinan Vios terbaru juga akan pakai DNGA berbasis DN F-Sedan.

Toyota Vios 2022 -5

Setelah Vios akan lahir juga Yaris terbaru?

Pertanda akan Muncul Toyota Yaris 2022?

Jika memang benar Vios akan pakai DNGA, lalu bagaimana dengan spesifikasi teknisnya? Untuk hal ini belum ada bocoran lebih detil. Tetapi diprediksi sedan tersebut akan tetap pakai mesin bensin 1.5-liter. Sementara untuk Toyota Vios Hybrid 2022 besar kemungkinan bakal berbagi mesin hybrid 1.5-liter dari Toyota Acqua.

Tentunya kami juga masih menunggu informasi berikutnya mengenai Toyota Vios 2022 ini. Namun ada satu hal terakhir yang juga patut ditunggu. Yaitu kemungkinan platform DNGA juga dipakai untuk Toyota Yaris generasi berikutnya. Mengingat Yaris adalah versi hatchback dari Vios sehingga sangat mungkin keduanya akan lahir tidak berselang jauh.

Benarkah begitu Toyota?

Baca juga : Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru