window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler'

Yongki Sanjaya · 6 Agu, 2021 20:00

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 01

Beberapa tahun terakhir tren mobil era 90-an kembali naik daun, dimana mobil Jepang jadul semakin populer di kalangan anak muda dan paruh baya yang ingin nostalgia. Dari sekian banyak model, sosok Honda Civic Estilo paling banyak diburu karena desainnya yang membulat eksotis. Rupanya, ini pun membuat harga Civic Estilo jadi makin fantastis.

Honda Civic Estilo hadir pada 1992, sebagai varian hatchback. Untuk versi sedannya disebut sebagai Civic Genio yang juga punya style membulat. Namun demikian, nasib keduanya tak sama mujur karena Civic Estilo harganya terus naik karena banyaknya peminat.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Civic 2022 Sudah Rilis di Thailand, Harganya Mulai Rp415 Jutaan Ada Tipe RS Juga

Honda Civic 2022 Sudah Mulai Tampak di Thailand, Punya Spek Beda Dengan AS

Honda Civic 2022 Siap Meluncur di Thailand Tanggal 6 Agustus, Selangkah Lagi ke Indonesia Dong!

Harga Honda Civic Genio ini punya banderol Rp40-80 jutaan apabila kondisinya benar-benar mulus. Sedangkan untuk harga Civic Estilo berkisar Rp90-300 jutaan untuk kondisi amat baik.

Sebagai informasi, di medio 1992 hingga 1995, harga Honda Civic Estilo baru berada di kisaran Rp60 jutaan. Harga untuk Honda Civic Estilo memang dianggap tidak masuk akal hingga tahun ini. 

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 01

Tapi, bagi sebagian penghobi mobil Jepang, mobil ini dianggap sebagai salah satu mobil yang bisa dijadikan objek investasi. Ini karena bila dibanding kakaknya yakni Genio, populasi Civic Estilo terbilang lebih langka. 

Hatchback ini menurut kami pun begitu eksotis, karena mesin yang tenaganya oke, desain slim, hingga bobot yang ringan. Tidak heran kalau Civic Estilo sering dipakai untuk balapan karena kelebihannya itu. Lantas, apa menariknya sosok Civic Estilo ini? Mari kita kupas sang fenomenal tersebut! 

Desain Eksterior Honda Civic Estilo yang Langsing Membulat

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 02

Melihat sosok Civic Estilo ini memang tidak pernah membosankan, karena desainnya yang ramping dengan sudut membulat. Makin keren lagi, karena Civic Estilo ini tidak cuma hatchback biasa tapi memakai 2 pintu seperti Civic Nouva yang memperkuat kesan sporty. 

Bandingkan dengan Toyota Starlet kapsul yang berwujud hatchback empat pintu, maka kurang terkesan sporty. Istilahnya, Civic Estilo wujud mobil ini mengesankan seperti hot-hatch. 

Desain belakangnya memiliki keunikan tersendiri yang membuat Civic Estilo terlihat modern dan tidak ketinggalan zaman. Terdapat sebuah Spoiler berukuran minimalis yang menunjang aura sporty. 

Interior Honda Civic Estilo, Simple dan Elegan

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 03

Sebagai sebuah motuba, interior Civic Estilo ini masih tetap menarik dan tidak terkesan kuno. Lekuk dashboard cukup modern meskipun aksen panel plastik begitu terlihat, khas mobil 90-an. 

Kokpitnya juga masih tetap menarik salam kesederhanaan, misalnya setir Honda Civic Estilo dengan model tiga palang. Selanjutnya panel informasi di balik kemudi setir yang tampil dengan warna putih, yang menunjukkan konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan dan odometer. 

Kursinya pun berbentuk ergonomis dengan bahan yang cukup empuk berbalut kain berkualitas. Lekukan yang dirancang khusus pada kursinya membuat perasaan nyaman muncul dari sisi ini.

Spesifikasi Honda Civic Estilo, Punya DNA Balap Tersembunyi

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 04

Salah satu kelebihan Honda Civic Estilo 1992 yang paling dicari adalah bobotnya berada di angka 970 kg. Mesin berkode D16B2 yang diusungnya belum didukung teknologi VTEC, namun sudah mampu menghasilkan daya sebesar 120 hp pada 6.300 Rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada putaran 5.500 Rpm. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI. 

Handling Civic Estilo juga cukup oke karena dipadukan dengan suspensi Double Wishbone serta rem Double Discs sehingga dapat memberi performa Handling yang mumpuni. 

Kelemahannya hanyalah remnya yang belum didukung ventilated discs seperti mobil-mobil modern. Namun demikian, kemampuan Estilo dalam melakukan pengereman sudah cukup baik. 

Civic Estilo juga dibekali fitur-fitur yang oke seperti sabuk pengaman yang didukung dengan Pretensioner dan Force Limiter, Power Window, Cental Lock, teknologi Power Steering pada kemudinya serta Electric Mirror. Untuk sebuah motuba era 90-an, fitur-fitur yang disebutkan di atas sudah terbilang sangat istimewa dizamannya.

Kesimpulan

Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler' 05

Civic Estilo bisa kami sebut bukan sembarang mobil hatchback karena desainnya yang modis. Mobil ini didukung mesin yang tenaganya yang lumayan besar, handling oke, dan desainnya dianggap punya tingkat aerodinamika yang sangat baik sehingga sering dimanfaatkan untuk ajang balap mobil.

Berdasarkan penuturan rekan kami salah seorang pengguna Civic Estilo, awalnya mobil ini harga pasarannya masih manusiawi. Mobil ini harganya belum tembus Rp100 juta, dan normalnya di kisaran Rp60-80 juta. 

Namun karena semakin sedikit unit yang kondisinya 'perawan', maka harganya makin naik di tangan kolektor. Untuk Civic Estilo di bawah Rp100 jutaan pun kondisinya bisa disebut 'setengah bahan'. Itulah mengapa, kami menyebut harga pasaran Civic Estilo 'bikin teler'. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil