window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan?

Franky · 14 Mei, 2020 11:00

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 01

Persaingan dua hatchback dari Negeri Sakura Jepang yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz memang kerap kali menjadi bahan perbincangan para pecinta kendaraan beroda empat.

Harga mobil Honda Jazz berkisar dari Rp 253 juta hingga Rp 295 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Jazz di tahun 2020, tidak beda jauh dengan harga mobil All New Honda Jazz 2019. Honda Jazz 2020 memiliki total 4 varian dengan Honda Jazz RS CVT menjadi varian tertinggi New Honda Jazz 2020.

Honda Jazz sering juga disandingkan dengan mobil keluaran Toyota, yakni Toyota Yaris. Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di segmen Hatchback, keduanya menjadi pesaing sengit yang saling mencuri perhatian konsumen dengan mengandalkan kelebihan masing-masing.

Meski begitu, sejarah telah membuktikan bahwa Honda Jazz New memang unggul dari segi penjualan. Contohnya pada tahun 2019, yang mana New Honda Jazz mampu terjual mencapai 12.168 unit. Beda ceritanya dengan Toyota Yaris yang hanya meraup 8.033 unit saja.

Tapi jangan keburu menyimpulkan mobil terbaik hanya dari segi total penjualan saja. Bagaimana apabila dilakukan perbandingan kepraktisan Honda Jazz vs Toyota Yaris baru? Ada hal menarik yang temukan dari keduanya.

Perbandingan Kepraktisan Toyota Yaris Vs Honda Jazz

Persaingan dua hatchback dari Negeri Sakura Jepang, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris New memang kerap kali menjadi bahan perbincangan para pecinta kendaraan beroda empat. Salah satu faktor yang sering kali diangkat menjadi bahan komparasi adalah dari kepraktisan yang memudahkan pengemudi dalam mengendarai kendaraan beroda empat ini dengan nyaman. Maka dari itu, jika ditelisik lebih dalam dari segi kepraktisan antara Toyota Yaris dan Honda Jazz New, manakah yang lebih baik?

Unsur kepraktisan sejatinya bisa ditilik dari beberapa hal khususnya akomodasi. Kelegaan ruang kaki, dimensi besarnya ruang bagasi dan banyaknya ruang penyimpanan serta Cup Holder.

Jika Anda ingin mempertimbangkan mobil mana yang lebih unggul dalam hal kepraktisan, simak beberapa perbandingan yang memfokuskan komparasi pada bidang akomodasi kedua mobil tersebut.

1. Kelegaan Ruang Kaki

Walaupun Toyota Yaris dan Honda Jazz masuk ke dalam kategori kendaraan Compact Hatchback, penilaian dari segi akomodasi juga merupakan hal yang penting dan tak boleh dilewatkan dalam komparasi ini.

Memang sudah menjadi topik umum bahwa mobil Hatchback seperti Toyota Yaris baru dan Honda Jazz New kerap kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika sektor akomodasi nyatanya salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam mempertimbangkan membeli mobil.

  • Toyota Yaris

    Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 01

Inilah tampilan interior Toyota Yaris

Sesuatu yang sederhana nyatanya lebih banyak diperhatikan demi berkendara yang nyaman. Salah satu fokusnya adalah pada seberapa luas ruang kaki pada kendaraan beroda empat. Toyota mobil Yaris baru sendiri juga bisa dibilang memenuhi standar dalam hal kepraktisan tersebut.

Dengan memperhatikan kenyamanan para pengemudi, nampaknya Toyota Yaris New hanya dapat memberi keleluasaan untuk pijakan kaki di bawah kemudi yang tidak terlalu luas. Hal ini bukan termasuk kekurangan, hanya saja untuk tipe mobil Yaris Toyota yang kecil sangat sulit untuk memberikan ruang lebih untuk kaki.

Toyota Yaris kali ini hanya menyisakan 13 jari untuk legroom yang mana bisa dibilang termasuk ukuran standar mobil pada umumnya. Selain itu, Toyota Yaris baru juga hanya mampu memberikan headroom seluas sisa 4 jari saja.

  • Honda Jazz

Jika dibandingkan dengan Toyota Yaris, nampaknya kali ini New Honda Jazz 2020 memegang skor tertinggi dalam hal keleluasaan legroom bagi pengemudi. Hal ini menjadikan nilai tambah minat para calon pembeli yang menyukai kenyamanan dalam berkendara.

Dengan perhitungan sederhana, New Honda Jazz memiliki keunggulan lebih pada kelegaan ruang kaki bagi para pengemudi. Terdapat sekiranya sisa 15 jari sebagai jarak ruang kaki dan 5 headroom yang menopang kenyamanan dan kepraktisan mobil andalan Honda.

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 02

Tampilan interior Honda Jazz

Luasnya ruang kaki pada setiap mobil berarti terdapat unsur kepraktisan dimana sang pengemudi dapat merasakan performa yang mulus dan nyaman. Tampaknya Honda Jazz selain menaikan tingkat kepraktisan akomodasi, namun juga berdampak pada segi kenyamanan pengemudi.

2. Dimensi Ruang Bagasi dan Penyimpanan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kedua vendor yang bersaing ini merupakan Compact Hatchback yang sangat sering dikendarai oleh keluarga di Indonesia. Design yang mungil dan minimalis membuat tipe ini menjadi favorit untuk digunakan sehari-hari.

Penyimpanan barang maupun kapasitas penumpang menjadi hal yang sangat diutamakan oleh para calon pembeli mobil. Hal ini membuat vendor Toyota Yaris dan Honda Jazz New bersaing dalam aspek yang sama namun berbeda segi kapasitas. Tentu saja hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa salah satu diantara keduanya jauh lebih unggul dalam fitur kepraktisan.

  • Toyota Yaris

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 03

Ruang bagasi Toyota Yaris

Jika membicarakan tentang keunggulan, tentunya Toyota Yaris baru dengan pede menawarkan fitur kepraktisan dalam sektor akomodasi barang. Terbukti dari ruang bagasi Toyota Yaris baru memiliki kapasitas yang luas yang mampu menampung beberapa koper yang berukuran besar. 

Namun, bukan berarti Toyota Yaris baru mempunyai kekurangan dalam segi dimensi kapasitas penumpang. Dengan body yang kecil dan minimalis, nyatanya mobil Yaris Toyota dapat menampung sekiranya 4-5 orang penumpang. Ditambah dengan kapasitas barang bawaan yang bermuatan lebih besar membuat Anda akan mempertimbangkan lagi keunggulan mobil andalan Toyota ini.

  • Honda Jazz

Tak sepertinya lawannya, Toyota Yaris, kali ini pentolan mungil milik Honda tidak ingin menyia-nyiakan kepraktisan dalam dimensi keluasan ruang penyimpanan atau penumpang. Sebaliknya, New Honda Jazz 2020 menitikberatkan pada akomodasi ruang penyimpanan yang mana sangat penting bagi kenyamanan dan kepraktisan berkendara.

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 04

Kelegaan kabin dan bagasi Honda Jazz

Pada mobil Honda Jazz New setidaknya ada empat versi akomodasi penumpang yang ditawarkan guna menciptakan kesan praktis dan dinamis, yakni: Utility Mode, Long Mode, Tall Mode, dan Refresh Mode. 

Keempatnya merupakan pilihan praktis untuk menyesuaikan akomodasi penyimpanan. Hal tersebut dapat dilihat pada gambar di atas yang menunjukan bahwa dengan sedikit mengubah tatanan kursi penumpang, maka terciptalah sebuah kepraktisan yang sangat bermanfaat dalam pengalaman berkendara.

3. Cup Holder

Pernahkah Anda merasa saat-saat dimana akomodasi penyimpanan kecil dan sederhana dalam mobil ternyata sangat membantu dan berguna disaat berkendara? Jika Anda menjawab ‘Ya’ , berarti Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan detail kecil suatu fitur/fasilitas yang ada pada kendaraan beroda empat.

Penyimpanan kecil tersebut adalah Cup Holder. Jangan salah, walaupun dicap tidak mempengaruhi nilai tambah keunggulan suatu fitur mobil tetapi tempat penyimpanan kecil tersebut sangat amat membantu kinerja pengemudi dalam berkendara lebih terfokus dan nyaman.

  • Toyota Yaris

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 05

Cup Holder praktis dari Toyota Yaris

Dengan posisi yang strategis, yakni tepat dibawah AC Blower dan di samping pintu mobil nampaknya membuat Cup Holder ini menjadi ikon unik Toyota Yaris baru. Pasalnya, Cup Holder tersebut menggunakan sistem tarik-dorong dalam performanya.

Jika dilihat lebih seksama, bagian Cup Holder mobil Yaris Toyota baru sangat minimalis dan dinamis. Pengemudi maupun penumpang bangku depan akan sangat terbantu dengan adanya ruang penyimpanan minuman tersebut.

  • Honda Jazz

Tidak ingin kalah oleh lawannya, New Honda Jazz juga tak ingin ketinggalan dalam menyematkan fitur kecil nan sederhana layaknya Cup Holder ke dalam fasilitas si roda empat ini.

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Mana yang Lebih Unggul dalam Hal Kepraktisan? 06

Cup Holder Honda Jazz

Kali ini, New Honda Jazz 2020 hanya menyediakan jenis Cup Holder yang sederhana dan umum layaknya tempat penyimpan minuman biasanya. Bertempatkan dekat dengan AC Blower juga suatu andalan berbagai macam vendor kendaraan roda empat. 

Sangat disayangkan apabila Honda Jazz New tidak memiliki ide unik lainnya untuk design penyimpanan minuman. Hal ini menjadi bahan perbincangan kaum otomotif yang menyukai setiap detail fitur yang terpasang dalam suatu mobil.

Walau begitu, All New Jazz 2020 tetap mempertahankan model lawas yang sudah banyak orang ketahui. Ada juga beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kepraktisan dalam berkendara tidak melulu selalu berhubungan dengan fitur yang canggih.

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan tentang perbandingan kedua vendor ternama, yakni Toyota Yaris baru dan Honda Jazz New menjadikan hati Anda bimbang untuk memilih salah satu diantara keduanya, bukan? 

Pada akhirnya, selera orang dalam memilih mobil idaman selalu berbeda-beda. Hanya saja, tujuan dari tulisan tentang perbandingan mobil Yaris baru dengan New Honda Jazz 2020 dalam aspek kepraktisan adalah tak lain sebagai bahan referensi dan rujukan dalam memilih kendaraan roda empat di Indonesia sebagai kendaraan pribadi. 

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil