window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Voxy 2022 Lebih Mahal Rp40 Jutaan dari Nissan Serena, Apakah Lebih Pantas Dipilih?

Enda · 22 Feb, 2022 16:00

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Toyota Voxy 2022 lebih mahal Rp40,7 juta dari Nissan Serena 
  • Lebih mahal Rp40,7 juta dari Nissan Serena, Toyota Voxy 2022 punya fitur lengkap
  • Pintu bagasi Nissan Serena mengadopsi model ganda dengan bukaan ke atas

Bicara akan MPV premium berpenampilan boxy, pekan lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Voxy 2022. Sebagai generasi keempatnya yang didatangkan langsung dari Negeri Matahari Terbit. Voxy kini tampil lebih futuristis serta dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih advance.

Hanya ditawarkan satu varian saja, 2.0 CVT yang dibandrol dengan Rp558,2 juta, seperti yang diketahui Voxy punya harga baru lebih mahal Rp40,7 juta dibandingkan pesaing terdekatnya, yakni Nissan Serena. Mengetahui harganya per Februari 2022, varian HWS CVT Two-Tone nya kini diniagakan Rp517,5 juta.

Harga Baru Lebih Murah, Fitur Nissan Serena Kalah Lengkap dari Toyota Voxy 2022?

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Toyota Voxy 2022 mendapat peningkatan fitur

Bukan cuma fokus merubah tampilan luar agar semakin futuristis sekaligus prestisius, Toyota Voxy 2022 juga turut mendapatkan update dari segi fitur. Seperti yang diketahui, mobil ini telah dilengkapi dengan new comprehensive 7” TFT LCD MID with head-up display, head unit 9 inci yang terkoneksi dengan Marvelous 11,6 inci Roof Rear Seat Entertainment (RSE), new wireless charger dan 6 practical USB port dan new pleasant air purifier yang berfungsi untuk memberikan udara segar di dalam kabin.

Guna memberikan tingkat kenyamanan berkendara lebih kepada penggunannya, mobil ini juga dibekali dengan jok yang bisa diatur seperti sofa, dual sliding door with new kick sensor dan terakhir new dashing power back door with side button.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara fungsional, fitur kick sensor sendiri dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya ketika ingin membuka sliding door saat membawa barang bawaan. Sementara fitur side button memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi dari samping saat berada di area yang sempit. Menariknya, fitur power back door pada mobil ini dapat menyesuaikan bukaannya di area sempit.

Baca juga: Konsumsi BBM Makin Irit, Mesin Toyota Voxy 2022 Bakal Dipakai di Kijang Innova Baru?

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Fitur kick sensor disematkan pada pintu tengah Nissan Serena

Bagaimana dengan Nissan Serena? Pesaing utama Voxy yang mendapatkan update pada 2019 tersebut untuk fiturnya juga tak kalah menarik. Seperti yang diketahui, Nissan sendiri  sudah membekalinya dengan jok yang dibungkus dengan kulit kualitas premium. Sama seperti Voxy 2022, konfigurasinya juga menampikan captain seat dengan jarak leg room yang bisa diatur dan direbahkan menyesuaikan keinginan pengguna.

Mengenai sistem infotaimentnya, mobil ini mendapatkan pusat informasi layar TFT Multi Information Display (MID) 7 inci dengan full color, pusat hiburan Multi Media Display (MMD) with smartphone conectivity yang terintegrasi dengan Intelligent Around View Monitor berikut Moving Object Detection (MOD).

Sama seperti Toyota Voxy 2022, Nissan Serena juga disematkan dual sliding door with new kick sensor di pintu tengahnya yang membantu pengguna dalam membuka pintu hanya dengan melakukan ayunan kaki di bagian bawah. Bukan cuma itu, guna memberikan kenyamanan terhadap penumpang di baris kedua dan ketiga, Serena juga berhasil dilengkapi roof monitor 11 inci, 7 port USB dan terakhir pintu belakang ganda dengan bukaan ke atas yang memudahkan penggunanya ketika ingin memasukan barang di tempat sempit.

Sebagai catatan, baik Toyota Voxy 2022 maupun Nissan Serena tidak tidak dilengkapi dengan sunroof maupun moonroof sebagai fitur yang bisa meningkatkan gaya berkendara sekaligus visibilitas pengemudi maupun penumpang.

Adu Fitur Keselamatan Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena, Siapa yang Paling Lengkap?

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Toyota Voxy 2022 dibekali fitur keselamatan TSS 3.0

Toyota Voxy 2022 bukan hanya sekedar nyaman, tapi juga aman. Hal tersebut dikarenakan MPV premium yang berada satu tingkat di bawah Alphard itu kini telah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Asisst (HSA) dan ISOFIX.

Disisi lain, kalian juga bisa menemukan adanya New Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan SRS Airbag (D + P + CSA + SA). Selain itu ada juga Blind Spot Monitor (BSM), serta Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca spion disematkan pada mobil ini.

Supaya setiap penggunanya merasa lebih aman disaat berkedara, kini Voxy 2022 juga mendapatkan fitur keselamatan pintar berupa Toyota Safety Sense terbaru yaitu 3.0 dengan segala peningkatan. TSS 3.0 pada All New Voxy telah mencakup Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB). Disisi lain, kalian juga bisa menemukan fitur seamless steering switch with new TSS button dimana mempermudah pengemudi untuk mengoperasikan beberapa fitur pada mobil ini tanpa harus melepas lingkar kemudi.

Untuk kalian ketahui, Toyota Voxy kini dilengkapi fitur T Intouch dengan menganut teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Baca juga: Begini Wujud Nissan Serena 2022, Semuanya Berubah Plus Teknologi e-Power Terbaru

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Fitur keselamatan Nissan Serena kalah lengkap dari Toyota Voxy 2022

Mengetahui fitur keselamatan apa saja yang ada pada rival terdekatnya, Nissan Serena berhasil dilengkapi 6 airbag (empat di bangku baris pertama dan sisanya mengelilingi kedua sisi kaca samping),  Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS). Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Tak tertinggal masih ada fitur keselamatan aktif berupa intelligent driver alertness (I-DA) yang diketahui mampu memberikan informasi kepada pengendara untuk beristirahat dengan memunculkan simbol kopi di panel instrumen. Dari segi keamanannya, fitur berupa intelligent key dan immobilizer juga bisa kalian temukan pada salah satu produk flagship Nissan ini.

Sama-sama 2.000 Cc, Siapa yang Paling Bertenaga?

Toyota Voxy Vs Nissan Serena

Mesin MR20 pada Nissan Serena yang dapat menghasilkan tenaga 150 PS dan torsi 199 Nm

Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini Toyota Voxy 2022 dilengkapi dengan mesin TNGA baru. Dimana mesin berkode M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC yang digunakan dengan memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine tersebut mampu melecutkan tenaga 170 PS @6.600 rpm serta torsi puncak 202 Nm @4.900 rpm yang ditranslasi ke penggereak roda depan diatur menggunakan transmisi CVT.

Bukan cuma unggul dari sisi kepraktisan, Nissan Serena dengan kode body C27 disematkan mesin MR20 berkubikasi 1.997 cc 4-silinder segaris yang dimana mampu memperoleh tenaga hingga 150 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 199 Nm @4.400 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, Nissan Serena mengandalakan transmisi CVT with Eco yang terasa responsif, halus serta irit bahan bakar.

Mesin Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena
Keterangan Toyota Voxy 2022 Nissan Serena
Jenis mesin M20A-FKS 4 silinder, 16 Valve, DOHC MR20 4-silinder segaris
Kapasitas 1.986 cc 1.997 cc
Tenaga 170 PS @6.600 rpm 150 PS @6.000 rpm
Torsi 202 Nm @4.900 rpm 199 Nm @4.400 rpm
Transmisi CVT CVT with Eco

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan antara keduanya, dapat disimpulkan bahwa Toyota Voxy 2022 memiliki fitur unggulan serta keselamatan lebih lengkap dibandingkan Nissan Serena. Dengan begitu jangan heran apabila Voxy kini dibandrol lebih mahal Rp40,7 juta dibandingkan pesaingnya tersebut.

Begitupun tenaga serta torsi yang dihasilkan, Voxy juga jauh lebih unggul. Namun dari segi akomodasi keluar masuknya barang, Nissan Serena dianggap lebih baik. Hal itu dikarenakan pintu belakangnya mengadopsi model ganda, yang dapat memudahkan penggunanya ketika ingin memasukan barang di tempat sempit.

Baca juga: Harga Mirip, Beberapa Fitur Ini Bikin Nissan Serena C24 Lebih Nyaman Dari Kijang Kapsul

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Voxy ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil