window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27, Mana yang Lebih Praktis dan Nyaman?

Enda · 24 Mar, 2022 08:00

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Kepraktisan dan kenyamanan Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Di segmen MPV premium berpenampilan boxy, Toyota Voxy 2022 memiliki pesaing terdekat yakni Nissan Serena. Berbeda dengan kompetitornya, kini Voxy terlihat semakin lebih futuristis serta dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih advance.

Soal harga, Toyota Voxy 2022 dibandrol lebih mahal ketimbang pesaing terdekatnya tersebut. Seperti yang bisa dilhat, kini Voxy diniagakan Rp558,2 juta. Bicara Serena, varian HWS CVT Two-Tone nya kini diniagakan Rp517,5 juta. Itu artinya Serena lebih murah Rp40,7 juta daripada Voxy. Dijual lebih mahal dari Nissan Serena C27, apakah Toyota Voxy 2022 bisa lebih praktis sekaligus nyaman?

Baca juga: Begini Wujud Nissan Serena 2022, Semuanya Berubah Plus Teknologi e-Power Terbaru

Akses Masuk Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Masuk baris kedua Toyota Voxy 2022 cukup mudah

Masuk baris kedua, Toyota Voxy 2022 berhasil disematkan power sliding door untuk memudahkan penggunannya keluar masuk mobil. Tak hanya itu, sama seperti Nissan Serena, line up terbaru Toyota tersebut juga memperoleh kick sensor yang hanya cukup menggoyangkan kaki di bawah pintu untuk membukanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk membuka pintu belakang, Voxy terbaru bisa melakukannya dengan cara menekan tekan tombol dari samping yang diletakan di kiri dan kanan tepat di bawah stop lamp. Dengan cara seperti ini pintu bagasi akan terbuka dan menutup secara otomatis berkat asanya fitur electric tailgate.  

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Sama seperti Voxy, masuk baris kedua Nissan Serena C27 juga mudah

Bicara Nissan Serena C27,  mobil ini juga dilengkapi power sliding door serta kick sensor untuk memudahkan penggunannya membuka dan menutup pintu guna memudahkan akomodasi keluar masuknya penumpang.

Tidak dilengkapi fitur electric tailgate, uniknya Nissan Serena memiliki split tailgate. Jadi untuk mengakomodasi keluar masuknya barang terasa lebih praktis tidak membutuhkan space yang besar jika parkir di tempat yang sempit.

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Bukaan pintu bagasi Nissan Serena C27 mengaplikasikan model split tailgate

Saat pintu bagasi dibuka secara full, bibir lantai mobil ini juga terlihat rendah. Dengan begitu pengguna juga akan merasa dimudahkan dalam mengaksesnya.

Area Kabin Tengah Nissan Serena C27 Lebih Proper Ketimbang Toyota Voxy 2022

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Jok baris kedua Toyota Voxy 2022 bisa direbahkan secara maksimal

Tipikal MPV high roof, Toyota Voxy 2022 punya ruang yang lega. Sliding jok baris kedua ketika digeser mentok ke belakang memiliki jarak hingga satu kaki. Namun sayang mobil ini belum dilengkapi leg rest yang tentunya bisa memberikan kenyamanan terhadap penumpangnya.

Masih di area kabin tengah, jok Voxy terbaru punya reclining seat yang bisa direbahkan full, dua arm rest di setiap jok baris kedua dengan material leather dan fabric. Untuk memudahkan penggunannya ketika ingin mengisi daya, maka pada consol tengahnya terdapat 2 soket USB namun belum dilengkapi table tray.

Meski begitu, di lorong tengahnya kalian bisa menjumpai adanya dua buah cup holder yang bisa dibuka dan ditutup model lipatan, gantungan barang bawaan dengan kapasitas 4 kg di belakang sandaran jok pengemudi, serta LCD di plafon tengahnya.

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Baris kedua Nissan Serena dilengkapi table tray

Bagaimana dengan Nissan Serena C27? MPV boxy andalan Nissan yang mendapat penyegaran di 2019 ini memiliki material jok lebih premium, tebal dan empuk ketimbang Voxy terbaru. Untuk penggunaaan meterialnya sendiri sama seperti kompetitornya memakai bahan kulit perpaduan dengan bahan kain.

Uniknya, Jok tengah model captain seat pada Serena bisa digeser kiri dan kanan untuk mengatur jarak antar kedua penumpang. Tentunya dengan adanya fitur ini kedua jok bisa digabungkan menjadi satu. Sama seperti Voxy, di baris keduanya Serena disematkan dua buah arm rest disetiap tempat duduknya dan masing-masing mendapatkan table tray dengan tambahan dua cup holder.

Oh iya, Nissan Serena mendapatkan empat gantungan barang bawaan yang masing-masing mempunyai kapasitas daya angkut 3 kg. Untuk port USB, fitur ini bisa ditemui di joknya yang terasa ergonomis.

Baca juga: FAQ Toyota Voxy 2022: Berubah Banyak Fitur dan Teknologi Tapi Minus Sunroof

Nissan Serena C27 Lebih Nyaman untuk Baris Ketiganya

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Jok baris ketiga Nissan Serena C27 lebih nyaman dan empuk dari Toyota Voxy 2022

Akses masuk baris ketiga Voxy 2022 terbilang mudah dan luas. Meski terasa mudah, kenyamanan posisi duduk di bangku baris ketiganya menurut penelusuran rekan kami kurang begitu nyaman dan sedikit lebih keras dari Serena C27.

Material busanya yang terbilang tipis joknya dilengkapi tiga buah head rest yang artinya bisa mengakomodir tiga orang sekaligus. Di belakang, pengaturan joknya menggunakan model tarikan dan joknya bisa direbahkan secara maksimal. Di baris ketiga, penumpang juga bisa menemukan soket USB yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya pada baterai handphone.

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Pelipatan bangku baris ketiga Toyota Voxy 2022 terasa lebih mudah

Menyoal pelipatan bangku, mobil ini menggunakan model tarikan yang terasa cukup mudah. Melipat ke samping, kalian juga tidak perlu menguras tenaga besar. Jika ingin membukanya, kalian cukup menekan tombol yang ada.

Bicara Nissan Serena, akses ke baris ketiganya sama seperti Voxy harus ditarik dan dorong secara manual pada bangku baris keduanya. Hebatnya, seat di baris ketiga mobil ini terasa empuk dan nyaman meski sama-sama terlihat tipis dari bentuknya.

Uniknya Nissan Serena ini juga memiliki table tray di baris ketiga yang mana telah disematkan cup holder di sisi kiri dan kanan. Secara praktikal dan fungsional, Nissan Serena lebih baik serta untuk recliningnya juga bisa direbahkan secara rata.

Tidak bisa ditemui di Toyota Voxy 2022, Nissan Serena C27 memiliki tombol electric untuk membuka dan menutup pintu dari baris ketiganya. Selain itu, mobil ini juga terdapat soket USB di kiri dan kanan.

Untuk akses keluarnya penumpang baris ketiga Serena juga terbilang mudah. Pengguna hanya cukup menginjak tuas di bawah jok untuk memajukan dan merebahkan seat baris kedua. Beda dengan Voxy yang mana penumpang diwajibkan menarik tuas dan mendorongnya.

Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27

Melipat bangku baris ketiga Nissan Serena C27 sedikit merepotkan

Meski begitu, untuk lipatan jok baris ketiganya tak sepraktis pesaingnya. Dimana pengguna diharuskan menarik tuas dari belakang dan butuh tenaga untuk melipat jok ke atas. Selanjutnya pnegguna juga diharuskan mengailkan tali agar jok mengunci saat dilipat ke atas. 

Kesimpulan

Mempunyai selisih harga lebih dari Rp40 juta, menurut kami Nissan Serena C27 lebih unggul daripada Toyota Voxy 2022 jika melihat dari segi kepraktisan dan kenyamanan berkendara. Namun apabila kalian menginginkan tampilan yang lebih segar, atraktif, sporty serta merasakan kecanggihan fitur ADAS, Voxy 2022 adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Toyota Voxy 2022 Lebih Mahal Rp40 Jutaan dari Nissan Serena, Apakah Lebih Pantas Dipilih?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil