Toyota Yaris Bakpao dan Lele Versus Yaris Terbaru Nan Futuristis

Samuel Tito · 13 Agu 2020 12:00

Toyota Yaris lawas atau lebih dikenal dengan nama Yaris Bakpao adalah hatchback buatan Toyota yang cukup populer karena desainnya yang bulat dan unik. Toyota Yaris pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006 dan mencoba bersaing dengan Honda Jazz, hatchback yang sangat populer saat itu.

Toyota Yaris baru dilengkapi dengan mesin yang sama dengan Toyota Vios yaitu 1.5L 1NZ-FE DOHC VVT-i yang dikenal keras kepala dan ekonomis. Selain Honda Jazz, pesaing Toyota Yaris di kelas hatchback termasuk Suzuki Swift, Nissan 1.5 Maret, Mazda 2, Hyundai Grand i20 / Hyundai Getz / Hyundai Grand Avega, Kia Rio, Ford Fiesta, dan Chevrolet Aveo / Spark 1.4.

Sejarah Toyota Yaris

Pada tahun 2006 Toyota Yaris baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Toyota Yaris diimpor dari Thailand CBU dengan 3 varian, yaitu Tipe E, Tipe S, dan Tipe S Limited. Toyota Yaris Tipe E adalah varian terendah dari Yaris Bakpao asli, yang merupakan varian dasar. Fitur tertanam termasuk Dual SRS Airbag, ABS, EBD, Brake Assist dan Electric Mirror.

Mobil Toyota Yaris Tipe S diposisikan sebagai varian di atas Tipe E dengan body kit tambahan dan fitur-fitur seperti Retractable Electric Mirrors, dan Intermittent Wiper. Toyota Yaris Type S Limited adalah varian tertinggi dengan body kit dan fitur yang sama dengan Tipe S tetapi juga dilengkapi dengan Keyless Entry dan Engine Start / Stop Button.

Harap dicatat bahwa S Limited hanya varian, tidak berarti terbatas atau terbatas. Perjalanan Toyota Yaris Generasi Pertama (Yaris Bakpao) dan Perbedaan Antara Tipe J, E, S, S Limited dan TRD Sportivo

Kemudian Toyota Yaris baru 2007 masih sama dengan 2006 yang tersedia dalam 3 varian dengan fitur yang sama juga. Perbedaannya hanya terletak pada desain grille depan yang berubah bentuk menjadi lebih mirip dengan Toyota Vios generasi kedua.

Dilanjutkan pada 2009, Toyota Yaris New mendapat jatah facelift dengan perubahan pada desain bumper depan, grille depan, dan tidak adanya LED pada lampu belakang. Selain itu, pada facelift pertama ini, juga meluncurkan 2 varian baru, yaitu Tipe J, dan TRD Sportivo (seri awal-J).

Pada 2012, Toyota Yaris baru mendapat facelift kedua dengan perubahan pada desain bumper depan, grille depan, lampu belakang bundar, dan bumper belakang. Kali ini, Yaris TRD Sportivo ditingkatkan dan menggunakan basis Toyota Yaris S Limited sehingga memiliki fitur lengkap dan juga tersedia dalam transmisi otomatis.

Spesifikasi Teknis Toyota Yaris Gen 1
Dimensi Panjang: 3750 mm, Lebar: 1695 mm dan Tinggi: 1530 mm
Mesin 1.5L 1NZ-FE DOHC VVT-i, 4 in-line cylinder, 16 valve
Tenaga 107 HP @6000 rpm
Torsi 142 Nm @4200 rpm
Transmisi 5-speed MT / 4-speed AT
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg 185/60 R15
Suspensi depan Independent MacPherson Strut
Suspensi belakang Rigid Axle with Torsion Beam
Harga Pasaran Toyota Yaris Bekas Jakarta Rp90 Juta – Rp120 jutaan

Toyota Yaris Generasi Kedua

Pada 2013 adalah akhir dari perjalanan Toyota Yaris Bakpao dan kemudian digantikan oleh Toyota Yaris generasi kedua (Toyota Yaris Lele). Toyota Yaris Lele adalah Yaris generasi kedua yang menggantikan Yaris Bakpao dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2014.

Desainnya telah berubah menjadi lebih sporty dan modern. Toyota Yaris New generasi kedua ini telah mengalami beberapa facelift hingga sekarang. Pada 2016, Toyota juga meluncurkan Toyota Yaris baru Heykers dengan aksesori tambahan seperti crossover dan ground clearance yang sedikit lebih tinggi.

Spesifikasi Teknis Toyota Yaris Gen 2
Dimensi Panjang: 4115 mm, Lebar: 1700 mm dan Tinggi: 1475 mm
Mesin 1.5L 2NR-FE DOHC Dual VVT-I
Tenaga 107 PS @6000 rpm
Torsi 140 Nm @4200 rpm
Transmisi 7-speed CVT
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg Alloy 15” (E), 16” (G & TRD)
Suspensi depan Independent MacPherson Strut
Suspensi belakang Rigid Axle with Torsion Beam
Harga Pasaran Toyota Yaris Bekas Jakarta Rp135 juta – Rp185 jutaan

Toyota Yaris Terbaru

Sejarah berlanjut, dengan Toyota Astra Motor meluncurkan generasi terbaru Toyota Yaris baru. Penampilannya sekarang terlihat lebih modern dan futuristik. Mesin yang digunakan masih sama dengan pendahulunya, 2NR-FE DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 1.500 cc. Meski begitu, fitur yang disediakan cukup baik, terutama fitur keamanan dengan menyematkan 7 SRS Airbag.

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris baru, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Desain eksterior penyegaran membuat Toyota All New Yaris terlihat lebih modern dan sporty. Untuk bagian depan, bentuknya tidak banyak berubah, tetapi desain gril, headlamp, dan lainnya dibuat lebih modern. Lampu depan menggunakan proyektor dengan aksen cincin merah yang terlihat modis. LED DRL dipasang di bawah kluster headlamp.

Tampilan samping desain mobil Yaris New tidak kalah dinamis dari generasi pendahulunya, sekilas mengingatkan kita pada Mazda 2 facelift walaupun berbeda. Varian G dan TRD menggunakan velg 16 inci yang dipadukan dengan ban 195/60 R16. Terlihat cukup harmonis karena jarak antara ban dan fender tidak terlalu jauh.

Tampilan belakang terlihat perbedaan yang paling mencolok dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lampu belakang yang sempit membuat All New Yaris terlihat sporty dan futuristik. Untuk varian TRD, ia juga dilengkapi dengan spoiler atap belakang warna hitam dua-warna tubuh dan bumper garnish yang sporty.

Interior All New Yaris dihadirkan dengan dominasi warna hitam dengan tambahan aksen perak pada dashboard center cluster, konsol tengah, setir dan gril AC. Head Unit sudah menggunakan layar sentuh dengan konektivitas USB, Bluetooth, Miracast, iPod / iPhone, dan internet, dan didistribusikan ke 6 speaker.

Pada setir, tombol kontrol audio dan tombol kontrol MID tertanam. Shif dayung juga disertakan di belakang kemudi pada varian CVD TRD. MID sendiri telah mengadopsi layar TFT berwarna. Meskipun bukan zona ganda, AC sudah digital dengan kontrol iklim. Khusus untuk varian TRD CVT, opsi mode olahraga dan mode ramah lingkungan tersedia.

Spesifikasi Teknis Toyota Yaris Terbaru
Dimensi Panjang: 4145 mm, Lebar: 1730 mm, dan Tinggi: 1500 mm
Mesin 1.5L 2NR-FE DOHC Dual VVT-i
Tenaga 107 PS @6000 rpm
Torsi 140 Nm @4200 rpm
Transmisi 5-speed M/T, 7-speed CVT
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg Alloy 15" (E), 16" (G & TRD)
Suspensi depan Independent MacPherson Strut
Suspensi belakang Rigid Axle with Torsion Beam
Harga Pasaran Toyota Yaris Bekas Jakarta Rp250.95 - 291.45 Juta

Komentar

Mobil Terbaru