window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana?

Adit · 1 Mar, 2022 20:01

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 01

Langkah transmisi matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
  • Transmisi matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tanpa posisi L.
  • Matic Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ternyata juga tak dilengkapi pilihan low gear.

Buat yang belum tahu, transmisi matic mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya rupanya tanpa dilengkapi posisi L. Model ini juga diterapkan di Toyota Calya juga Daihatsu Sigra. 

Tengok saja langkah transmisinya dimulai dari 2 bukan L atau Low seperti yang ada di Toyota Avanza sebelum generasi ketiganya lahir. Maka dari itu, ketika menanjak tak ada cara lagi selain hanya mengandalkan posisi terendah di 2. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 02

Transmisi matic Daihatsu Sigra dan Toyota Calya juga serupa, tanpa L

Baca Juga: Dibandingkan Toyota Agya Lama, Agya Baru Lebih Berkesan?

Kemudian bagaimana keadaannya apabila menemukan tanjakan curam, yang sepatutnya hanya bisa dilibas transmisi matic konvensional di posisi L? Kalau diposisikan di 2, dari L secara otomatis bisa pindah ke 2 ketika putaran mesin tinggi, yang bisa mengakibatkan mobil kehilangan momentum menanjak

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun sebelum menjawab ini, teknisi ahli yang juga pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Hermas Prabowo mengatakan, langkah transmisi yang ringkas tak terlepas dari kegunaan mobil, yang fokusnya di perkotaan. 

"Memang enggak dikasi (gigi L) karena dari desain awalnya, LCGC identik dengan mobil perkotaan. Sedangkan di perkotaan tidak banyak tanjakan atau turunan terjal yang butuh low gear atau L," terangnya. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 01

Transmisi matic Toyota Avanza lengkap dengan low gear (L)

Jadi berbeda dengan matik AT Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia yang punya L, karena peruntukkannya bukan cuma di perkotaan. Banyak pengguna yang mengandalkannya juga di pedalaman, yang tentunya memiliki ragam kontur jalan, bukan cuma tanjakan curam. 

"Bedanya dengan Avanza atau Xenia (yang lama) memang bisa untuk dibawa keluar kota karena mobil ini didesain sebagai mobil multiguna atau MPV," pungkasnya. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 02

Transmisi matic di Toyota Agya tanpa low gear, oleh karena itu tidak ideal untuk menanjak yang curam

Baca Juga: Toyota Agya Kalah Irit Bensin Dibandingkan Honda Brio

Bisa Tetap Nanjak, Tapi Bukan yang Terlalu Curam

Sederhananya ujar Hermas, mobil LCGC kurang begitu cocok diajak keluar kota apalagai sampai melewati jalur perbukitan hingga pegunungan, khawatir karena keterbatasan ini tidak kuat menanjak. 

Terlebih misalnya mobil diisi penuh penumpang dan barang. Saat menanjak, traksi roda penggerak depan akan berkurang. Yang terjadi selanjutnya ban akan melintir atau berputar di tempat. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 03

Toyota Agya 2022, kini hadir dengan opsi GR Sport

Menambahkan penjelasan Hermas, Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi menyatakan, transmisi matic Agya dan saudaranya tanpa posisi L sengaja agar lebih efisien ketika diproduksi.

"Secara konstruksi lebih efisien dibanding Avanza yang punya pilihan L. Makanya secara harga juga lebih murah. Tapi dengan hanya gigi rendah 2 yang dimiliki, sebenarnya sudah cukup untuk menanjak yang tidak terlalu terjal," ungkapnya.  

Baca Juga: Benarkah Biaya Servis Toyota Agya Lebih Mahal Dari Suzuki Wagon R?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil